Penyakit asam lambung atau yang sering disebut GERD bisa menyebabkan mulut kering dan radang tenggorokan. Mulut kering karena asam lambung biasanya terjadi akibat produksi air liur yang menurun. Oleh karena itu, yuk cari tahu cara mengatasi mulut kering karena asam lambung!

Apa itu penyakit asam lambung?

Penyakit asam lambung disebut juga dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi di mana cairan asam lambung yang seharusnya berada di lambung, naik ke kerongkongan atau masuk ke sistem pernapasan. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala seperti dada terasa terbakar (heartburn), nyeri ulu hati, pusing, sering bersendawa, radang tenggorokan, mulut kering, mual, hingga muntah.

Kaitan Penyakit Asam Lambung dengan Mulut Kering

Asam lambung yang mulanya berada di lambung, bisa naik ke kerongkongan hingga mulut saat penyakit asam lambung kambuh. Asam lambung yang naik ke kerongkongan ini disebabkan oleh melemahnya katup esofagus, akibat dari konsumsi makanan atau kebiasaan tertentu.

Karena kondisi tersebut, seseorang yang mengalami mulut kering akan berusaha menelan air liur secara terus menerus. Padahal, apabila air liur ditelan terus menerus bisa memicu tenggorokan menjadi serak dan menghambat proses pencernaan makanan.

Selain bisa mengganggu aktivitas harian, mulut kering juga bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi apabila tidak segera diatasi. Komplikasi mulut kering antara lain:

  • Bibir pecah-pecah
  • Sariawan
  • Gigi berlubang
  • Terbentuknya karang gigi
  • Munculnya penyakit gusi
  • Timbulnya infeksi jamur pada mulut
  • Kekurangan gizi karena mulut kering akan menyebabkan seseorang sulit mengunyah

Berdasarkan komplikasi yang ditimbulkan oleh mulut kering, mengatasi mulut kering karena asam lambung sangat diperlukan.

Solusi Mengatasi Mulut Kering karena Asam Lambung

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan penderita asam lambung mengalami mulut dan bibir yang kering:

1. Menjaga Keberishan Mulut

Untuk membantu mengatasi mulut kering karena  asam lambung, Anda bisa menjaga kebersihan mulut dan gigi secara rutin. Apabila mulut tetap bersih, produksi air liur akan meningkat, kelembapan mulut lebih terjaga, dan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi menjadi terhambat. Menjaga kebersihan mulut dan gigi juga bisa dilakukan dengan cara berkumur menggunakan air bersih atau larutan air garam agar kelembapan mulut tetap terjaga.

2. Minum Air Putih

wanita minum air putih
minum air putih (sumber: canva)

Cara mengatasi mulut kering karena asam lambung juga bisa dilakukan dengan cara minum air putih setiap hari. Minum air putih setiap hari ini sangat penting untuk mengganti air liur dan cairan tubuh agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Jumlah air putih yang harus diminum setidaknya 2 liter atau setara dengan delapan gelas air putih per harinya.

3. Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara mengatasi mulut kering karena asam lambung, yaitu dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet, akan membantu merangsang produksi air liur yang menurun akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Oleh karena itu, mengunyah permen karet bisa membantu mengatasi mulut kering.

Selain membantu mencegah mulut kering, mengunyah permen karet juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Tapi Anda harus mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula untuk menghindari kerusakan gigi, ya.

4. Minum Wedang Jahe

Minum wedang jahe adalah salah satu cara untuk mengatasi mulut kering karena asam lambung. Hal ini karena di dalam jahe mengandung banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan lambung. Jahe mengandung zat fenolik yang bisa membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan dan mencegah terjadi kontraksi pada otot lambung. Hal ini bisa mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan yang membuat mulut menjadi kering.

5. Menggunakan Humidifier

Cara lain untuk mengatasi mulut kering karena asam lambung, yaitu menggunakan Humidifier. Humidifier adalah pelembap udara yang bisa membantu menjaga kelembapan ruangan, terutama saat cuaca sedang panas dan kering. Dengan menggunakan Humidifier, kelembapan mulut juga akan tetap terjaga sehingga mulut tidak kering.

6. Menjaga Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi mulut kering karena asam lambung juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan penerapan pola hidup sehat, kesehatan tubuh akan lebih terjaga dan tidak mudah terserang penyakit, termasuk penyakit asam lambung.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan mulut kering juga dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat seperti makan makanan pedas, berlemak, berminyak, asin, dan asam. Selain makanan, kenaikan asam lambung juga dipengaruhi oleh kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok dan konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Jadi, untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari masalah asam lambung penyebab mulut kering, Anda bisa berolahraga secara rutin, makan sayur dan buah, serta hindari makanan-makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, ya.

7. Konsumsi Madu

Mengatasi mulut kering karena asam lambung juga bisa dilakukan dengan konsumsi madu. Pada umumnya, mulut kering karena asam lambung juga disertai dengan peradangan pada kerongkongan. Masalah ini bisa diatasi dengan cara konsumsi madu karena madu berpotensi dalam melegakan kerongkongan.

satu sendok madu
satu sendok madu (sumber: canva)

Madu juga dinilai memiliki banyak manfaat karena perannya sebagai antioksidan, antiradang, hingga antibakteri. Manfaat ini tentunya baik untuk menghindari Anda dari mulut kering karena asam lambung.

8. Konsumsi Pisang

Pisang adalah buah-buahan yang mudah sekali ditemukan di pasaran. Tapi pernahkah Anda mengira kalau ternyata pisang bisa membantu mengatasi mulut kering karena asam lambung?

Saat asam lambung naik, maka pH atau tingkat keasaman pada lambung akan menurun sehingga lambung menjadi makin asam. Kondisi asam ini biasanya dinetralkan dengan obat antasida yang memiliki sifat basa. Selain pada obat antasida, sifat basa ini ternyata juga terdapat pada buah pisang, lho.

Oleh karena itu, konsumsi pisang akan membantu menetralisir asam lambung dan meningkatkan pH lambung. pH lambung yang normal bisa membantu meredakan gejala asam lambung seperti heartburn, sakit perut, hingga mulut kering.

9. Menggunakan Minyak Jintan

Tidak hanya menambah aroma dan rasa pada makanan, jintan juga bisa membantu mengatasi mulut kering karena asam lambung.

Minyak jintan bisa membuat otot usus menjadi lebih rileks. Apabila ditambah dengan mentol, maka bisa menjadi zat antiradang alami yang membantu meredakan naiknya asam lambung sehingga masalah mulut kering juga bisa dicegah.

Cara menggunakan minyak jintan, Anda bisa mencampurkannya dengan minyak pijat untuk dibalurkan pada perut yang terasa nyeri. Selain menggunakan minyaknya, Anda juga bisa mencampurkan jintan sebagai bumbu masakan.

10. Konsumsi Sereh

Sereh tidak hanya bumbu dapur, tapi juga merupakan rempah-rempah yang bisa membantu mengatasi mulut kering karena asam lambung. Sereh yang mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, zat besi, magnesium, selenium, dan seng ini dipercaya bisa membantu meredakan penyakit asam lambung sehingga menurunkan risiko terjadinya mulut kering.

Masalah mulut kering biasanya disertai dengan radang tenggorokan yang bisa membuat nafsu makan menurun karena rasa tidak nyaman pada mulut. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan cara tersebut di atas untuk terhindar dari mulut kering.


About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles