Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Asam Lambung Menyebabkan Nyeri Sendi? Yuk Temukan Jawabannya
 
Asam Lambung Menyebabkan Nyeri Sendi? Yuk Temukan Jawabannya

Asam Lambung Menyebabkan Nyeri Sendi? Yuk Temukan Jawabannya

Asam lambung memang memiliki beberapa keluhan seperti sesak napas, dada panas dan kepala pusing, namun bagaimana dengan asam lambung?Secara medis asam lambung tidak ada kaitannya dengan nyeri sendi, tetapi tidak menutup kemungkinan pengidap asam lambung mengalami pusing mual dan nyeri pada bagian kepala.

Apa itu Nyeri Sendi?

Nyeri sendi merupakan gangguan pada area persendian akibat peradangan pada sendi. Area yang paling sering mengalami nyeri biasanya pada lutu, maupun pergelangan tangan. Aktivitas berat seperti olahraga yang mungkin menimbulkan cidera bisa juga menjadi nyeri pada persendian, bila sudah parah nyeri sendir dapat mengganggu aktivitas ringan sehari-hari. Nyeri sendi juga tka lepas dari beberapa penyakit persendian seperti asam urat, infeksi sendi, dislokasi sendi. Dalm penjelasan ini sangat beda jauh antara asam lambung dan nyeri sendi.

Apa itu Asam Lambung?

Asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana organ lambung banyak memproduksi asam karena makanan yang dikonsumsi. Produksi asam yang berlebih pun dapat melemahkan katup esofagus, sehingga cairan tersebut dapat naik ke saluran kerongkongan.

Titik-titik sendi pada manusia (sumber: canva)

Ketika asam lambung naik ini pun gejala yang dirasakan oleh para penderitanya membuat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Gejala-gajala timbulnya asam lambung naik ini beragam, antara lain:
  • Rasa panas seperti terbakar di area perut hingga bagian dada.
  • Ada perasaan ingin muntah, sebuah respon dari tubuh akibat mual pada perut.
  • Perut cepat merasa penuh padahal porsi makan hanya sedikit.
  • Sering bersendawa karena perut kembung atau begah.
Gejala di atas hanyalah hal yang umum terjadi pada gangguan asam lambung naik. Menurut sebuah penelitian, setiap orang bisa mengalami berbagai gejala asam lambung yang berbeda-beda. Artinya, gejala asam lambung yang dirasakan seseorang bisa berbeda dengan orang lainnya. Selain itu, asam lambung naik ternyata juga menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti esofagitis, barret esofagus, kanker esofagus, infeksi paru-paru, sesak napas, dan lain sebagainya.

Penderita Asam Lambung Sebaiknya Menghindari Beberapa Aktivitas

Meskipun asam lambung tdiak menyebabkan nyeri sendi, namun apabila Anda salah satu penderita asam lambung disertai dengan nyeri sendi sebaiknya hindari beberapa aktivitas berikut. Terdapat beberapa aktivitas sebaiknya dihindari penderita asam lambung, antara lain:
  1. Konsumsi makanan yang berlebihan.
  2. Makan dengan cepat.
  3. Berpindah ke posisi tidur atau berbaring langsung setelah makan.
  4. Memakai pakaian yang ketat. Hal ini bisa menekan organ lambung dan perut.
  5. Memaksa untuk mengonsumsi makanan yang masuk dalam pantangan asam lambung. Sebab, hal ini dapat memicu penyakit asam lambung menjadi kambuh.
Alangkah baiknya penderita nyeri sendi menghindari aktivitas yang berat dan istirahat terlebih dahulu. Selain mengistirahatkan tubuh, hal ini berfungsi agar asam lambung pelan-pelan bisa mereda. Demikian ulasan mengenai asam lambung menyebabkan nyeri sendi, semoga rasa penasaran Anda bisa terjawab dengan ulasan kali ini.Jaga kesehtan lambung dengan pola hidup sehat meliputi olahraga teratur, istirahat cukup, hingga memperhatikan asupan nutrisi, bila perlu mengonsumsi Nutriflakes.Nutriflakes all in one solusi hidup sehat dan jaga kesehatan pencernaan Anda. Klik logo WhatsApp di pojok kanan bawah hp Anda untuk konsultasi dan pemesanan.