Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Cemilan Sehat untuk Diet: Nikmati Setiap Gigitannya tanpa Bersalah
 
Cemilan Sehat untuk Diet: Nikmati Setiap Gigitannya tanpa Bersalah

Cemilan Sehat untuk Diet: Nikmati Setiap Gigitannya tanpa Bersalah

Diet sangat berkaitan erat dengan makanan, sehingga konsumsi cemilan termasuk pantangan bagi seseorang yang sedang menjalankan diet. Tapi sebenarnya, seseorang yang sedang menjalankan diet tidak dilarang untuk ngemil, asalkan cemilan yang dikonsumsi adalah cemilan sehat untuk diet.

Cemilan sehat untuk diet adalah cemilan yang rendah kalori, tapi tetap kaya nutrisi, seperti kaya protein, vitamin, dan mineral. Konsumsi cemilan sehat untuk diet yang tepat, justru bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan rasa lapar, tapi kebutuhan nutrisi tetap bisa terpenuhi.

Selain jenis cemilan, porsi cemilan untuk diet juga perlu diperhatikan agar tujuan dari diet bisa dicapai dengan maksimal.

Beragam Cemilan Sehat untuk Diet

Perlu menjadi perhatian dalam memilih cemilan sehat untuk diet, sebaiknya hindari cemilan yang diolah menggunakan minyak, makanan cepat saji, makanan tinggi gula, dan makanan tinggi lemak.

Berikut cemilan sehat untuk diet:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang bagus menjadi cemilan sehat untuk diet adalah kacang almon, kacang tanah, kacang mete, kacang kenari, dan kacang pistachio. Untuk meminimalisir penggunaan minyak, Anda bisa mengolah kacang dengan cara disangrai.

Lemak di dalam kacang-kacangan adalah lemak sehat. Selain lemak sehat, kacang-kacangan juga mengandung protein dan serat. Protein dan serat di dalam kacang bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan Anda akan menjadi lebih terkontrol.

2. Buah-buahan

Buah-buahan adalah cemilan sehat untuk diet yang mudah sekali ditemukan di pasaran. Buah-buahan identik dengan kandungan yang rendah kalori, tapi tinggi nutrisi. Nutrisi buah-buahan, seperti vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat. Sama halnya dengan kacang, serat dan protein di dalam buah bisa membuat kenyang lebih lama.

Untuk mendukung program penurunan berat, Anda bisa konsumsi buah kiwi, tomat, jeruk, dan pisang. Selain itu, Anda juga bisa konsumsi buah kering sebagai alternatif.

3. Sayuran

Siapa sangka kalau konsumsi sayuran sebagai cemilan sehat untuk diet bisa membantu menurunkan berat badan? Selain tinggi nutrisi, sayuran juga tinggi serat yang bisa membuat kenyang lebih lama dan berkontribusi dalam melancarkan pencernaan. Sayuran juga dilengkapi dengan kandungan vitamin, mineral, dan protein untuk mendukung kesehatan tubuh.

Sebagai cemilan sehat untuk diet, Anda bisa memilih sayuran yang rendah karbohidrat, seperti kembang kol, brokoli, jamur, dan buncis. Anda bisa mengolah sayuran dengan cara direbus, dikukus, ataupun dijadikan salad.

4. Telur Rebus

Telur rebus sering kali dijadikan sebagai menu diet. Selain itu, telur rebus juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk diet. Hal ini karena telur rebus rendah kalori, tapi tinggi protein. Protein dalam telur rebus mendorong Anda untuk tidak makan berlebihan karena membuat rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, telur rebus juga diolah tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya seperti minyak, sehingga telur rebus dinilai sangat aman untuk seseorang yang sedang diet. Tapi apabila Anda mengonsumsi telur rebus terus menerus bersama kuning telurnya, bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Itu sebabnya, porsi telur rebus saat dikonsumsi sebagai cemilan juga harus diperhatikan.

Baca:

Sarapan Pagi untuk Diet Praktis dan Ngga Ribet!

5. Dark Chocolate

_dark_cokelat_cemilan_diet

Dark cokelat bisa membantu mengendalikan nafsu makan, termasuk saat diet. Selain itu, cokelat juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas.

Tapi walaupun jenis cokelat ini dinilai aman dijadikan cemilan sehat untuk diet, Anda tetap harus mengonsumsinya dalam porsi yang wajar.

6. Oatmeal

Karena kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal bisa mengenyangkan dan membuat Anda tidak makan berlebihan. Hal ini karena oatmeal mengandung jenis serat larut yang akan membentuk gel di dalam pencernaan. Gel ini yang akan membunda pengosongan lambung.

Meskipun oatmeal bisa dijadikan cemilan, sebaiknya pilih oatmeal yang memiliki rasa tawar. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menaburi topping buah-buahan di atasnya

7. Tahu

Selain tempe, tahu adalah sumber protein nabati yang sangat baik dan memiliki rasa lezat setelah diolah. Selain sumber protein, tahu juga mengandung berbagai macam nutrisi, seperti kalium, serat, zat besi, omega-3, dan antioksidan.

Tahu juga dikenal sebagai sumber protein yang rendah kalori, lemak jenuh, dan karbohidrat, sehingga cocok dijadikan sebagai cemilan sehat untuk diet.

Agar lebih aman dan sehat, Anda bisa mengolah tahu dengan cara dipepes, dipanggang, atau direbus. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan minyak yang tidak baik untuk diet.

8. Ubi

manfaat_ubi_cilembu

Anda bisa mengolah ubi menjadi cemilan sehat untuk diet. Ubi mengandung tinggi serat, tapi rendah kalori dan lemak. Ubi juga mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, zinc, magnesium, dan fosfor. Ubi mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Ubi bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk diet, dengan cara merebus atau mengukusnya. Untuk menambahkan cita rasa, Anda bisa menaburkan sedikit garam saat ubi dimasak.

Berdasarkan ulasan mengenai cemilan sehat untuk diet, pada dasarnya ngemil saat diet diperbolehkan, asalkan konsumsi cemilan yang tepat dan sehat. Sebaiknya, juga hindari penggunaan minyak saat mengolah cemilan.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal dalam melakukan diet, konsumsi cemilan juga harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya dan olahraga secara rutin.