Home » Artikel Nutriflakes » Bolehkah Penderita Asam Lambung Kerja Berat? Yuk Temukan Jawabannya

Gangguan asam lambung naik membuat para penderitanya merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika asam lambung kambuh dan merasakan sakit, bolehkah penderita asam lambung kerja berat?

Asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana cairan asam pada organ lambung naik ke saluran kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan rasa panas pada area perut dan naik ke sekitar dada.


Orang yang melakukan banyak kerja sekaligus (sumber: canva)

Gejala ketika asam lambung naik ini beragam bentuknya, setiap orang bisa merasakan gejala yang berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa gejala yang umum terjadi sebagai berikut:

  1. Nyeri dan rasa panas atau terbakar pada perut bagian atas (ulu hati).
  2. Perasaan tidak nyaman dalam lambung.
  3. Rasa mudah kenyang dan penuh padahal hanya mengonsumsi sedikit makanan.
  4. Mual dan muntah
  5. Mudah merasa kembung dan perut terasa begah.

Tentu saja keadaan-keadaan di atas memang membuat orang yang mengalami penyakit menjadi tidak nyaman. Aktivitas atau pekerjaan yang sedang dikerjakan pun bisa menjadi terganggu.

Bolehkah Penderita Asam Lambung Kerja Berat?

Terdapat beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita asam lambung, di antaranya sebagai berikut:

  1. Hindari konsumsi makanan yang berlebihan.
  2. Jangan makan teralu cepat.
  3. Setelah makan jangan cepat-cepat ke posisi berbaring.
  4. Hindari memakai pakaian yang ketat.
  5. Jangan memaksa untuk mengonsumsi makanan yang masuk dalam pantangan asam lambung. Sebab, bisa memicu penyakit asam lambung menjadi kambuh.

Lalu menjawab pertanyaan tentang bolehkah penderita asam lambung bekerja berat adalah sebaiknya hindari pekerjan-pekerjaan berat. Hal ini dikarenakan hal-hal yang melelahkan bisa justru memicu gangguan asam lambung naik untuk kambuh.

Kerja berat setiap hari bisa menjadikan seseorang kelelahan, rasa lelah ini bisa menyebabkan penyakit asam lambung naik. Begitu pula dengan stress secara psikologi atau fisik yang disebabkan kerja berat.

Oleh karena itu, bagi penderita asam lambung disarankan untuk beristirahat dan menghindari pekerjaan-pekerjaan yang dirasa berat. Sebab, ketika orang mengalami asam lambung naik pun seseorang akan merasakan lelah.

Orang yang merasa lelah rasanya sudah tidak memiliki tenaga lagi untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung yang ingin mengerjakan pekerjaan berat sebaiknya mengatasi gangguan asam lambungnya terlebih dahulu.


Kerja berat di lapangan (sumber: canva)

Bagaimana meredakan asam lambung? Berikut uraiannya:

1. Mengubah gaya hidup

Cara yang dianggap mudah dan alami dalam mengatasi asam lambung adalah dengan mengubah gaya hidup. Maksudnya adalah menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat dari sebelumnya. Gaya hidup sehat ini tersmasuk pola makan secara teratur dan kebiasaan yang baik di dalamnya.

2. Meminum obat asam lambung

Sebagian besar orang memang memilih mengatasi penyakit asam lambung dengan meminum obat yang banyak dijual di pasaran atau apotek. Selain dapat menyembuhkan secara cepat, cara ini juga dianggap ampuh. Walaupun, kekurangannya adalah obat dapat menyebabkan ketergantungan.

3. Operasi asam lambung

Jika penyakit asam lambung naik yang dirasakan lebih parah, sebaiknya mengambil langkah operasi. Secara medis, cara ini memang dapat dikatakan menangani masalah dari sumbernya langsung walau membutuhkan biaya yang besar.

4. Mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes

Terdapat satu cara lain dalam mengatasi asam lambung naik. Cara yang tidak memerlukan perintah dokter ataupun membutuhkan obat yang ternyata memiliki efek samping. Langkah yang dimaksud ini adalah dengan mengonsumsi sereal umbi garut, Nutriflakes.

Nutriflakes adalah minuman serbuk sehat yang memiliki efek terapi untuk mengatasi gangguan asam lambung naik. Walaupun berbentuk sereal, Nutriflakes merupakan sebuah produk yang didesain secara khusus untuk mengatasi permasalahan pencernaan, khususnya asam lambung.

Dengan mengonsumsi Nutriflakes sebenarnya Anda sudah menaruh kepedulian dalam menjaga kesehatan lambung sebelum semakin parah tanpa perlu operasi.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung naik!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles