Sistem pencernaan manusia menjadi bagian terpenting dalam kelangsungan hidup setiap orang setiap harinya. Tanpa adanya sistem ini, manusia tidak akan bisa hidup dan memenuhi kebutuhan tubuh tiap hari.

Setiap manusia pasti membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-harinya. Dalam memenuhi kebutuhan energi ini, manusia membutuhkan nutrisi dan mencernanya untuk digunakan dalam penyimpanan energi dan respirasi.

Hal inilah yang menjadikan sistem pencernaan sangat penting pada kehidupan. Berdasarkan buku Biologi Edisi Kelima Jilid III, sistem pencernaan terdiri dari saluran pencernaan dan berbagai kelenjar yang mensekresikan getah pencernaan ke dalam saluran.

Makanan dan minuman merupakan objek utama dari sistem pencernaan. Jumlah makanan yang dibutuhkan pun tergantung dengan hasrat lapar dan jenis makanan sesuai selera.

Tahapan dari pengolahan makanan sendiri mulai dari ingesti, digesti, absorpsi, dan eliminasi.

Ingesti adalah tindakan makan. Digesti merupakan proses pemecahan makanan menjadi molekul-molekul kecil untuk diserap tubuh. Proses digesti biasanya terjadi dalam lambung dan usus halus.

Tahap absorpsi adalah proses di mana sel-sel tubuh menyerap molekul-molekul kecil yang dibutuhkan tubuh, seperti nutrisi. Sedangkan eliminasi merupakan tahap di mana zat-zat yang tidak dicerna akan dikeluarkan dari sistem pencernaan.

Tahapan pengolahan makanan tersebut seluruhnya terjadi pada sistem pencernaan manusia.


Gambaran sistem pencernaan (sumber: canva)

Saluran Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan pastinya memiliki organ dan urutan yang telah tersistem dalam mengelola makanan. Berikut adalah saluran pencernaan yang harus dilalui makanan:

  1. Mulut

Dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah yang membantu dalam memotong atau menggiling makanan sehingga mudah untuk ditelan. Kelenjar ludah memproduksi enzim ptialin dan amilase untuk membantu proses cerna makanan.

  1. Kerongkongan

Kerongkongan atau esofagus merupakan tabung lurus, berotot, serta berdinding tebal yang menghubungkan faring dan lambung. Fungsi utama dari esofagus adalah menghantarkan makanan sampai lambung.

  1. Lambung

Organ ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan sementara dan memecah asam dari makanan. Beberapa zat yang adal dalam lambung adalah asam lambung, enzim pepsin, enzim renin, dan hormon gastrin.

  1. Usus Halus

Dalam usus halus terjadi hidrolisis enzimatik makromolekul dari makanan. Sebagian besar proses digesti terjadi di usus halus ini. Proses tersebut dibantu oleh beberapa enzim seperti peptidase, sukrase, maltase, laktase, dan lipase.

  1. Usus Besar

Lapisan dari usus besar berupa selaput lendir, lapisan otot melingkar, dan lapisan otot memanjang, dan jaringan ikat. Bagian dari usus besar ini terdiri dari kolon asendens, usus buntu, kolon sigmoid, rektum, dan anus.


Saluran pencernaan (sumber: canva)

Kelenjar Pencernaan

Selain memiliki saluran pencernaan, sistem pencernaan manusia juga terdiri dari kelenjar pencernaan. Berikut ini adalah bagian dari kelenjar pencernaan:

  1. Pankreas

Organ pankreas merupakan kelenjar lonjong yang berwarna keputihan dan terletak di permukaan bawah lambung. Pankreas membantu proses pencernaan kimiawi dengan menghasilkan beberapa enzim seperti lipase, tripsin serta kimotripsin, amilase, dan peptidase.

  1. Hati

Digesti lipid yang terjadi di usus halus ternyata dibantu oleh empedu, suatu zat yang dibuat di dalam hati. Berdasarkan Buku Biologi Edisi Kedelapan Jilid III, fungsi hati adalah menguraikan racun dalam tubuh, menyeimbangkan penggunaan nutrisi, dan merombak sel-sel darah merah yang tidak berfungsi lagi.

  1. Kandung Empedu

Kandung empedu merupakan sebuah kantong berbentuk terong yang terbentuk dari membrean otot. Letak kantong ini di sebelah bawah hati dengan panjang 18–20 cm. Fungsi utama dari organ ini adalah menyimpan, mengentalkan, dan melepaskan getah empedu.

Demikian ulasan mengenai sistem pencernaan manusia, yang ternyata terbagi dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Seluruh bagian ini memiliki fungsi masing-masing dalam proses pencernaan.

Kesimpulan

Dalam menjalankan fungsinya, sistem pencernaan manusia ternyata dibagi menjadi dua bagian, yaitu saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Kedua indikator ini sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan manusia.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan dari organ-organ pencernaan ini. Hal ini bertujuan agar kita terjauh dari berbagai gangguan pencernaan seperti asam lambung naik, maag, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Fungsi Lambung dalam Sistem Pencernaan

Demikian uraian mengenai bagian-bagian dan fungsi dari sistem pencernaan yang harus kita ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat juga menambah pengetahuan tentang tubuh kita.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles