Gorengan adalah makanan tinggi kalori yang digemari dan mudah ditemukan di Indonesia. Saat makan gorengan, tentu saja tidak cukup hanya dengan konsumsi satu buah gorengan saja, sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara membakar kalori setelah makan gorengan.

Gorengan mengandung kalori hingga 130 kkal, sehingga tergolong tinggi kalori. Sementara itu, saat makan gorengan, akan menimbulkan efek yang membuat kita menjadi ketagihan, sehingga tidak cukup hanya makan satu gorengan saja. Apakah kamu bisa membayangkan berapa kalori yang masuk ke tubuh apabila makan 5 buah gorengan?

Ya, hampir setara dengan kalori satu porsi nasi Padang! Alih-alih merasa kenyang seperti saat setelah makan nasi Padang, makan banyak gorengan justru bisa menumpuk lemak di dalam tubuh karena tinggi kalori dan minyak, tapi rendah nutrisi. Itu alasan pentingnya mengetahui cara membakar kalori setelah makan gorengan.

Mudah, Ini Cara Membakar Kalori Setelah Makan Gorengan!

1. Berlari

Berlari bisa menjadi cara membakar kalori setelah makan gorengan. Kamu bisa berlari selama 5 hingga 7 menit saja untuk membakar sekitar 100 kalori. Kalau kamu berlari di pantai selama 5 hingga 7 menit, kamu bisa membakar 150 kalori.

2. Lompat Tali

Cara membakar kalori setelah makan gorengan yang efektif adalah lompat tali. Selain menyenangkan, lompat tali bisa membakar sebanyak 340 kalori dalam waktu 30 menit. Tidak harus menggunakan tali, kamu bisa melakukan gerakan melompat berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang sama.

3. Beberes Rumah

Salah satu hal yang sering kita lakukan adalah beberes rumah. Selain mendapatkan bonus kenyamanan karena rumah menjadi bersih dan rapi, beberes rumah juga menjadi salah satu cara membakar kalori setelah makan gorengan. Beberes ruma bisa membakar hingga 1.478 kalori per harinya, lho!

4. Berkebun

Selain beberes rumah, berkebun juga merupakan cara membakar kalori setelah makan gorengan. Dengan mencabut rumput selama 10 menit saja, kamu bisa membakar kalori sebanyak 100 kalori. Jadi, jangan buru-buru panggil tukang kebun, ya!

5. Menari

Selain menyenangkan karena dilakukan dengan iringan musik, menari juga salah satu cara membakar kalori setelah makan gorengan. Kamu bisa menari selama 30 menit untuk membakar kalori sebanyak 220 kalori. Kamu bisa memilih musik bertempo cepat yang disukai. Cukup mudah, bukan?

Itu beberapa cara mudah untuk membakar kalori setelah makan gorengan yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu bisa mencoba beberapa resep minuman untuk membakar lemak.

Rekomendasi Minuman untuk Membakar Lemak

(1) Lemon Madu

Bahan-bahan:

  • 3 buah lemon.
  • Madu secukupnya.

Cara Membuat:

  • Cuci lemon hingga bersih, kemudian iris sesuai selera (bisa agak tebal atau tipis).
  • Masukkan irisan lemon ke dalam wadah yang memiliki tutup.
  • Tuangkan madu di atas irisan lemon hingga seluruh lemon terendam oleh cairan madu, kemudian tutup rapat.
  • Masukkan ke kulkas.
  • Saat penyajian, tambahkan air secukupnya ke dalam campuran madu dan lemon yang sudah dibuat.
  • Air lemon madu siap dinikmati.
minuman_pembakar_kalori

(2) Wedang Jahe

Bahan-bahan:

  • 1 ruas jahe.
  • 1 sendok makan gula aren.
  • 200 ml air.

Cara Membuat:

  • Cuci jahe hingga bersih, kemudian kupas dan potong tipis memanjang.
  • Masukkan jahe dan gula aren ke dalam panci yang sudah diisi air, kemudian masak hingga airnya mendidih.
  • Apabila sudah mendidih, matikan api, kemudian saring.
  • Wedang jahe siap dinikmati selagi hangat.

Itulah beberapa resep minuman untuk membakar lemak setelah makan gorengan yang juga bisa kamu buat di rumah.

Walaupun ada berbagai macam cara untuk membakar kalori setelah makan gorengan, makan gorengan terlalu banyak dan sering juga tidak dianjurkan karena gorengan tinggi lemak dan berminyak, sehingga bisa memicu timbulnya penyakit lain seperti kolesterol.

Baca juga:

Cemilan Sehat untuk Diet: Nikmati Setiap Gigitannya tanpa Bersalah

Sebagai pengganti gorengan, kamu bisa konsumsi makanan kukus seperti ubi kukus, pisang kukus, atau tahu telur kukus. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles