Maag sering sekali disepelekan, padahal jika dibiarkan bisa sangat mengganggu karena membuat tubuh merasa kurang nyaman. Itu sebabnya, penting sekali bagi penderita untuk mengetahui cara mengatasi maag.

Maag bisa ditandai dengan berbagai macam gejala, seperti rasa begah, mual, hingga muntah. Maag kambuh biasanya disebabkan oleh kondisi penyakit tertentu seperti GERD, gastritis, dan alergi makanan tertentu.

Selain karena penyakit tertentu, maag juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan pedas, terlalu asam, bersoda, berkafein, berminyak, dan berlemak. Meskipun demikian, faktor penyebab maag kambuh pada setiap individu akan berbeda-beda.

Tips cara mengatasi maag yang umum dan cukup membantu meredakan rasa kurang nyaman di perut, berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Penyakit Maag

1. Minum Air Putih Yang Cukup

Saat maag kambuh, Anda bisa memperbanyak minum air putih, karena sangat penting dan termasuk ke salah satu cara untuk mengatasi maag. Dengan minum air putih, akan memengaruhi kondisi lambung. Air putih yang mengenai lambung akan membuat otot-otot lambung menjadi rileks. Hal ini bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada lambung.

Anda bisa minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan dan membantu mengatasi penyakit maag. Selain minum air putih, Anda juga bisa minum jus buah, jus sayur, dan jenis teh herbal agar tubuh tetap terhidrasi.

2. Makan dalam Porsi yang Kecil

Apabila memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya hindari makan dalam porsi besar. Makan dalam porsi yang besar akan membuat lambung bekerja lebih keras. Itu sebabnya dianjurkan untuk makan sebanyak 4 sampai 5 kali dalam sehari dengan porsi kecil agar lambung bisa mencerna makanan secara perlahan.

3. Batasi Konsumsi Makanan Pedas, Asam, dan Berlemak

sambal_pedas_pemicu_maag

Makanan pedas, asam, dan berlemak adalah pemicu umum penyakit maag. Tidak sedikit orang yang mengalami maag kambuh setelah makan makanan jenis ini, sehingga konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak perlu dibatasi.

Selain itu, konsumsi makanan berlemak juga bisa menaikkan berat badan yang memicu berbagai macam penyakit lain seperti GERD dan penyakit jantung.

4. Makan Secara Perlahan

Saat makan, sebaiknya dikunyah dengan cara perlahan agar makanan terkunyah dengan baik. Hal ini bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mendorong Anda untuk makan berlebihan. Selain itu, dengan mengunyah makanan secara perlahan, proses pencernaan makanan di dalam tubuh akan lebih optimal.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok bisa menyebabkan maag kambuh. Saat merokok, lapisan perut akan mudah teriritasi sehingga perut lebih sulit mencerna makanan secara optimal. Selain itu, merokok juga bisa mengurangi intensitas aliran darah ke perut, penyebab maag dan bisul.

6. Hindari Konsumsi Minuman Bersoda, Berkarbonasi, Berkafein, dan Beralkohol

Salah satu cara mengatasi maag yang efektif, yaitu dengan menghindari minuman bersoda, berkarbonasi, berkafein, dan beralkohol. Apabila minuman bersoda dan berkarbonasi tetap dikonsumsi, minuman jenis ini bisa membuat perut kembung dan bergas.

Selain itu, minuman berkafein dan beralkohol juga harus dihindari karena kedua jenis minuman tersebut bisa membuat lambung mengalami iritasi.

7. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi maag. Dengan olahraga, sistem pencernaan akan tetap sehat dan bisa berfungsi secara optimal. Pencernaan sehat tentunya akan menghindari Anda dari masalah maag.

8. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Setelah makan, perut akan bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut. Apabila Anda memutuskan tidur setelah makan, bisa jadi perut Anda masih berusaha mencerna makanan sehingga tidur menjadi terganggu dan tidak nyaman. Sebaiknya, tunggu setidaknya 1 atau 2 jam untuk tidur setelah makan.

Itu beberapa cara mencegah agar maag tidak gampang kambuh, sekarang bagaimana pertolongannya bila sudah terjadi?

Pertolongan Pertama yang dapat Dilakukan Ketika Maag Kambuh

Sementara itu, untuk mengatasi maag yang kambuh Anda bisa melakukan pertolongan pertama agar maag segera reda. Pertolongan pertama yang dimaksud sebagai berikut:

1. Berdiri Tegak

Postur tubuh yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab maag kambuh, lho. Apabila maag kambuh saat Anda sedang berbaring atau duduk, maka coba berdiri. Dengan berdiri, tekanan pada sfingter esofagus akan berkurang, sehingga maag tidak kambuh lagi.

2. Melonggarkan Pakaian

Asam lambung penyebab maag bisa naik karena perut tertekan pakaian terlalu ketat. Hal ini karena asam lambung yang dihasilkan untuk mencerna makanan di lambung terdorong ke atas akibat tekanan dari celana. Itu sebabnya melonggarkan pakaian bisa menjadi pertolongan pertama saat maag kambuh.

3. Membuat Campuran Baking Soda dengan Air

Campuran baking soda dengan air bisa membantu menetralkan asam lambung agar tidak terjadinya maag.

4. Mengonsumsi Obat

Cara mengatasi maag kambuh dengan mengonsumsi obat bisa dikatakan efektif. Cara ini paling umum dan dianggap cukup praktis. Tapi dalam pemilihan obat untuk mengatasi maag tidak boleh asal-asalan. Obat maag yang dipilih adalah obat maag yang mengandung antasida, kalsium karbonat, dan magnesium serta kurang baik dikonsumsi dalam jangka panjang.

Cara dan langkah mengatasi maag yang sudah dijabarkan sebagai langkah kesembuhan penyakit. Selain itu diharapkan agar penyakit tidak menjadi maag kronis yang mengancam kesehatan.

Bila ingin beralih dari pengobatan kimia, Anda bisa konsumsi Nutriflakes sereal untuk meredakan penyakit maag. Sereal Nutriflakes terbuat dari bahan alami pati umbi garut yang memiliki sifat gastroprotektif atau melindungi lapisan lambung.

Segera order dan buktikan khasiatnya sekarang, jangan sampai maag menjadi semakin parah dan kronis.

referensi:
//promag.id/article/detail/4-pertolongan-pertama-pada-sakit-maag-yang-kambuh 
//www.royalprogress.com/rumah-sakit-royal-progress/blog/detail/1655452730-9-cara-mengatasi-maag-supaya-tidak-kambuh-lagi 
//megapolitan.antaranews.com/berita/13916/manfaat-minum-air-putih-di-pagi-hari-untuk-mencegah-penyakit-maag#:~:text=Terpaparnya%20bagian%20dalam%20lambung%20dengan,putih%20dapat%20mencegah%20sakit%20maag.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles