Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Psyllium Husk Bahaya, Mengupas Gizi, Manfaat dan Efeknya
 
Psyllium Husk Bahaya, Mengupas Gizi, Manfaat dan Efeknya

Psyllium Husk Bahaya, Mengupas Gizi, Manfaat dan Efeknya

Psyllium husk merupakan salah satu jenis serat larut, berasal dari sekam biji psyllium dan sering digunakan untuk membantu mengatasi sulit BAB atau konstipasi. Psyllium husk juga merupakan prebiotik atau makanan bagi bakteri baik di usus. Lantas, benarkah psyllium husk bahaya?

Psyllium husk merupakan bahan makanan yang berasal dari sekam biji Plantago ovata atau isphagula. Tanaman ini banyak tumbuh di India. Selain sering dijual dalam bentuk bubuk, psyllium husk juga sering dijual dalam bentuk kapsul suplemen.

Untuk menjawab benarkah psyllium husk berbahaya, mari kita ulas secara lebih dalam mengenai psyllium husk dari segi kandungan, manfaat, hingga cara konsumsinya.

Kandungan Nutrisi Psyllium Husk

  • Menurut USDA, di dalam 100 gram psyllium husk mengandung:
  • Karbohidrat: 88,9 gram
  • Serat larut: 67 gram
  • Serat tidak larut: 11 gram
  • Besi: 16,7 gram
  • Kalium: 967 miligram
  • Natrium: 111 miligram

Berkat kandungan nutrisinya, psyllium husk memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Psyllium Husk untuk Kesehatan

1. Membantu Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Saat tubuh kekurangan serat, bisa mengalami yang namanya sembelit. Konsumsi psyllium husk yang merupakan sumber serat bisa mencegah dan mengatasi masalah ini.

Psyllium husk bekerja dengan cara mengikat makanan yang dicerna dari lambung ke usus kecil. Zat tersebut membantu penyerapan air, sehingga ukuran dan kadar air di dalam feses meningkat serta memudahkannya untuk dikeluarkan.

2. Membantu Mengobati Diare

Psyllium husk bisa membantu memadatkan feses yang encer dan memperlambat gerakannya melalui usus besar. Maka dari itu, psyllium husk dikatakan bisa membantu mengobati diare.

3. Menyeimbangkan Bakteri Baik di Usus

Serat larut di dalam psyllium husk bersifat sebagai prebiotik, atau makanan bagi bakteri baik di usus, sehingga bisa menjaga keseimbangan bakteri baik di usus. Bakteri baik di usus ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Membantu Mengontrol Berat Badan

Psyllium husk akan membentuk gel kental apabila larut di dalam air, sehingga bisa membantu memperlambat pengosongan lambung. Lambung yang lebih lambat mengalami pengosongan, akan terasa penuh lebih lama.

Kondisi ini tentunya membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Asupan kalori yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan juga menjadi terkontrol.

5. Membantu Menurunkan Kolesterol

Serat larut psyllium husk yang membentuk gel apabila larut di dalam air bisa mengikat kolesterol dalam proses pencernaan. Hal ini pada akhirnya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Itu beberapa manfaat psyllium husk untuk kesehatan tubuh. Sebelum menjawab pertanyaan seputar, benarkah psyllium husk bahaya, berikut cara konsumsi psyllium husk:

  • Mencampurkan beberapa sendok sekam bubuk psyllium husk dengan satu gelas penuh air putih atau jus.
  • Psyllium husk dalam bentuk saset atau kapsul suplemen, bisa dikonsumsi sesuai anjuran dan arahan yang terdapat pada kemasan produk.

Cara konsumsi psyllium husk cukup mudah, bukan? Lantas, benarkah konsumsi psyllium husk bahaya?

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Nutriflakes dengan kebaikan psyllium husk

Meskipun psyllium husk memberikan manfaat yang melimpah berkat kandungan nutrisinya, terlalu banyak konsumsi psyllium husk justru bisa menimbulkan beberapa efek samping.

Efek samping psyllium husk bisa muncul apabila Anda mengonsumsinya terlalu sering, terlalu banyak, atau baru pertama kali mengonsumsi. Efek samping dari psyllium husk, seperti:

  • Kram dan sakit perut.
  • Diare.
  • Perut begah.
  • Mual hingga muntah.
  • Buang air besar menjadi lebih sering.

Selain itu, psyllium husk juga memiliki risiko alergi, seperti:

  • Kulit bentol-bentol dan gatal.
  • Kulit ruam.
  • Napas terasa sesak.
  • Bibir atau bagian wajah membengkak.

Baca juga:

Cara Konsumsi Psyllium Husk yang Unik dan Lezat

Kesimpulan

Selain memiliki banyak manfaat berkat kandungannya, psyllium husk bahaya apabila dikonsumsi dalam takaran yang tidak sesuai.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa psyllium husk hanya asupan tambahan dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti obat-obatan yang Anda konsumsi, kecuali atas saran dokter. Maka dari itu, sebelum konsumsi psyllium husk, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya!