Pernahkah Anda mendengar peribahasa yang berbunyi “dunia tidak sesempit daun kelor”? Tapi apakah Anda sudah tahu bagaimana bentuk dan sekecil apa daunnya? 

Ternyata, meskipun kecil, daun kelor memiliki segudang keajaiban, lho. Daun kelor telah berpuluh-puluh tahun memberikan manfaat kesehatan untuk berbagai jenis lapisan masyarakat di seluruh dunia. Bukan hal mustahil pula jika daun kelor dijuluki sebagai kecil-kecil cabai rawit.

Apa itu daun kelor?

Daun kelor yang berasal dari tanaman kelor atau merunggai merupakan suku anggota tumbuhan berbunga. Daun ini sering kali digunakan sebagai salah satu bahan makanan dan obatan-obatan di Indonesia. Selain menjadi tumbuhan yang tahan terhadap kondisi panas, daun kelor juga dapat tumbuh dengan cepat, berumur panjang, dan berbunga sepanjang tahun. 

Daun kelor memiliki batang yang berkayu dengan ketinggian bisa mencapai 7-11 meter. Ciri-ciri daunnya yaitu merupakan daun majemuk, bertangkai panjang, susunannya berseling, beranak gasal, dan helai daun saat muda berwarna hijau muda. Daun kelor memiliki selebaran daun yang berbentuk oval.

Kandungan Daun Kelor

Daun kelor dijuluki sebagai Miracle Tree karena nutrisi yang tinggi dan sangat berpengaruh penting bagi dunia kesehatan. Studi juga menemukan bahwa tumbuhan kelor berjasa sebagai penambah kesehatan dengan harga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Hal tersebut berarti bahwa daun kelor memiliki banyak nutrisi dan manfaat.

gambar daun kelor kecil
daun kelor banyak manfaat

Daun kelor sangat tinggi vitamin terutama vitamin A dan C, mineral, kalsium, potasium, dan asam amino. Dalam bukunya yang berjudul Miracle Tree, Dr. Monica Marcu mengungkapkan bahwa kelor merupakan salah satu dari sedikit tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Selain kaya akan nutrisi, daun kelor bersifat antioksidan dan anti-inflamasi sehingga daun kelor dipercaya mampu membantu mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi peradangan pada tubuh. 

Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor terkenal sangat kaya dengan nutrisi. Nutrisi pada daun kelor berpotensi untuk melawan malnutrisi di mana daun kelor berperan penting dalam membantu menutupi kekurangan vitamin dan mineral pada tubuh. Berikut perbandingan vitamin dan mineral daun kelor dengan penghasil vitamin serta mineral lainnya:

  1. Vitamin C pada daun kelor 7x vitamin C pada jeruk.
  2. Vitamin A pada daun kelor 4x vitamin A pada wortel.
  3. Kalsium pada daun kelor 4x kalsium pada susu.
  4. Potasium pada daun kelor 3x potasium pada pisang.
  5. Protein pada daun kelor 2x protein pada susu.

Berdasarkan kandungan dan nutrisinya, keajaiban daun kelor memang tidak diragukan lagi. Konsumsi daun kalor juga dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang menyukai olahan sayur termasuk olahan sayur daun kelor.

Oleh karena itu, Nutriflakes sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin konsumsi daun kelor dengan rasa yang lebih lezat. Nutriflakes diformulasikan dari bahan alami berkualitas premium yang di mana salah satu kandungan utamanya berupa daun kelor. 

sereal sehat nutriflakes
sereal asam lambung Nutriflakes

Nutriflakes merupakan sereal sehat, kaya nutrisi, dan terbuat dari bahan premium untuk membersamai Anda menjadi lebih sehat. Nutriflakes terbuat dari bahan-bahan alami yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa menimbulkan efek samping. Tidak hanya membantu Anda untuk lebih mudah dalam menerapkan pola makan sehat serta membersamai Anda menjadi lebih sehat secara keseluruhan, Nutriflakes aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan, dari anak-anak usia dua tahun hingga lanjut usia.

Yuk, mari menjadi lebih sehat bersama Nutriflakes! 

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles