Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Praktis! Bikin Jus Pereda Asam Lambung di Rumah
 
Praktis! Bikin Jus Pereda Asam Lambung di Rumah

Praktis! Bikin Jus Pereda Asam Lambung di Rumah

Tahukah Anda bahwa jenis buah dan sayuran dapat diolah menjadi jus pereda asam lambung? Lantas, apa saja jus pereda asam lambung tersebut?

Sebelum mengulas tentang jus pereda asam lambung, mari kita ulas bersama terlebih dahulu terkait apa itu asam lambung?

Asam lambung merupakan cairan yang terdapat di lambung, bersifat asam, dan bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan. Hanya saja, apabila asam lambung berlebih, memungkinkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan ini disebut sebagai penyakit asam lambung atau GERD, disebabkan oleh makanan, minuman, kebiasaan buruk, ataupun kondisi medis tertentu.

Apabila penyakit asam lambung kambuh, akan menyebabkan gejala yang mengganggu kenyamanan, seperti dada terasa terbakar, nyeri ulu hati, perut kembung, perut begah, mulut asam atau pahit, mual hingga muntah.

Gejala dari asam lambung tentunya sangat mengganggu dan belum tentu dapat reda dengan mudah meskipun telah konsumsi obat-obatan pereda asam lambung.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena selain konsumsi obat-obatan, juga terdapat jus pereda asam lambung yang dapat membantu meredakan asam lambung.

Macam-macam Jus Pereda Asam Lambung

Terdapat banyak jenis jus buah ataupun sayur yang dapat dijadikan sebagai jus pereda asam lambung secara alami, yaitu:

1. Jus Pir

jus pir

Jus Pir dapat menjadi jus pereda asam lambung karena jenis buah ini tergolong ke dalam buah yang lambung friendly. Kandungan alkaline di dalam pir juga dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala asam lambung naik.

2. Jus Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang terkenal dengan kandungan magnesiumnya di mana berkontribusi dalam menetralkan asam lambung. Ā  Anda dapat mencampurkan jus bayam dengan madu agar rasanya lebih nikmat.

3. Jus Pisang

Jus pereda asam lambung berikutnya, yaitu jus pisang di mana pisang tinggi kalium dan bersifat basa, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Hanya saja, sebelum membuat jus pisang, pastikan pisang dalam kondisi matang agar tidak memiliki rasa asam.

4. Jus Semangka

jus semangka

Semangka mengandung air yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu mengencerkan cairan asam lambung. Sama halnya dengan pisang, semangka juga bersifat basa.

5. Jus Pepaya

Buah pepaya sangat terkenal karena khasiatnya baik untuk pencernaan berkat kandungan enzim papain yang dapat membantu meredakan gajala naiknya asam lambung.

6. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang terkenal dengan khasiatnya untuk rambut. Tapi ternyata lidah buaya mengandung antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan peradangan pada lambung, akibat dari asam lambung berlebih.

7. Jus Wortel

Jus pereda asam lambung berikutnya, yaitu jus wortel yang mengandung senyawa alkali, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung berlebih. Jus wortel juga dapat membantu meredakan gejala asam lambung, seperti mual.

8. Jus Melon Murni

jus melon

Jus melon murni juga dijuluki sebagai jus pereda asam lambung karena kandungan magnesium yang dapat menetralkan sekresi asam pada lambung. Serat yang tinggi pada melon juga baik untuk pencernaan.

9. Jus Jambu Biji

Jus jambu biji dikenal baik untuk ibu hamil karena berkontribusi dalam menyehatkan organ pencernaan. Antioksidan tinggi pada jambu biji dapat membantu mengatasi masalah asam lambung.

10. Jus Kurma

Kurma merupakan buah yang biasanya dijadikan sebagai menu pembuka ketika berbuka puasa. Tapi siapa sangka bahwa jus kurma termasuk jus pereda asam lambung karena bersifat basa, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala yang timbul.

Artikel lainnya:

7 Buah-buahan Baik Dikonsumsi bagi Penderita Maag dan Asam Lambung

Itulah sejumlah buah dan sayuran yang dapat dijadikan jus pereda asam lambung, sehingga dapat Anda coba di rumah. Anda dianjurkan untuk menggunakan buah yang mudah ditemukan.

Apabila jus pereda asam lambung telah dikonsumsi, tapi keluhan terkait asam lambung tidak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius lagi.