Setelah membahas berbagai makanan khas untuk lebaran, belum lengkap jika tidak mengulas tentang minuman untuk lebaran yang segar. Apa saja minuman khas lebaran yang wajib untuk kita nikmati?

Lebaran merupakan momen istimewa bagi umat Muslim yang sudah selesai menjalankan kewajiban puasa selama satu bulan. Perayaan lebaran di Indonesia menjadi lebih meriah karena sebagian besar masyarakat Indonesia memeluk agama Islam.

Saking istimewanya, perayaan ini sampai ditemani dengan berbagai makanan khas lebaran di Indonesia. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, sayur lodeh, sambal goreng, dan semur.

Kendati demikian, sebagian besar dari makanan untuk lebaran ini ternyata menggunakan bahan-bahan yang masuk dalam pantangan untuk asam lambung. Oleh karena itu, penderita asam lambung harus berhati-hati dalam menikmati makanan tersebut.

Banyaknya makanan yang bisa memicu asam lambung menjadikan penderita kurang leluasa dalam menikmati momen lebaran ini. Hal ini dapat mengurangi semangat orang dalam merayakan hari raya Idul Fitri.


Sop buah (sumber: canva)

Walaupun demikian, penderita asam lambung tidak perlu patah semangat dalam menikmati momen lebaran ini. Sebab, masih ada minuman khas lebaran yang dapat menemani hari-hari dalam merayakan lebaran.

Berbeda dari makanan khas lebaran yang sebagian besar memang berat untuk sistem pencernaan. Minuman untuk lebaran ini justru segar dan pastinya aman bagi penderita asam lambung.

Apa saja minuman ini?

Minuman Segar untuk Merayakan Momen Lebaran

Jika terdapat makanan khas lebaran, maka tidak seimbang atau adil kalau tidak ada minuman khas lebaran. Berikut beberapa minuman yang cocok dalam merayakan lebaran:

  • Es Blewah

Minuman ini menggunakan buah blewah sebagai bahan utamanya. Buah blewah ini diserut panjang-panjang lalu bisa kita campur dengan biji selasih. Setelah itu beri air sirup dengan rasa cocopandan dan es secukupnya.


Minuman es blewah (sumber: canva)

Es blewah ini aman untuk asam lambung karena menggunakan buah yang bersifat basa dan mengandung banyak air.

  • Es Serut Timun

Minuman untuk lebaran selanjutnya adalah es serut timun yang segar dan nikmat. Sebenarnya minuman ini mirip dengan es kuwut, hanya saja tidak menggunakan campuran buah jeruk nipis agar penderita asam lambung bisa ikut menikmatinya.

Seperti namanya, minuman ini menggunakan timun yang kita serut dengan halus. Setelah itu campur serutan timun dengan selasih dan air sirup rasa melon. Berikan es secukupnya, es segar dengan timun pun siap untuk dinikmati.

  • Sop Buah

Hidangan sop buah ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama siapkan buah-buahan sesuai selera lalu potong menjadi kotak-kotak atau bulat dan taruh dalam mangkuk.

Setelah itu, siram buah-buahan tersebut dengan air sirup cocopandan. Bisa juga dengan air santan, tetapi penderita asam lambung lebih baik jangan.

  • Cendol Kacang Merah

Minuman untuk lebaran satu ini memang lumayan susah dalam meraciknya. Es cendol kacang merah merupakan kombinasi dari cendol, kacang merah, dan nangka. Kuahnya menggunakan santan dengan gula merah sebagai pemanis alaminya.

Minunam ini memiliki aroma yang khas karena proses memasaknya menggunakan daun pandan.

  • Es Kopyor

Minuman ini hanya menggunakan kelapa dengan daging yang empuk dan air kelapanya.  Setelah itu berikan sentuhan sirup cocopandan agar memberikan warna yang menarik. Selain segar, es kopyor ini juga aman bagi penderita asam lambung.


Es kopyor (sumber: canva)

Nutriflakes sebagai Minuman Hari Raya

Sebagian besar minuman khas lebaran di atas ini aman bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Selain itu, banyak menggunakan buah-buahan yang segar dan kaya akan nutrisi. Sehingga penderita asam lambung tidak perlu khawatir karena tidak memicu asam lambung.

Berbagai minuman tersebut justru menyehatkan karena bahan-bahan dasarnya adalah buah yang segar dan kaya akan gizi. Oleh karena itu, penderita asam lambung bisa merayakan momen lebaran dengan minuman khas lebaran ini.

Terdapat minuman untuk lebaran lainnya yang bergizi dan sangat aman untuk penderita asam lambung, yaitu Nutriflakes. Minuman serbuk Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang sehat, seperti umbi garut, kelor, susu etawa, psyllium husk, dan gula aren.

Selain lezat, Nutriflakes sangat cocok untuk mendampingi penderita asam lambung dalam menikmati momen lebaran. Sebab, dengan mengonsumsi Nutriflakes ini, kita bisa saja terhindar dari gangguan pencernaan seperti asam lambung atau maag.

Manfaat Nutriflakes yang paling utama adalah mengatasi dan mencegah asam lambung naik dan maag serta menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga, kesehatan akan terjamin selama lebaran dengan mengonsumsi Nutriflakes.

Demikian uraian mengenai minuman khas untuk lebaran, semoga dapat menginspirasi.

Nutriflakes, teman untuk menikmati momen lebaran.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles