Diet adalah pola makan di mana cara dan jenis makanan yang masuk ke tubuh harus diatur. Itu berarti bahwa diet sangat berkaitan dengan apa yang kita makan, sehingga tidak sedikit orang menganggap kalau membuat menu diet sehat itu sangat rumit. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada menu diet mudah yang bisa dicoba di rumah.

Menu diet mudah ini akan mempermudah Anda dalam menjalani diet untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik dan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, bahan-bahan pembuatan menu diet juga tidak selalu mahal sehingga Anda bisa mencobanya di rumah.

Berikut Menu Diet Mudah yang Bisa Dicoba di Rumah

1. Telur Kukus

telur_kukus

Menu diet mudah bisa dimulai dari telur kukus. Cara membuat telur kukus tentunya sangat simpel, yaitu Anda hanya perlu mengocok telur seperti hendak membuat telur dadar. Untuk memperkaya cita rasa, Anda bisa memambahkan jamur, tomat, daun bawang, ataupun bumbu lainnya. Telur kocok yang sudah dicampur dengan berbagai bahan pelengkap tadi bisa dikukus di dalam wadah kaca hingga matang.

Praktis, bukan? Apabila Anda ingin yang lebih praktis lagi, Anda bisa memilih telur rebus sebagai sumber tinggi protein.

2. Sayur Rebus atau Kukus

sayuran_rebus

Menu diet mudah selanjutnya adalah sayur rebus atau kukus. Anda bisa membuat variasi sayur rebus atau kukus agar tidak bosan. Untuk jenis sayur yang dijadikan menu diet di malam hari, Anda bisa memilih brokoli, wortel, dan jagung muda. Sementara untuk siang hari, Anda bisa konsumsi tauge, kacang panjang, dan pare kukus. Sangat praktis, mudah, dan murah bukan?

3. Urap

urap

Salah satu menu diet mudah yang rendah kalori adalah urap. Agar cita rasa urap lebih beragam, Anda bisa mencampur urap tersebut dengan daging dada ayam rebus.

4. Daging Dada Ayam Kukus

ayam_kukus

Dada ayam kukus tanpa kulit bisa Anda jadikan menu diet mudah andalan untuk menurunkan berat badan. Anda bisa memasak daging ayam dengan cara dikukus atau direbus. Agar cita rasanya lebih nikmat, tambahkan garam dan merica. Selain dikukus, dada ayam juga bisa diolah dengan cara dipanggang di dalam oven atau dibakar di atas bara api.

5. Kentang Panggang

Kentang bisa dijadikan sebagai sumber energi pengganti nasi. Selain dikukus atau direbus, Anda bisa mencoba kentang panggang di rumah.  Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk halus kentang yang sudah dikukus. Setelah halus, bumbui dengan merica, garam, dan mentega. Kentang panggang termasuk menu diet mudah dan simpel, bukan?

6. Ikan Bakar

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis olahan simpel ini. Selain mudah didapatkan, harga ikan di pasaran juga cukup bersahabat di kantong. Untuk mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat, Anda bisa menghaluskan bumbu sesuai selera, kemudian membalurkannya ke tubuh ikan sebelum ikan dibakar. Sebagai sumber protein yang tinggi, ikan bakar sangat baik dikonsumsi, terutama saat diolah tanpa minyak goreng.

7. Pepes Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah makanan yang terkenal sebagai sumber protein tinggi, sehingga baik untuk diet. Untuk membuat pepes tahu dan tempe, tentu caranya sangat mudah. Anda bisa menghaluskan tahu dan tempe, kemudian campurkan dengan bumbu halus (bumbu sesuai selera).

Bungkus tahu dan tempe menggunakan daun pisang, jangan lupa masukkan kemangi untuk memperkaya cita rasa, kemudian kukus. Pepes tahu dan tempe siap dinikmati.

Itu beberapa menu diet mudah dan simpel yang bisa Anda praktikkan di rumah. Tapi dalam proses pengolahan menu diet tersebut, sebaiknya hindari penggunaan minyak goreng ataupun garam berlebihan, ya!Kata siapa membuat menu diet itu rumit? Anda bisa mencoba menu diet mudah ini di rumah. Selamat mencoba!

Tips:

Cara Menurunkan Berat Badan Langkah yang Patut Dicoba


About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles