Home » Artikel Nutriflakes » Menu Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Lezat dan Sehat

Selain jenis bahan pangan dan waktu makan yang harus diperhatikan, ternyata terdapat menu makanan untuk penderita asam lambung. Hal ini bertujuan agar makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut bukanlah makanan sembarangan.

Selain itu, juga mencegah gejala gangguan asam lambung agar tidak kambuh. Asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana asam dalam lambung naik ke saluran kerongkongan karena katup esofagus sudah melemah.

aturan minum susu kambing etawa
Menu makanan sehat (sumber: canva)

Gejala asam lambung ini pun bervariasi, setiap orang bisa memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya gejala asam lambung yang sering terjadi, yaitu:

  1. Perasaan panas seperti terbakar pada area perut hingga dada. Hal ini akibat dari cairan asam yang mengalir dari lambung.
  2. Perut merasa kembung dan begah.
  3. Kita merasa cepat kenyang padahal hanya mengonsumsi makanan sedikit.
  4. Ada perasaan ingin muntah, sebuah reaksi tubuh akibat dari rasa mual yang muncul.
  5. Sering bersendawa.

Gejala-gejala di atas bisa muncul karena salah makanan atau waktu makan yang tidak baik. Kesalahan pada kedua hal tersebut bisa berakibat pada proses pencernaan yang semakin lama sehingga lambung menjadi lebih asam.

Oleh karena itu, waktu dan menu makanan untuk penderita asam lambung sangatlah penting untuk diperhatikan.

Menu Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Pukul 08.00 pagi adalah waktu yang tepat bagi penderita asam lambung untuk melakukan sarapan. Menu yang cocok digunakan untuk sarapan bagi asam lambung adalah makanan yang ringan tetapi membuat kenyang.

Misalnya adalah olahan oatmeal atau sereal yang sehat bagi penderita asam lambung. Nutriflakes, sereal umbi garut sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan untuk asam lambung.

Nutriflakes megandung zat pati garut sehingga bisa memberi rasa kenyang yang pas bagi orang yang mengonsumsinya. Akhirnya dengan mengonsumsi Nutriflakes, penderita asam lambung tidak akan mengalami makan berlebih atau kekurangan makanan.

Selain memberi rasa kenyang yang pas, Nutriflakes juga mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Artinya, Nutriflakes bisa menjadi menu sarapan kita sehingga aktivitas tidak akan terganggu tiap harinya.

Pada pukul 13.00, penderita asam lambung sudah disarankan untuk segera melakukan makan siang. Menu makan siang yang baik untuk penderita asam lambung sendiri sebaiknya berisi makanan yang memiliki rendah lemak atau kalori.


Tumis kangkung (sumber: canva)

Contohnya adalah tumis kangkung dan bayam atau kelor kuah bening. Sayur kangkung, bayam, dan kelor merupakan sayur yang aman bagi penderita asam lambung. Selain itu, menu tumis kangkung sangat mudah untuk dibuat dan sangat umum bagi masyarakat Indonesia.

Sedangkan sayur bayam atau kelor kuah bening juga sangat mudah untuk dimasak. Bumbu yang digunakan untuk membuat sayur kuah bening juga simpel, hanya menggunakan bawang putih dan garam.

Makan malam yang cocok untuk penderita asam lambung adalah pada pukul 18.00 dengan menu yang mengandung protein tinggi tanpa lemak jenuh.

Salah satu bahan pangan yang masuk dalam kategori tersebut yaitu: ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Cara memasak yang sangat disarankan adalah dengan panggang, pan sear, atau merebusnya.

Oleh karena itu, menu menu makanan untuk penderita asam lambung ini bisa dengan ikan pan sear atau telur rebus. Usahakan menghindari menggoreng bahan-bahan tersebut.


Ikan pansear (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa makanan yang cocok untuk penderita asam lambung adalah makanan yang rendah lemak. Hal ini supaya organ-organ pencernaan dapat bekerja dengan mudah dan ringan dalam memproses makanan.

Selain itu, penderita asam lambung masih mendapatkan nutrisi yang kaya dari menu-menu di atas. Usaha-usaha ini dilakukan agar bisa mengurangi gejala gangguan asam lambung sehingga orang dapat nyaman dalam menjalani aktivitas.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Asam Lambung?

Demikian ulasan mengenai menu makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Jangan pernah meninggalkan hidup sehat karena itu adalah salah satu cara menjaga kesehatan lambung.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles