Daun kelor dikenal sebagai tanaman ajaib yang dapat memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya dijadikan sebagai sayur, air rebusan daun kelor juga dapat diminum.

Apakah Anda sudah tahu aturan minum rebusan daun kelor?

Sebelum mengulas mengenai aturan minum rebusan daun kelor, mari kita ulas terlebih dahulu mengenai daun kelor dan sejumlah manfaatnya!

Daun kelor merupakan tanaman berwarna hijau hingga kecokelatan. Berbentuk kecil dan bundar seperti telur, daun kelor memiliki tepi daun yang rata.

Manfaat daun kelor berkat kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, seperti kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Selain itu, daun kelor juga mengandung tinggi vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Daun kelor juga merupakan tanaman yang terkenal mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Mari cari tahu terlebih dahulu manfaat dari daun kelor sebelum mengupas aturan minum rebusan daun kelor.

Manfaat Daun Kelor

1. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan di dalam daun kelor dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas, penyebab kerusakan sel.

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor membantu menurunkan kadar gula darah, yaitu dengan cara meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin untuk mencegah resistensi insulin.

3. Membantu Mengurangi Peradangan

Daun kelor mengandung isotiosianat yang merupakan senyawa antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan daun kelor berupa kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

5. Membantu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kaya kandungan antioksidan, daun kelor dinilai efektif menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Sejumlah manfaat dari daun kelor tersebut dapat kita rasakan apabila mengonsumsinya. Meskipun demikian, rebusan daun kelor juga tidak boleh dikonsumsi secara asal-asalan. Hal ini berkaitan dengan efek samping yang akan ditimbulkan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Seseorang yang konsumsi air rebusan daun kelor terlalu banyak dapat mengalami diare atau hipoglikemia.

Baca:

Memanfaatkan Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Aturan Minum Rebusan Daun Kelor

1. Batasi Dosis Harian

Anda harus memperhatikan berapa banyak bubuk atau daun kelor yang dikonsumsi dalam sehari saat hendak meminum rebusan daun kelor tersebut. Sebaiknya Anda membatasi dosis aman harian sebanyak 70 gram per hari.

Apabila direbus, Anda dapat minum air rebusan daun kelor sebanyak 1 hingga 2 gelas per hari. Untuk menambahkan rasa yang lebih segar, Anda dapat menambahkan madu atau lemon.

2. Konsultasikan ke Dokter

Sebelum konsumsi daun kelor, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter terlebih dahulu, terkait berapa kali air rebusan daun kelor dapat dikonsumsi dalam sehari.

Sementara itu, bagi wanita hamil, menyusui, dan memiliki penyakit tertentu tidak diperbolehkan konsumsi daun kelor secara asal-asalan.

Anda dapat membuat air rebusan daun kelor dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan 10 hingga 15 lembar daun kelor segar.
  • Cuci daun kelor hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Rebus daun kelor yang telah dicuci bersih dengan 2 gelas air selama 15 hingga 20 menit.
  • Saring air rebusan daun kelor, kemudian minum selagi hangat.

Kesimpulan

Daun kelor merupakan tanaman yang terkenal memiliki sejuta manfaat. Daun yang kecil, memiliki manfaat yang besar.

Meskipun demikian, aturan minum rebusan daun kelor juga perlu diperhatikan terkait batasan dosis, atau mengonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu sebelum minum rebusan air daun kelor.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles