Begadang memang sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas. Banyak yang percaya kalau begadang bisa menaikkan berat badan. Lantas, apakah benar begadang bisa menaikkan berat badan?

Untuk mendapatkan jawaban seputar apakah begadang bisa menaikkan berat badan atau tidak, yuk simak artikel ini hingga selesai!

Apa Hubungan Begadang dengan Berat Badan?

Tidak semua orang memiliki waktu istirahat yang  cukup, yaitu 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini bisa jadi karena pekerjaan, masalah pribadi, atau karena memiliki gangguan tidur (insomnia). Tapi siapa sangka kalau begadang berpengaruh terhadap berat badan.

Dilansir dari Sleep Foundation, banyak penelitian yang mengungkapkan kalau begadang menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap peningkatan berat badan dan obesitas.

Begadang memang memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan, terutama dalam menjaga berat badan karena antara berat badan dan begadang saling berkaitan.

1. Mengganggu Kebiasaan Makan

Seseorang yang begadang, cenderung mengalami ketidakseimbangan kebiasaan makan. Saat begadang karena ada perkejaan lembur, sering kali kita merasa lapar dan memiliki keinginan untuk ngemil. Agar cepat dan praktis, makanan yang dipilih juga bukan makanan sehat, melainkan makanan cepat saji. Hal ini tentunya akan meningkatkan berat badan.

2. Mengurangi Kualitas Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sering kali dianjurkan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Sementara itu, begadang bisa mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan durasi tidur menjadi lebih pendek. Kondisi ini akan memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, dan memicu kita untuk makan berlebihan.

3. Menurunkan Aktivitas Fisik

Begadang membuat waktu tidur kita berkurang, sehingga menjadi mudah lelah dan kurang bertenaga. Kondisi ini tentunya akan memengaruhi aktivitas fisik di kemudian hari, sehingga membuat kita malas berolahraga. Padahal, olahraga sendiri adalah salah satu cara penting untuk menurunkan berat badan.

4. Menurunkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh bekerja dengan cara mengubah makanan menjadi energi. Saat kurang tidur, kecepatan metabolisme tubuh akan menurun, sehingga kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga cenderung menurun.

Berdasarkan hubungan begadang dan berat badan tersebut, pertanyaan seputar apakah begadang bisa menaikkan berat badan, maka jawabannya ya.

Begadang bisa menaikkan berat badan karena begadang akan berpengaruh terhadap kebiasaan makan, kualitas tidur, aktivitas fisik, dan metabolisme tubuh yang tentunya juga berkaitan langsung dengan proses kenaikan berat badan.

Maka dari itu, agar tidak mengalami kenaikan berat badan, sangat dianjurkan bagi Anda untuk istirahat yang cukup selama 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Tips Agar Cepat Tidur

Untuk menghindari begadang agar tidak terjadi kenaikan berat badan, Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut ini sebelum tidur:

  • Tidak bermain gadget setelah jam 6 malam
  • Ciptakan lingkungan kamar yang bersih, rapi, wangi, dan nyaman
  • Atur pencahayaan kamar
  • Minum susu sebelum tidur
  • Membaca buku sebelum tidur
  • Lakukan releksasi dan meditasi
  • Hindari minuman berkafein dan beralkohol
  • Afirmasi positive dengan mengontrol pikiran

Begadang tidak hanya mempengaruhi tingkat kewaspadaan dan kinerja sehari-hari, tetapi juga dapat memiliki dampak jangka panjang pada berat badan.

Penting untuk memahami hubungan ini agar Anda dapat memininmalisir gangguan kesehatan di masa mendatang. Mulai saat ini cobalah untuk memulai kebiasaan tidur yang sehat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga:

Nutriflakes Cocok untuk Diet? Mitos atau Fakta?
pemesanan_nutri

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles