Selama ini, diet selalu dikaitkan dengan makanan dan kalori. Tapi tahukah kamu kalau jam tidur juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan? Kebutuhan tidur orang dewasa sendiri adalah 7-8 jam per malamnya. Tidur 7-8 jam per malam akan membuat kamu kehilangan lemak lebih banyak lho dibandingkan tidur kurang dari 7-8 jam. Lantas, bagaimana cara mengatur jam tidur untuk diet?

Cara Mengatur Jam Tidur untuk Diet

1. Tidak Main Gedget

Main gedget sebelum tidur akan membuat kamu susah tidur, lho! Kenapa bisa? Saat main gedget, gedget akan mengeluarkan pancaran cahaya terang. Cahaya terang ini akan menurunkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Kurangnya hormon melatonin bisa mengurangi rasa kantuk di malam hari, sehingga membuat kamu makin sulit tidur. Jadi, mengatur jam tidur untuk diet bisa dimulai dengan tidak main gedget.

2. Minum Susu Sebelum Tidur

minum_susu_sebelum_tidur

Apabila kamu tidak terbiasa minum susu sebelum tidur, kamu harus membiasakannya mulai dari sekarang. Kandungan kasein pada susu akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga intensitas pembakaran kalori saat tidur menjadi lebih tinggi. Selain itu, minum susu sebelum tidur juga bisa membangun dan mempertahankan otot, lho!

3. Membaca Buku

membaca_buku_saat_malam

Membaca buku bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi kamu. Dengan membaca buku, suhu tubuh seseorang akan lebih teratur dan aktivitas otak yang menyebabkan kesulitan tidur akan berkurang. Sehingga, kualitas tidur akan meningkat. Selain itu, membaca buku sebelum tidur akan membentuk kebiasaan tidur yang baik dan membuat kamu merasa lelah sebelum tidur. Rasa lelah sebelum tidur membuat kamu cenderung mengantuk dan mengurangi intensitas begadang.

4. Mengatur Cahaya Kamar

Tahukah kamu kalau tidur dalam keadaan gelap lebih baik dibandingkan tidur dalam keadaan lampu menyala terang? Tentu saja. Tidur dalam keadaan gelap bisa menjaga kualitas tidur karena sinyal pada tubuh akan menunjukkan kalau ini sudah waktunya tidur. Sama halnya dengan bermain gedget, cahaya terang dari lampu kamar bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga rasa kantuk menjadi berkurang dan membuat kamu makin susah tidur.

5. Meditasi

Cara mengatur jam tidur untuk diet adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi sebelum tidur bisa membantu mengurangi stres penyebab kamu susah tidur, membantu menenangkan pikiran, dan meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, melakukan meditasi akan membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga bisa memperbaiki kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan lancar sehingga pembakaran kalori di malam hari juga optimal.

6. Atur Bantal dan Posisi Tidur

Mengatur bantal dan posisi tidur seperti tidak menggunakan bantal terlalu tinggi adalah salah satu cara mengatur jam tidur untuk diet. Mengatur posisi bantal dan posisi tidur akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan nyaman untuk tidur sampai pagi. Sangat tidak lucu sekali bukan kalau tidur kamu terganggu karena tiba-tiba leher terasa nyeri akibat bantal terlalu tinggi atau salah posisi tidur?

7. Me Time

Agar tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, luangkan sedikit waktu untuk me time. Me time akan membuat kamu lebih tenang dan tidak stres. Semakin nyaman dan tenang di malam hari menjelang tidur, maka semakin kecil kemungkinan untuk makan atau ngemil. Sehingga, bisa membantu kamu untuk menghindari kenaikan berat badan.

Demikian ulasan mengenai cara mengatur jam tidur untuk diet agar program diet berjalan lancar. Dengan pemahaman mengenai kebutuhan tidur yang cukup, terutama saat menjalani diet, bisa membantu kamu untuk mewujudkan goals diet yang ingin dicapai.

Baca: Tips Efektif Menurunkan Berat Badan Secara Alami

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles