Menu makan malam diet sebaiknya mencakup kombinasi nutrisi yang seimbang, dengan fokus pada porsi yang sesuai dan makanan yang rendah kalori.

Banyak yang menilai kalau saat menjalankan diet, tidak diperbolehkan makan malam karena bisa meningkatkan berat badan. Padahal, anggapan tersebut tidak benar selama Anda mengonsumsi menu makan malam untuk diet yang tepat.

Anda hanya perlu memilih makanan yang tepat dan sesuai untuk disantap di malam hari saat sedang diet. Berikut beberapa contoh menu makan malam yang cocok untuk diet:

Menu Makan Malam Ideal untuk Diet

1. Dada Ayam Tanpa Kulit

Dada ayam tanpa kulit adalah menu makan malam untuk diet yang sangat direkomendasikan karena tinggi protein dan rendah kalori serta rendah lemak.

Anda bisa mengolah dada ayam dengan cara dikukus bersama tambahan garam, merica, dan bawang-bawangan untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

2. Telur Rebus

Telur rebus juga sangat direkomendasikan sebagai menu makan malam untuk diet. Telur rebus mengandung tinggi protein, tapi rendah kalori. Kandungan protein pada telur juga dinilai efektif dalam menurunkan badan dengan cepat.

Anda bisa mengkobinasikan telur rebus dengan salad sayuran. Tetap atur porsi agar sesuai dengan kebutuhan kalori dan nutrisi Anda.

3. Kentang Kukus

kentang_kukus_untuk_diet

Kentang mengandung karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karbohidrat di dalam kentang merupakan jenis karbohidrat kompleks yang tinggi serat, sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan saat diet.

Anda bisa menjadikan kentang kukus sebagai menu utama. Gunakan porsi yang seimbang untuk mendapatkan manfaat nutrisi.

4. Ubi Kukus

Selain kentang, sumber karbohidrat pengganti nasi yang lebih sehat adalah ubi. Ubi adalah sumber karbohidrat kompleks, serat, dan nutrisi penting lainnya.

Gabungkan ubi kukus dengan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau asparagus. Sajikan ubi kukus bersamaan, variasi rasa dengan tambahan minyak zaitun atau sari lemon.

5. Buah Alpukat

Selain tinggi kandungan lemak baik, alpukat tinggi kandungan serat. Serat di dalam alpukat bisa memberikan efek kenyang, sehingga mengontrol nafsu makan seseorang untuk tidak ngemil secara berlebihan.

Jadikan alpukat sebagai topping untuk protein utama seperti steak tanpa lemak, salmon panggang, atau ayam panggang. Pastikan bahwa hidangan makan malam Anda mencakup berbagai nutrisi yang diperlukan

6. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah menu makan malam untuk diet yang juga direkomendasikan karena tinggi protein, lemak omega-3, dan rendah kalori. Kandungan omega-3 pada salmon sendiri bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan berkontribusi dalam peningkatan pembakaran kalori

Sajikan salmon panggang dengan sisi sayuran hijau seperti bayam atau kale yang ditumis. Taburkan potongan lemon untuk rasa segar.

7. Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian adalah sumber protein nabati yang direkomendasikan sebagai menu makan malam untuk diet. Mengandung karbohidrat kompleks serta serat yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu melancarkan pencernaan.

Kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah bisa Anda campurkan ke dalam sayur bening atau sup. Dengan menyertakan kacang kacangan dalam menu makan malam Anda, Anda dapat mendapatkan manfaat nutrisi yang tinggi tanpa menambah terlalu banyak kalori.

Itulah beberapa rekomendasi menu makan malam untuk diet yang bisa Anda konsumsi di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda bisa maksimalkan konsumsi makanan di pagi dan siang hari, kemudian makan dengan porsi lebih sedikit di malam hari.

Tips Makan Malam saat Diet

Anda bisa makan malam 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur atau sekitar jam 6 hingga 8 malam. Sebaiknya, hindari makan malam pada jam 10 malam. Selain memperhatikan menu dan jam saat makan malam, imbangi program diet Anda dengan olahraga rutin.

Baca:

Menu Diet ala Rumahan yang Wajib dicoba

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles