Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Perut Sakit saat Batuk, Ketahui Penyebabnya
 
Perut Sakit saat Batuk, Ketahui Penyebabnya

Perut Sakit saat Batuk, Ketahui Penyebabnya

Batuk merupakan kondisi refleks alami untuk membersihkan saluran pernapasan dari virus, debu, bakteri, dan benda asing mengganggu lainnya. Hanya saja, pada sebagian orang batuk juga disertai dengan rasa sakit pada perut.

Perut sakit saat batuk umumnya bukan kondisi yang serius, tapi tentu dapat mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, untuk mengetahui cara mengatasi perut sakit saat batuk, akan dijelaskan pada artikel ini.

Meskipun perut sakit saat batuk dianggap sebagai kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan, perut sakit saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa faktor atau kondisi medis tertentu, seperti:

1. Radang Usus Buntu

Perut sakit saat batuk dapat disebabkan karena adanya peradangan usus buntu. Saat batuk, akan ada penekanan tambahan pada perut yang memperparah perut sakit saat batuk.

2. GERD

GERD adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga menyebabkan peradangan pada daerah tengah perut atau dada. Saat batuk, tekanan tambahan pada perut akan menyebabkan rasa sakit.

Baca:

Obat Tradisional Batuk Akibat Asam Lambung

3. Otot Panggul Lemah

Otot panggul yang lemah dapat menyebabkan perut sakit saat batuk dan mengejan. Otot-otot ini mendukung organ panggul dan saluran kemih, sehingga adanya tekanan tambahan saat batuk dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

4. Hernia

Hernia merupakan salah satu penyebab perut sakit saat batuk. Saat batuk atau mengejan, tekanan pada perut akan membuat hernia menjadi nyeri dan tegang. Sehingga, menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Itulah beberapa kondisi medis yang dapat menjadi penyebab perut sakit saat batuk.

Perut sakit saat batuk tentunya akan terasa sangat mengganggu. Oleh karena itu, diperlukannya cara untuk mengatasi perut sakit saat batuk.

Cara Mengatasi Perut Sakit saat Batuk

Saat seseorang mengalami perut sakit saat batuk, terdapat beberapa cara untuk membantu mengatasinya, yaitu:

1. Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi perut sakit saat batuk dapat dilakukan dengan mengompres perut menggunakan air hangat karena dapat membuat otot-otot perut menjadi rileks dan mengurangi rasa tegang.

Sebagai sarana untuk mengompres, dapat menggunakan handuk atau bantal hangat sebagai kompres.

2. Minum Banyak Air Putih

Perut sakit saat batuk juga dapat diatasi dengan cara tetap menghidrasi tubuh, sehingga dianjurkan untuk banyak minum air putih. Cairan dapat membantu lendir agar mudah dikeluarkan dan meminimalisir keinginan untuk batuk terlalu keras.

3. Istriahat yang Cukup

Cara yang tidak kalah penting untuk mengatasi perut sakit saat batuk, yaitu banyak istirahat, sehingga dapat membantu tubuh agar pulih lebih cepat. Selain itu, sebaiknya hindari aktivitas fisik berat yang dapat meningkatkan tekanan pada perut.

4. Konsumsi Obat Pereda Batuk

Cara mengatasi perut sakit saat batuk yang tidak kalah penting, yaitu meredakan kondisi batuk itu sendiri dengan konsumsi obat pereda batuk. Untuk mendapatkan obat pereda batuk yang cocok dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Konsumsi obat pereda batuk bertujuan untuk membantu mengurangi keparahan batuk, sehingga meringankan perut sakit saat batuk.

Artikel lainnya:

Titik Pijat Sesak Nafas Karena Batuk

Itulah cara utama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perut sakit saat batuk. Hanya saja, perut sakit saat batuk juga dapat terjadi karena kondisi medis tentu. Oleh karena itu, diperlukannya diagnosis medis yang profesional terkait penyebab perut sakit saat batuk.

Hal ini bertujuan agar perut sakit saat batuk dapat diatasi dengan cara yang tepat, menyesuaikan penyebab dari batuk itu sendiri.