Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Mari Kenali Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung yang naik ketika malam hari bisa mengganggu penderita untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Permasalahan ini bisa diakibatkan karena posisi tidur saat asam lambung naik, di mana posisi tidur bisa menentukan gangguan asam lambung ini.

Orang yang mengalami asam lambung biasanya memiliki organ yang lebih sensitif atau tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Kualitas tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjalankan aktivitas di kemudian hari. Oleh karena itu, terdapat posisi tidur yang tidak diperbolehkan atau disarankan bagi penderita asam lambung.


Tidur nyenyak (sumber: canva)

Asam lambung naik adalah sebuah gangguan di mana cairan asam dari lambung naik melewati katup esofagus dan mengalir ke saluran kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh makan yang tidak teratur atau gaya hidup yang tidak sehat.

Penderita asam lambung akan mengalami ketidaknyamanan ketika gangguan tersebut kambuh di waktu yang tidak kita sangka, khususnya malam hari.

Baca: Kenali lebih Dalam apa itu Gangguan Asam Lambung 

Posisi Tidur yang Dihindari bagi Penderita Asam Lambung Naik

Bagaimana posisi kita ketika sedang tidur ternyata bisa mempengaruhi asam lambung untuk naik atau tidak. Oleh karena itu, kita, khususnya penderita asam lambung, harus memperhatikan posisi saat tidur di malam hari.

Berikut ini adalah 2 posisi yang harus dihindari bagi penderita karena dapat memicu asam lambung naik:

  1. Posisi Telentang

Tidur dengan posisi telentang dapat mempermudah cairan asam dalam lambung untuk naik ke saluran kerongkongan. Pada posisi tidur inilah yang banyak dialami penderita saat asam lambung naik.


Tidur telentang (sumber: canva)

Menurut sebuah kajian, tidur dengan cara telentang bisa membuat gejala asam lambung bertahan lebih lama. Bahkan, lemak pada perut akan semakin menekan lambung sehingga memaksa keluar isi perut.

Hal ini bisa memperparah gejala asam lambung naik. Oleh karena itu, tidur telentang sangat dilarang bagi penderita asam lambung naik.

  1. Posisi Miring ke Kanan

Tidur dengan posisi miring ke kanan juga mempermudah asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Hal ini dikarenakan posisi perut masih berada di atas kerongkongan.

Selain itu, kebiasaan tidur dengan cara miring ke kanan ini juga dapat memperparah gejala asam lambung. Misalnya adalah bisa menambah beberapa gejala lain seperti regurgitasi, batuk, dan tersedak.

Gravitasi juga tidak bekerja dengan baik ketika posisi tidur miring ke kanan, sehingga bisa meningkatkan risiko asam lambung naik. Selain itu, cairan asam juga dapat bertahan di kerongkongan lebih lama. 

Posisi Tidur yang Disarankan

Jika kedua posisi di atas tidak boleh digunakan untuk tidur di malam hari, lalu bagaimana caranya untuk kita tidur?

Tenang, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa posisi tidur yang sangat disarankan bagi penderita asam lambung. Hal ini digunakan untuk menghindari risiko asam lambung untuk naik.

Berikut adalah 2 posisi yang disarankan bagi penderita asam lambung:

  1. Posisi Miring ke Kiri

Pada posisi miring ke kiri, gaya gravitasi akan bekerja dengan baik sehingga asam lambung naik akan terhindar. Perut akan berada di bawa kerongkongan saat menggunakan posisi ini.

Sehingga saat asam lambung naik, gravitasi bisa mengembalikan lagi ke perut dengan lebih cepat. Refluks asam yang dihasilkan pun hanya berupa gas sehingga lebih ringan.

Alasan inilah yang membuat para ahli medis menyarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri bagi penderita asam lambung.

  1. Posisi Kepala Lebih Tinggi

Tidur dengan penyangga kepala juga disarankan bagi penderita asam lambung naik. Usahakan untuk memposisikan kepala dan kerongkongan untuk lebih tinggi daripada perut.


Tidur dengan pengganjal (sumber: canva)

Studi menunjukkan bahwa posisi tidur dengan kepala lebih tinggi daripada perut dapat membantu untuk menolak saat asam lambung naik. Sehingga cairan asam akan tetap bertahan di dalam lambung.

Berdasarkan penjelasan di atas, posisi tidur saat asam lambung naik akan lebih berisiko ketika perut di bawah kepala atau kerongkongan. Oleh karena itu, kita harus selalu mengusahakan agar tidur dengan kepala lebih tinggi dari perut.

Sehingga gangguan asam lambung naik bisa terhindar. Demikian artikel mengenai posisi tidur bagi penderita asam lambung, semoga dapat bermanfaat.