Buah Naga merupakan buah tropis yang sudah teruji bermanfaat untuk kesehatan. Yang unik adalah keseluruhan mulai dari batang, kulit buah naga, hingga buah naga itu sendiri memiliki zat yang berkhasiat.

Buah naga terbagi menjadi 2 jenis yaitu buah naga putih dan buah naga merah. Pada umunya buah naga merah lebih banyak disukai secara umum karena rasanya lebih manis dari buah naga putih.

Meski demikian keduanya memiliki nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Buah naga memiliki biji kecil-kecil berbintik warna hitam namun aman dikonsumsi.

Karakter buah naga bertekstur lembut, dan memiliki kandungan air yang tinggi sehingga buah ini cocok dijadikan jus, smoothies bahkan campuran sup buah.

Buah naga juga memiliki senyawa karotenoid, polifenol, dan betasianin yang mampu untuk diserap oleh tubuh dan memenuhi serat yang dibutuhkan.

Manfaat Buah Naga Yang Wajib Anda Ketahui

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah naga mengandung karotenoid dan vitamin C yang memiliki sifat memperkuat sistem imun tubuh, melawan radikal bebas sekaligus mampu untuk mencegah infeksi.

2. Mengontrol Gula dalam Darah

Buah naga memiliki kandungan yang mampu mengontrol glukosa masuk ke dalam tubuh. Sehingga buah naga bisa menjadi efek anti diabetes karena antikoksidan dan serat makanan.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bagi penderita sakit maag dianjurkan mengonsumsi buah naga karena buah naga kaya akan oligosakarida, zat tersebut membantu pertumbuhan bakteri baik dan menyehatkan organ pencernaan.

4. Mampu Untuk Meredakan Asam Lambung

Dilihat dari komposisi nutrisi buah naga menunjukan bahwa, buah tersebut mampu untuk meredakan asam lambung dan GERD karena dapat mengatasi gejala refluks asam dan menjaga kesehatan lambung. Simak cara konsumsi buah naga dengan benar khusus untuk penderita gerd klik disini.

5. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Mengonsumsi buah naga secara teratur mampu untuk mengoptimalkan fungsi otak, dalam hal ini berkonsentrasi dan tidak mudah lupa. Karena buah naga ampuh menurunkan resiko degenerasi saraf.

6. Menutrisi Kulit Kepala dan Rambut

Kulit kepala yang sehat akan mempengaruhi kesehatan rambut. Jika rambut sering diwarna kemudian rusak, bisa segera untuk mengonsumsi buah naga untuk meredakan gejala.

7. Menjaga Kelembapan Kulit

Antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi pada buah naga mampu untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung berkaitan dengan kolesterol. Mengonsumsi buah naga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik mengurangi kolesterol jahat, sehingga jantung bekerja dalam keadaan normal.

9. Mampu Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat dicegah karena adanya antioksidan dalam buah naga. Selain itu vitamin C dalam buah naga juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

10. Mencegah Kolesterol

Selanjutnya buah naga bermanfaat untuk menngurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan asam linoleat mampu untuk mengurangi lemak jahat.

11. Menjaga Berat Badan

Kaya akan serat sehingga pencernaan lancar, buah naga diklaim mampu untuk mengusir obesitas tentunya dibarengi dengan olahraga dan pola hidup sehat.

Manfaat buah naga begitu banyak sebanding dengan nutrisi senyawa serta vitamin yang terkandung di dalamnya. Padukan dengan pola hidup sehat agar semakin terasa khasiat dari buah ini.

Pantau terus update dari kami untuk info kesehatan menarik lainnya.

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles