Selain buah-buahan, sayur yang mengandung vitamin C juga dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Lalu apa saja sayur-sayuran yang tinggi akan vitamin C ini?

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang mempunyai peran penting dalam menjalankan fungsi tubuh. Walau angka kebutuhan akan vitamin C ini termasuk kecil, perannya yang penting tetap akan mempengaruhi tubuh.

Oleh karenanya, orang yang kekurangan akan vitamin C bisa saja mengalami beberapa gangguan kesehatan. Apa saja gangguan kesehatan ini? Berikut detailnya:

  • Munculnya penyakit skorbut.
  • Gusi dan gigi berdarah.
  • Kulit menjadi kering dan kasar.
  • Sistem imun tubuh yang menurun.
  • Luka yang sulit sembuh.
  • Anemia
  • Pembengkakkan kelenjar tiroid.

Artinya, orang yang sampai kekurangan vitamin C ini akan mendapatkan konsekuensi yang fatal untuk kesehatan. Sebab, beberapa gangguan kesehatan di atas sangatlah berbahaya, seperti penyakit skorbut.

Di mana penyakit skorbut ini jika berlanjut terlalu lama dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan skorbut yang tidak segera ditangani bisa juga mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C akan sangat penting.


Sayur sumber vitamin C (sumber: canva)

Sayur yang Mengandung Vitamin C

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin C ini kita harus lewat makanan, baik buah atau sayur. Sebab, tubuh kita tidak dapat membentuk vitamin sendiri, sehingga membutuhkan sumber dari luar.

Berikut ini adalah daftar beberapa sayur yang tinggi akan vitamin C:

  1. Brokoli

Sayuran yang berbentuk seperti bunga berwarna hijau ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Satu mangkuk brokoli saja dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 85 mg.

Brokoli memiliki banyak manfaat, seperti memelihara kesehatan jantung, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya.

  1. Kembang Kol

Kol ternyata mempunyai vitamin C yang lumayan tinggi, yaitu 48,2 mg setiap 100 gramnya. Walau dapat memenuhi vitamin C, mungkin penderita asam lambung harus berhati-hati dalam mengonsumsi sayur yang menyerupai brokoli ini.

Sebab, sayur ini dapat menhasilkan gas di dalam pencernaan.

  1. Kale

Sayur yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah kale. Setiap 100 gram kale sendiri akan memberikan vitamin C sebanyak 120 mg. Selain itu, kale juga memiliki banyak manfaat, seperti: melawan kanker, menyehatkan organ jantung, mencegah diabetes, menjaga kesehatan mata, dll.

Sebenarnya sayur kale ini sudah banyak digunakan dalam obat-obat herbal atau tradisional.

  1. Kubis Brussel

Mini kubis ini sebenarnya kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, kandungan vitamin C di dalamnya ini sangatlah tinggi, bisa mencapai 85 mg setiap 100 gram kubis brussel.

  1. Kelor

Sayur kelor ini dapat dengan mudah kita temukan di negara Indonesia. Namun, pemanfaatannya ini masih lah kurang. Padahal kandungan gizi dalam kelor ini sangatlah tinggi. Mulai dari protein, vitamin, hingga nutrisi-nutrisi mikro lainnya.


Sayur kelor (sumber: canva)

Bahkan, kandungan daun kelor sendiri dapat menjadi alternatif sebagai solusi dalam mengentaskan permasalahan gizi. Kandungan vitamin C dalam kelor pun lumayan tinggi. Vitamin C dalam daun kelor bisa setara dengan kandungan vitamin C dalam 7 buah jeruk.

Kesimpulan Jenis Sayur yang Tinggi Vitamin C

Melalui penjelasan di atas, terdapat 5 jenis sayuran yang mengandung vitamin C dan dapat kita manfaatkan. Mulai dari kelor, kubis brussel, kale, brokoli, kembang kol.

Selain menggunakan beberapa sayuran di atas, kita juga bisa mengonsumsi seral umbi garut Nutriflakes. Sebuah sereal sehat yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nutriflakes dapat memenuhi kebutuhan vitamin C karena menggunakan daun kelor sebagai salah satu bahan utamanya. Di mana kelor adalah salah satu bahan yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan.

Demikian artikel mengenai sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin C, semoga dapat bermanfaat!

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles