Penting bagi penderita asam lambung untuk mengendalikan kondisinya agar gejalanya tidak kambuh. Oleh karena itu, pemilihan buah yang tepat menjadi faktor penting dalam pencegahan asam lambung naik.

Buah-buahan tertentu dihindari oleh penderita asam lambung karena kandungan asam tinggi yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung dan memperburuk gejala. Asam lambung merupakan cairan dalam lambung yang berperan dalam pencernaan makanan.

Pada penderita asam lambung, terjadi ketidakseimbangan produksi asam lambung, dan mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat merangsang peningkatan asam tersebut.

Tomat, misalnya, mengandung asam sitrat dan malat yang tinggi. Asam ini dapat meningkatkan tingkat keasaman lambung, sehingga konsumsi tomat dan produk olahannya, seperti jus tomat dan saus, dapat memperparah gejala asam lambung seperti heartburn dan iritasi pada kerongkongan.

Jeruk dan buah sitrus lainnya juga mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan risiko gejala asam lambung naik, meskipun vitamin C yang terkandung dalamnya bermanfaat bagi kesehatan.

Meski kaya nutrisi, beberapa buah dapat memicu peningkatan asam lambung dan memperburuk gejalanya. Inilah beberapa informasi terkait pantangan buah untuk penderita asam lambung yang perlu diperhatikan.

Buah-buahan tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung

1. Tomat

Tomat dan produk olahannya seperti jus tomat dan saus sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Kandungan asam yang tinggi pada tomat dapat memperparah gejala asam lambung dan iritasi pada kerongkongan.

2. Jeruk

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis termasuk dalam pantangan buah untuk penderita asam lambung. Meskipun kaya vitamin C yang bermanfaat, kandungan asam tinggi dapat meningkatkan risiko gejala asam lambung seperti heartburn dan mual.

Meski demikian, konsumsi buah sitrus masih bisa dilakukan dengan membatasi jumlahnya dan mengimbangi dengan minum air putih.

3. Nanas

Meski tidak semua penderita asam lambung bereaksi setelah mengonsumsi nanas, sebaiknya dihindari untuk mengurangi risiko peningkatan asam lambung. Kandungan asam yang tinggi pada nanas dapat memperparah gejala asam lambung.

4. Apel Hijau

Apel hijau dengan kandungan asam tinggi juga sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung, karena dapat merangsang produksi asam lambung berlebihan dan memperburuk gejala.

5. Cokelat

Cokelat termasuk dalam pantangan buah untuk penderita asam lambung. Kandungan kafein dan methylxanthine pada cokelat dapat memicu gejala GERD, seperti heartburn, dan melemahkan otot-otot di kerongkongan.

6. Cabai

Zat capsaicin pada cabai berpotensi mengiritasi dinding lambung, sehingga sebaiknya dihindari untuk mencegah peningkatan asam lambung.

Meskipun buah-buahan di atas sebaiknya dibatasi, masih ada pilihan buah yang lebih aman untuk penderita asam lambung. Buah-buahan seperti semangka, pepaya, pisang, alpukat, dan melon dapat menjadi alternatif yang lebih bersahabat.

Selain itu, memasukkan makanan pencegah asam lambung ke dalam menu harian, seperti oatmeal, teh chamomile, jahe, sayuran hijau, dan kacang-kacangan, dapat membantu mengontrol gejala.

Penderita asam lambung juga disarankan untuk memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi, dengan memilih makanan dalam porsi kecil namun sering.

Mengunyah makanan dengan perlahan dan makanan pencegah asam lambung juga dapat membantu mencegah produksi asam lambung berlebih.

Meskipun buah-buahan ini memberikan nutrisi penting, penderita asam lambung perlu memahami dampaknya pada kondisi kesehatan mereka.

Seiring dengan menghindari buah-buahan tertentu, penting bagi penderita asam lambung untuk mengonsumsi buah-buahan yang lebih bersahabat, seperti semangka, pepaya, pisang, alpukat, dan melon.

Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi dapat membantu menyusun rencana makan yang sesuai dan mengelola gejala asam lambung dengan lebih efektif.

Baca juga: Deretan Buah yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles