Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 2 Jenis Senam yang Efektif dan Menyenangkan untuk Membakar Lemak

Olahraga memang sebuah aktivitas yang sangat efektif untuk membakar atau mengurangi tumpukan lemak di tubuh. Salah satunya adalah senam, terdapat beberapa jenis senam membakar lemak yang bisa kita manfaatkan.

Sebenarnya apa itu lemak?

Lemak adalah senyawa yang tidak dapat larut di dalam air tetapi bisa larut dengan zat-zat pelarut seperti kloroform, eter, dan benzene. Selain itu, lemak juga masuk dalam nutrisi makro, sehingga setiap hari tubuh akan membutuhkannya.

Oleh karena itu, terdapat banyak manfaat atau fungsi lemak bagi tubuh yang sangat penting, antara lain:

  • Menjaga agar tubuh tetap hangat saat suhu dingin.
  • Sumber energi tubuh selain karbohidrat.
  • Sebagai bantalan untuk melindungi organ-organ vital dalam tubuh.
  • Menyusun asam kholat dan juga empedu.
  • Membuat rasa kenyang lebih lama.
  • Melarutkan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin, K, dan vitamin D agar dapat diserap ke dalam tubuh.

Walaupun seperti itu, banyak orang justru takut dengan kandungan lemak yang ada pada makanan. Sebab, lemak dianggap dapat menyebabkan berbagai penyakit dan mengganggu penampilan.

Oleh karena itu, banyak orang berusaha keras untuk membakar lemak dan mengurangi berat badan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan berolahraga, senam lebih tepatnya.


Senam aerobik (sumber: canva)

 

2 Jenis Senam untuk Membakar Lemak

Menurut dr. Saddam Ismail terdapat dua jenis senam yang cocok dilakukan untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Hal ini juga bisa menjadi jalan keluar dalam mengatasi perut buncit.

Berikut ini adalah dua jenis senam yang dimaskud:

  • Senam Aerobik

Berdasarkan KBBI, senam aerobik adalah senam yang bertujuan untuk meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Pada umumnya, senam aerobik ini menggunakan atau mengikuti irama musik agar lebih semangat.

Selain itu, tujuan menggunakan musik adalah agar terdapat ketentuan ritmis dan kontinuitas dalam durasi tertentu. Sehingga pada akhirnya akan ada keselarasan antara gerak dengan musik.

Sesuai dengan namanya, jenis senam ini terdiri dari banyak sekali gerakan. Sehingga jantung akan memasok oksigen yang banyak dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Terdapat beberapa jenis senam aerobik, seperti: high impact aerobik, low impact impact aerobik, aerobik dance, aerobik dengan alat. Senam aerobik sendiri sangat populer di kalangan ibu-ibu.

Jenis senam ini bisa membakar banyak lemak karena mempunyai banyak gerakan. Semakin banyak gerak, semakin banyak pula lemak yang dibakar.

  • Zumba

Senam zumba ini salah satu jenis senam yang populer di kalangan anak muda. Sedikit berbeda dengan aerobik, senam zumba ini memadukan kombinasi antara gerakan aerobik dengan tarian salsa.

Namun, masih dengan iringan musik yang menyenangkan. Gerakan pada zumba ini tidaklah terbatas karena fokus utamanya adalah menggerakkan seluruh badan dengan mengikuti irama musik.


Kelompok senam zumba (sumber: canva)

Selain menyenangkan, zumba ternyata cocok untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak berlebih di dalam tubuh.

Terdapat beberapa manfaat lainnya ketika melakukan senam zumba ini. Salah satunya adalah mengurangi stress, sarana untuk sosialisasi, mengontrol berat badan, mengendalikan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

 

Kesimpulan

Itulah dua senam yang bisa kita manfaatkan untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan, kedua senam ini sangat menyenangkan karena diiringi oleh musik.

Kedua senam ini juga biasanya diikuti oleh banyak orang, sehingga kita tidak akan merasa sendiri ketika melakukan senam. Alhasil, saat menjalankan senam ini kita akan lebih santai dan rileks.

Proses menurunkan berat badan pun menjadi tidak terasa berat dan lebih menyenangkan. Demikian ulasan mengenai rekomendasi olahraga atau senam untuk mengurangi lemak dan berat badang, semoga dapat bermanfaat.

 

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles