Home » Blog Nutriflakes Sereal Umbi Garut » 3 Macam Buah yang Mengandung Lemak dan Baik untuk Kesehatan

Tidak seperti kandungan serat, buah yang mengandung lemak ini jumlahnya hanya sedikit. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan lemak ini tidak bisa jika kita hanya bergantung pada buah-buahan.

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun pada kenyataannya banyak orang yang justru takut dengan kandungan lemak ini.

Sebab, ketika tubuh memiliki lemak, penampilan sehari-hari dan kesehatan bisa terganggu karena adanya lemak ini. Oleh karena itu, sebagian orang sangat menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak.

Faktanya, orang yang kelebihan lemak memang bisa memiliki beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas, serangan jantung, hingga stroke. Artinya, konsumsi lemak memang harus hati-hati dan dengan jumlah yang cukup.

Setiap orang dewasa membutuhkan lemak sebanyak 67 gram setiap harinya. Angka tersebut tidak boleh lebih maupun kurang karena dua-duanya bisa menyebabkan konsekuensi yang tidak baik untuk kesehatan.

Salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan lemak adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak baik. Bahan-bahan pangan ini pun bisa berasal dari kelompok makanan hewani maupun nabati.

Masing-masing memiliki keunggulan atau kekurangan. Artinya, kita harus teliti terhadap makanan-makanan yang masuk ke dalam perut.

Kelompok makanan yang digadang-gadang memiliki kandungan lemak baik untuk kesehatan adalah lemak nabati.


Salah satu buah berlemak (sumber: canva)

3 Buah yang Mengandung Lemak

Salah satu jenis makanan yang masuk dalam kelompok sumber lemak nabati adalah buah-buahan. Terdapat beberapa buah yang memiliki kandungan lemak dan baik untuk memenuhi kebutuhan.

Walaupun jumlahnya kurang dari lima, berikut ini adalah daftar buah yang mengandung lemak:

  1. Buah Kelapa

Kelapa memang mengandung lemak jenuh yang paling banyak di antara tumbuhan lainnya. Alhasil, tumbuhan ini sangat banyak diolah menjadi minyak kelapa.

Namun, tidak perlu khawatir, jenis lemak dalam kelapa ini sedikit berbeda dengan jenis-jenis lemak pada umumnya. Lemak di dalam kelapa ini masuk ke dalam asam lemak rantai menengah.

Asam lemak tersebut langsung berjalan menuju ke hati, yang kemudian diubah menjadi badan keton. Studi juga mengatakan bahwa jenis lemak ini dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi kalori.

Bahkan, sebagian besar orang yang mengonsumsi kelapa tidak memiliki penyakit jantung. Selain itu, lemak di dalam kelapa ini dianggap baik dan cocok bagi penderita Alzheimer.

  1. Buah Zaitun

Minyak zaitun yang seringkali kita dengar sebenarnya berasal dari buah zaitun ini. Selain lemak, zaitun juga memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh.


Buah zaitun (sumber: canva)

Melansir dari US National Library of Medicine, buah zaitun ini sangat baik untuk jantung dan bisa menurunkan risiko gangguan osteoporosis dan kanker.

Kandungan di dalam buah zaitun ini bermacam-macam. Mulai dari air, protein, karbohidrat, serat, dan lemak. Setiap 100 gram buah zaitun bisa menyumbang lemak sebesar 11 gram, di mana 9 gramnya merupakan lemak tak jenuh.

  1. Buah Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak terakhir. Buah ini menyumbangkan hampir 80% kalori lewat kandungan lemaknya yang baik. Artinya, lemak di dalam buah alpukat ini sangat baik untuk kesehatan.

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi alpukat justru cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

Kesimpulan

Walaupun jumlahnya hanya sedikit, kandungan yang ada pada buah-buah di atas ini baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, juga tidak megancam kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi dalam upaya memenuhi kebutuhan lemak.

Baca Juga: 6 Akibat Kekurangan Lemak, Fatal untuk Kesehatan

Melalui penjelasan di atas, juga didapatkan bahwa kandungan lemak tidak selamanya jahat dan harus selalu dihindari. Ternyata terdapat beberapa jenis lemak yang baik dan tubuh sangat membutuhkannya.

Demikian ulasan mengenai buah-buahan yang mengandung lemak. Semoga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kita semua.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles