Anda mungkin telah mencoba diet, tetapi tidak berhasil karena adanya masalah pada pencernaan. Jika Anda sedikit terlambat makan, gejala asam lambung akan segera kambuh dan Anda akan merasakan sakit perut. Bahkan, Anda mungkin ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana caranya? Yuk cari tahu melalui ulasan berikut.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan diet, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa yang dimaksud dengan diet sebenarnya.

Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah upaya untuk makan makanan sesedikit mungkin agar bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Diet merupakan cara untuk menyesuaikan jumlah dan memilih makanan untuk mencapai tujuan

tertentu. Misalnya, Anda bisa menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol tubuh, dan mempercepat penyembuhan penyakit tertentu.

Tips Diet bagi Penderita Asam Lambung

Mencoba membatasi asupan makanan dengan berdiet bukanlah hal yang buruk sama sekali. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda memaksakan diri untuk makan dalam jumlah yang jauh lebih kecil dari biasanya.

Bagi penderita asam lambung tentu saja tidak kuat saat harus membatasi jumlah makanan yang mereka makan. Hal ini karena jika Anda makan terlambat, perut akan mengalami sakit mulas akibat asam lambung yang meningkat.

Faktanya, penderita asam lambung bisa melakukan diet seperti orang normal lainnya. Dengan diet dapat melakukan cara yang tepat untuk mencapai berat badan ideal meski punya sakit asam lambung, terutama bagi mereka yang kelebihan berat badan. Jika dilakukan dengan benar, diet dapat membantu meringankan gejala asam lambung.

Berikut adalah tips diet yang aman untuk penderita asam lambung:

1. Pilih makanan yang tepat

Anda perlu bijak memilih jenis makanan yang aman terhadap asam lambung tanpa menambah berat badan. Yang penting adalah memilih makanan yang rendah kalori dan rendah

lemak tapi tinggi protein. Contohnya ikan, ayam tanpa kulit, daging polosan tanpa tetelan, dan protein putih telur ayam.

Juga, perhatikan asupan karbohidrat harian Anda. Terlalu banyak karbohidrat tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat, tetapi juga memperburuk gejala asam lambung. Apalagi jika karbohidrat tersebut berasal dari makanan olahan seperti donat dan roti.

Solusi untuk menggantinya dengan asupan karbohidrat dari buah-buahan segar, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sebagai alternatif, pilih sumber karbohidrat kompleks berserat tinggi seperti beras merah atau roti gandum.

Makanan tersebut membantu Anda mengatur berat badan dan meredakan gejala asam lambung yang mengganggu.

2. Mengatur porsi makan

Dalam banyak kasus, lebih baik makan sedikit tapi sering daripada makan banyak dalam satu kali makan. Jika Anda terbiasa makan tiga kali dalam  sehari dengan jumlah besar, sebaiknya Anda harus membaginya menjadi 5 – 6 porsi kecil.

Menurut peneliti, makan dengan porsi kecil dengan makanan yang tepat dapat membantu Anda mengatur berat badan Anda. Bahkan, bisa juga mengurangi gejala asam lambung yang sering kambuh.

3. Olahraga yang rutin

Menurut sebuah penelitian, berat badan normal dapat secara signifikan mengurangi gejala penyakit refluks gastroesofageal. Salah satu pilihan termudah dan paling efektif adalah dengan olahraga.

Namun, disarankan untuk tidak memilih olahraga dengan intensitas tinggi, hal itu dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. bukannya membuat Anda sehat, gejala asam lambung palah sering kambuh.

Olahraga yang cocok untuk penderita asam lambung bisa dimulai dengan  olahraga low impact seperti jalan santai, yoga, berenang, bersepeda statis (dengan kecepatan lambat dan santai).

Lakukan minimal tiga kali seminggu selama minimal 30 menit. Kemudian perhatikan reaksi tubuh Anda. Jika gejala asam lambung tidak kambuh, Anda bisa mencoba olahraga lain yang lebih intens.

Kesimpulan

Itulah tiga tips untuk Anda yang ingin melakukan diet tetapi mempunyai asam lambung. Jadi ulasan tersebut memastikan bahwa orang yang punya masalah asam lambung boleh saja melakukan diet, asalkan dilakukan dengan tepat caranya.

Dalam menjalankan diet, Anda juga dapat mengkonsumsi sereal sehat di pagi hari, seperti sereal sehat Nutriflakes. Merupakan sereal sehat dengan bahan utama umbi garut yang cocok untuk meredakan asam lambung Anda. 

Baca Juga: Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung, Sehat dan Nikmat

Cara konsumsinya mudah dan praktis hanya dengan menuangkan tiga sendok makan Nutriflakes kedalam gelas dan tambahkan 150 ml air panas mendidih.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles