Kamu pernah mengalami sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal? Kondisi ini bisa jadi tanda kalau kamu mengalami globus pharyngeus (sensasi globus). Pada umumnya, kondisi ini bisa memicu rasa nyeri dan tidak nyaman. Apabila kondisi ini dibiarkan akan terasa sangat mengganggu.

Sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal akan makin terasa saat kamu makan dan minum. Dalam Jurnal Frontline Gastroenterology, para ahli mengungkapkan bahwa kondisi ini adalah kondisi psikologis. Namun, saat ini para peneliti telah menemukan bahwa kondisi ini bisa disebabkan baik dari faktor psikis maupun fisik.

Apa Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan Seperti ada yang Mengganjal?

  1. Gejala Penyakit GERD

Penyakit GERD adalah kondisi naiknya zat asam pada lambung ke kerongkongan yang mengakibatkan muncul rasa sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal. Naiknya asam lambung mengakibatkan iritasi di kerongkongan dan tenggorokan. Selain itu, naiknya asam lambung juga bisa menekan otot-otot pada bagian kerongkongan sehingga akhirnya akan menimbulkan rasa mengganjal. Sebanyak 68% orang yang mengalami kondisi ini berkaitan dengan penyakit asam lambung.

  1. Penyakit Tiroid

Gejala sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal sering kali terjadi pada orang-orang yang terkena penyakit tiroid aktif. Rasa sakit tenggorokan ini merupakan efek samping dari operasi tiroidektomi, yaitu pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.

  1. Stres dan Gangguan Kecemasan

Sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal juga sering dikaitkan dengan kondisi psikologis. Beberapa penelitian menemukan bahwa stres, depresi, dan rasa cemas sangat berkaitan dengan timbulnya rasa mengganjal pada tenggorokan. Selain itu, seseorang yang memiliki gangguan trauma juga sering merasakan sensasi tenggorokan seperti ada yang mengganjal ini saat mengingat peristiwa traumatis yang dialaminya.

  1. Radang Tenggorokan

Sensasi sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal juga sering dikaitkan dengan radang tenggorokan. Hal ini terjadi karena radang akan membuat tenggorokan menjadi kering sehingga otot di sekitarnya akan tertarik dan menimbulkan rasa mengganjal. Kondisi radang tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Meskipun bisa dicegah dan diobati, tapi cara menghilangkan sakit tenggorokan sebalah kanan seperti ada yang mengganjal tergantung pada hal yang menyebabkan sakit tenggorokan tersebut. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala tersebut, yaitu:

  1. Hindari Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung menjadi salah satu pemicu sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal. Jadi, dengan tidak konsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah asam lambung yang berakibat pada risiko sakit tenggorokan. Selain itu, jangan langsung berbaring setelah makan, hindari kopi, dan rokok yang bisa memicu naiknya asam lambung.

  1. Kurangi Intensitas Bicara saat Tenggorokan Sakit

Rasa sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal bisa dikurangi dengan cara membatasi aktivitas berbicara karena permukaan selaput lendir pada tenggorokan akan makin meradang apabila terlalu banyak digunakan saat sakit.

  1. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih bisa membantu meredakan sakit tenggorokan sebelah kanan seperti ada yang mengganjal karena dengan minum air putih, tenggorokan menjadi lebih lembap sehingga tidak menimbulkan rasa panas dan perih yang memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

Saat makan, minum air putih juga bisa membantu mendorong makanan sehingga proses menelan makanan lebih mudah dan tidak memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

Referensi:

https://hellosehat.com/tht/tenggorokan/sensasi-globus-tenggorokan/

https://www.halodoc.com/artikel/banyak-minum-air-putih-bisa-redakan-sakit-tenggorokan

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles