Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
5 Camilan Sehat yang Baik dan Aman untuk Penderita Asam Lambung
 
5 Camilan Sehat yang Baik dan Aman untuk Penderita Asam Lambung

5 Camilan Sehat yang Baik dan Aman untuk Penderita Asam Lambung

Beberapa makanan memang bisa menjadi salah satu pantangan untuk penderita asam lambung. Oleh karena itu, pemilihan makanan menjadi penting bagi mereka. Lalu apa saja camilan yang baik untuk asam lambung?

Orang yang mengalami asam lambung kambuh ini dapat merasakan ketidaknyamanan dan akan sangat mengganggu untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, pada beberapa kasus penderita ini tidak mampu untuk beraktivitas seperti biasanya.

Apa itu Gangguan Asam Lambung Naik?

Asam lambung naik atau GERD adalah sebuah kondisi di mana cairan asam lambung naik menuju saluran kerongkongan. Penyebab utamanya adalah kurang optimalnya kinerja dari katup esofagus, sebuah otot cincin yang membatasi antara lambung dengan kerongkongan.

Saat mengalami keadaan tersebut, orang akan merasakan perasaan panas di bagian perut hingga dada, perut mual, kembung, nyeri perut, dan perasaan ingin muntah. Hal inilah yang membuat tidak nyaman bagi penderita asam lambung.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat mendorong munculnya gangguan asam lambung naik ini. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang dapat memicu refluks asam.

penyebab gangguan pada sistem pencernaan
Penderita asam lambung (sumber: canva)

Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung ini, yaitu:

  1. Makanan berlemak dan berminyak tinggi seperti jeroan, daging, gorengan, dll.
  2. Buah jeruk, nanas, dan tomat karena bersifat asam.
  3. Berbagai makanan yang memiliki rasa pedas, seperti sambal, seblak, dll.
  4. Minuman berkafein tinggi seperti kopi dan teh.
  5. Soda dan minuman beralkohol tinggi lainnya.

Oleh karena itu, camilan yang baik untuk asam lambung ini harus bukan yang termasuk dalam kelompok-kelompok di atas. Lalu apa saja camilan sehat yang baik untuk penderita GERD?

Camilan yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Melihat penjelasan di atas, pemilihan makanan untuk penderita asam lambung ini harus hati-hati. Berikut ini adalah camilan penderita asam lambung yang baik untuk konsumsi sehari-hari:

  • Buah-buahan

Terdapat banyak sekali jenis buah yang bisa kita manfaatkan sebagai camilan sehari-hari. Selain sehat dan kaya nutrisi, buah juga segar dan aman untuk konsumsi setiap hari. Oleh karena itu, camilan bagi penderita asam lambung yang aman adalah buah-buahan.

Namun, jangan memilih buah jeruk, lemon, nanas, dan tomat. Sebaiknya menggunakan buah seperti pisang, semangka, apel, pir, alpukat, dan jenis-jenis beri.


Camilan sehat untuk asam lambung (sumber: canva)

  • Salad

Camilan yang baik untuk asam lambung selanjutnya adalah salad dengan berbagai macam sayur. Kombinasi berbagai sayuran seperti wortel, selada, timun, jagung manis, kelor, dan bayam dapat menjadi camilan yang sehat untuk penderita asam lambung.

Bisa juga kita tambah dengan telur yang sudah direbus matang. Sebaiknya hindari sayuran yang menghasilkan gas ketika masuk ke perut, seperti kubis, kembang kol, dan daun bawang supaya tidak memicu refluks asam.

  • Legum

Berbagai macam kacang-kacangan juga bisa menjadi camilan penderita asam lambung. Mulai dari kacang almond, kacang edamame, dan kacang rebus bisa menjadi camilan untuk menemani waktu santai.

Sebab, legum atau kacang-kacangan ini mempunyai kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

  • Yogurt

Makanan dengan probiotik yang tinggi juga cocok untuk penderita asam lambung. Sebab, jenis makanan ini memiliki kandungan bakteri Lactobacillus yang berguna untuk mengatur kadar asam lambung dan mengurangi peradangan lambung.

Oleh karena itu, penderita asam lambung bisa mengonsumsi yogurt.

  • Oatmeal

Camilan yang baik untuk asam lambung terakhir adalah oatmeal. Jenis camilan ini merupakan makanan yang bersifat nonacidic juga kaya akan serat sehingga mampu mencegah munculnya nyeri dan panas dalam lambung.

Selain serat, oatmeal juga menjadi sumber dari vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.


Oatmeal (sumber: canva)

Teman Camilan Sehat

Itulah beberapa jenis makanan yang cocok untuk menjadi camilan penderita GERD. Mulai dari buah-buahan, salad sayur, oatmeal, kacang-kacangan, hingga yogurt. Beberapa makanan tersebut tidak akan memicu asam lambung untuk kambuh.

Nutriflakes merupakan sereal sehat yang sangat ramah bagi penderita asam lambung dan maag. Sebab, Nutriflakes menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan, sehingga cocok untuk kita konsumsi setiap hari.

Demikian uraian mengenai camilan yang baik untuk penderita asam lambung, semoga dapat memberi informasi yang bermanfaat.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!