Sering bersendawa adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang, dan sementara itu mungkin merupakan respons alami dari tubuh terhadap udara yang tertahan di saluran pencernaan, terlalu sering atau bersamaan dengan gejala lain dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Dalam artikel ini, kita akan merinci penyebab-penyebab umum sering bersendawa dan memberikan solusi praktis untuk mengatasi masalah ini, memberikan Anda kembali kenyamanan dalam proses pencernaan.

Penyebab Sering Bersendawa

Sering bersendawa atau bersendawa lebih dari biasanya adalah respons alami dari tubuh untuk melepaskan udara yang terjebak di saluran pencernaan.

Beberapa penyebab umum dari sering bersendawa melibatkan udara yang tertelan selama makan atau minum, serta kondisi medis tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab umum sering bersendawa:

1. Menelan Udara Secara Berlebihan

Menelan udara saat makan atau minum bisa menjadi penyebab utama sering bersendawa. Kecepatan makan yang terlalu cepat, mengunyah permen karet, atau minum menggunakan sedotan dapat meningkatkan jumlah udara yang tertelan.

2. Konsumsi Gas-Penyebab

Beberapa makanan atau minuman dapat merangsang produksi gas dalam saluran pencernaan, seperti minuman berkarbonasi atau makanan tinggi serat.

3. Kebiasaan Rokok

Merokok atau menggunakan produk tembakau dapat meningkatkan penelan udara, yang dapat menyebabkan sering bersendawa.

4. Gangguan Saluran Pencernaan

Kondisi medis seperti GERD atau refluks asam dapat menyebabkan terjebaknya udara di esofagus, menciptakan kondisi yang mendukung sering bersendawa.

5. Kebiasaan Makan dan Minum

Konsumsi makanan pedas, bersantan, atau berlemak berlebihan dapat merangsang produksi gas, mengakibatkan sering bersendawa.

6. Kebiasaan Minum dengan Sedotan

Menggunakan sedotan saat minum bisa menyebabkan penelan udara lebih banyak, yang dapat meningkatkan frekuensi bersendawa.

7. Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi bakteri atau virus dalam saluran pencernaan bisa memicu produksi gas yang lebih tinggi dan bersendawa lebih sering.

Baca:

Gejala Tenggorokan Mengganjal dan Susah Bersendawa

Cara Mengatasi Sering Bersendawa

·         Makan dengan Tenang: Hindari makan terlalu cepat. Kunyah makanan dengan hati-hati untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan.

·         Kurangi Konsumsi Minuman Bersoda: Mengurangi atau menghindari minuman bersoda dan berkarbonasi dapat membantu mengurangi produksi gas dalam saluran pencernaan.

·         Berhenti Merokok: Berhenti merokok atau setidaknya mengurangi konsumsi tembakau dapat membantu mengurangi udara yang tertelan.

·         Batasi Makanan yang Memicu Gas: Hindari makanan yang dikenal dapat menyebabkan gas berlebih, seperti kacang-kacangan atau sayuran tertentu yang dapat menyebabkan perut kembung.

·         Ganti Sedotan dengan Minum Langsung: Minumlah langsung dari gelas atau botol untuk mengurangi risiko menelan udara melalui sedotan.

·         Perubahan Gaya Hidup: Jadwalkan waktu untuk makan dengan tenang. Perlahan-lahan perubahan kebiasaan makan dan minum Anda untuk mengurangi tekanan pada saluran pencernaan.

·         Aktivitas Fisik: Berolahraga secara teratur dapat membantu merangsang peristaltik usus dan mempromosikan pencernaan yang sehat.

·         Pertimbangkan Probiotik: Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik atau menggunakan suplemen probiotik dapat membantu menjaga kesehatan bakteri dalam saluran pencernaan.

·         Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan: Jika sering bersendawa masih menjadi masalah, disertai dengan gejala lain, atau tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter atau ahli gastroenterologi untuk evaluasi lebih lanjut.

Sering bersendawa mungkin tidak selalu menjadi tanda masalah kesehatan yang serius, namun, jika itu mengganggu kenyamanan sehari-hari atau disertai dengan gejala lain yang mencemaskan, penting untuk mencari bantuan medis.

Dengan memahami penyebab umum dan menerapkan perubahan gaya hidup sederhana, Anda dapat mengelola dan mengurangi frekuensi bersendawa, memulihkan keseimbangan dalam sistem pencernaan Anda, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles