Selain karena kelebihan berat badan, salah mengkonsumsi makanan dapat menjadi pemicu asam lambung menjadi naik. Benarkah? Apakah itu fakta atau mitos?

Hal tersebut adalah fakta, asam lambung (GERD) disebabkan karena aliran balik atau refluks asam lambung ke kerongkongan yang ditandai oleh beberapa gejala. Diantaranya adalah rasa sensasi terbakar di dada, kemudian rasa asam di belakang kerongkongan, dan mulut terasa pahit dan berbagai gejala lainnya.

Peningkatan produksi asam lambung bisa terjadi pada asam klorida (HCl), zat ini mengiritasi lambung dan memberi sinyal untuk mengisi dengan makanan.

Proses tersebut menyimpang dari pola makan yang tidak teratur yaitu telat makan dan terlalu banyak makan makanan pedas dan asam. Dapat mengikis dinding lambung dan menyebabkan tukak lambung, maag kronis, infeksi. Dalam kasus terburuk, asam lambung dapat menyebabkan kanker lambung.

Kelemahan otot di bawah kerongkongan biasanya menjadi penyebab penyakit refluks. Otot berbentuk bulan berbentuk cincin ini digunakan untuk membuka dan menutup kerongkongan.

Dapat disimpulkan bahwa penyebab utama asam lambung terdapat pada pola makan keseharian yang tidak sehat, seperti:

1.      Makan dalam jumlah porsi yang besar

2.      Makan telat tengah malam

3.      Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi

4.      Konsumsi makanan bersantan dan gorengan

5.      Konsumsi minuman kafein, coklat dan alkohol

Penyebab Asam Lambung dan Makanan yang Dihindari

Penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya ada jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan lonjakan asam lambung. Berikut contoh makanan penyebab asam lambung tinggi yang perlu dibatasi.

1. Makanan berlemak tinggi

Makanan tinggi lemak merupakan pantangan bagi penderita gangguan asam lambung karena dapat merangsang pelepasan kolesistokinin. Cholecystokinin adalah hormon yang melemaskan katup esofagus dan meningkatkan asam lambung.

Selain itu, makanan tinggi lemak juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Akibatnya, organ-organ di dalam lambung menjadi lambat untuk dikosongkan sehingga menyebabkan produksi asam lambung meningkat..

contoh makanan dengan lemak tinggi seperti :

·         Kentang goreng dan onion rings

·         Potongan daging sapi dan kambing yang berlemak

·         Gorengan

·         Es krim

·         Keripik kentang

2. Tomat

Meski tomat mengandung banyak nutrisi yang sangat baik seperti likopen, ternyata tomat juga merupakan makanan penyebab asam lambung. Buah merah ini kaya akan asam dan dapat menyebabkan ulu hati pada penderita asam lambung.

3. Buah Sitrus

Buah-buahan citrus kaya akan vitamin C dan baik untuk kesehatan Anda. Di sisi lain, konsumsi buah citrus dikatakan menyebabkan refluks asam.

Studi menunjukkan bahwa pantangan makanan pada gangguan asam lambung dapat menyebabkan sensasi terbakar. Dari 382 orang yang mengeluhkan rasa panas di dada sebagai gejala maag, 67% menunjukkan gejala parah setelah mengkonsumsi jeruk.

Penyebab pastinya tidak diketahui. Namun, jumlah asam dalam buah citrus dapat melemahkan otot-otot kerongkongan dan meningkatkan asam lambung

contoh yang termasuk buah citrus, yaitu :

·         Lemon

·         Jeruk

·         Jeruk bali

·         Jeruk nipis

·         Nanas

4. Coklat

Camilan yang digemari anak-anak ini ternyata adalah makanan penyebab asam lambung. Ini juga harus dihindari. Coklat memiliki methylxanthine, yang dapat menyebabkan melemahkan otot-otot kerongkongan bagian bawah dan meningkatkan asam lambung.

5. Bawang putih

Bawang putih dikatakan dapat menyebabkan nyeri ulu hati pada orang dengan asam lambung. Apalagi jika dikonsumsi mentah.

Hal yang sama berlaku untuk suplemen bawang putih. Suplemen bawang putih dapat menyebabkan mual, pusing, dan kemerahan jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Perlu diingat bahwa makan bawang putih tidak menyebabkan nyeri ulu hati bagi semua orang yang memiliki asam lambung. Karena setiap orang berbeda dalam memiliki beragam makanan yang memicu asam lambung.

6. Daun mint

Daun mint memberikan rasa yang sangat menyegarkan di mulut. Namun, makanan yang mengandung rasa mint atau perisa mint sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Daun mint dan perisa mint bisa menyebabkan gejala asam lambung.

7. Soda

Soda adalah penyebab utama refluks asam. Gelembung karbon dioksida dalam soda dapat meningkatkan asam lambung. Belum lagi minuman bersoda yang mengandung pemanis buatan.

8. Bawang Bombay

Makanan selanjutnya untuk menghindari asam lambung adalah bawang bombay. Para peneliti mengatakan bahwa bawang bombay mentah dapat merangsang produksi asam.

Peningkatan produksi asam ini dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati. Namun, makanan yang menyebabkan asam lambung bervariasi dari orang ke orang.

Misalnya, jika bawang putih dapat menyebabkan gejala nyeri ulu hati, orang lain dengan penyakit refluks asam mungkin tidak melakukan hal yang sama.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menajaga Kesehatan Lambung

Itulah informasi penyebab asam lambung dan makanan apa saja yang harus dihindari bagi penderita asam lambung.

Jangan khawatir, penderita refluks asam dapat mengontrol dan meredakan gejalanya dengan perubahan gaya hidup, diet sehat, dan suplemen makanan yang dapat menetralkan asam lambung. Salah satu nya yaitu sereal sehat Nutriflakes.

About the Author

Melliana Putri Susanti

Content writer Nutriflakes yang suka berbagi informasi bermanfaat seputar kesehatan, diet, pencernaan, termasuk tips-tips agar pencernaan sehat dan lancar.

View All Articles