Akhir-akhir ini mental health sedang santer untuk disebarkan di kalangan anak muda dan pekerja. Mengapa kesehatan mental atau mental health itu penting?

Diskusi mengenai mental health di Indonesia sebenarnya masih sedikit tabu, sehingga masih banyak orang yang meremehkannya. Banyak anggapan yang mengemukakan bahwa orang yang mengalami gangguan mental healthl adalah orang gila, tidak dekat dengan Tuhan, dan lain-lain.

Padahal mental health sendiri lebih dari justifikasi orang gila maupun orang yang tidak dekat dengan Tuhan. Keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai mental health membuat berbagai justifikasi tersebut muncul.

Apa itu Mental Health?

Mental health adalah ilmu yang mendiskusikan tentang kehidupan mental manusia dengan memandang manusia sebagai totalitas psikofisik yang kompleks.

Sedangkan menurut American Psychological Association (APA), mental health adalah wujud dari adanya penyesuaian diri yang berhasil atau tidak dengan adanya psikopatologi. Selain itu, juga keadaan di mana seseorang digambarkan tidak memiliki gangguan pada psikologi, emosional, perilaku, dan sosial.


Ilustrasi mental health (sumber: canva)

Artinya, secara garis besar mental health menggambarkan kondisi sehat utuh secara fisik, mental, dan sosial, dan bukan hanya suatu keadaan yang bebas dari penyakit cacat dan kelemahan.

Mental health ini juga memiliki berbagai karakteristik, di antaranya: aspek fisik, aspek psikis, aspek sosial, dan aspek sosial. Berbagai aspek ini merupakan standar untuk mengukur mental health seseorang.

Mengapa Kesehatan Mental itu Penting?

Alasan mental health menjadi penting karena sumber dari berbagai masalah yang manusia lalui selama ini adalah mental. Maksudnya adalah mental health dapat mempengaruhi kesehatan manusia secara fisik maupun sosial.

Jikalau keadaan mental kita sehat, maka berbagai risiko gangguan kesehatan lainnya juga akan minimum.

Mental health Berkaitan dengan Kesehatan Fisik

Menurut Dr. Brock Chisholm, tanpa mental health kita tidak akan mendapatkan kesehaan fisik yang sebenarnya. Kesehatan fisik dan mental health ini memiliki hubungan yang dua arah.

Hal ini bisa juga disebut dengan mind-body connection. Artinya, pikiran, perasaan, sikap, dan keyakinan dapat mempengaruhi kesehatan fisik secara positif. Begitupula sebaliknya, kesehatan fisik dapat mempengaruhi mental health, baik negatif atau positif.

Contohnya adalah gangguan kesehatan GERD anxiety, di mana seseorang akan merasakan cemas ketika asam lambung sedang kambuh, atau sebaliknya.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang dengan asam lambung naik akan memiliki tingkat stres dan cemas lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki penyakit lambung.


Pentingnya mental health (sumber: canva)

Hubungan Mental Health dengan Kehidupan Sosial

Alasan lainnya mengapa kesehatan mental itu penting adalah karena bisa berpengaruh pada kehidupan sosial kita. Orang yang memiliki gangguan mental health akan bermasalah saat membuat relasi, perawatan diri, empati, dan lain-lain.

Begitupula sebaliknya, lingkungan sosial juga dapat berpengaruh pada mental health kita. Linkungan sosial yang sehat akan menciptakan seseorang dengan pribadi yang sehat juga berpandangan optimis dan positif.

Seperti halnya teori attachment style, yang mengatakan bahawa terdapat pengaruh antara pengasuh dan seorang anak. Pribadi seseorang bisa menjadi positif, cemas, ceria, pesimis, dan lain sebagainya, hal ini dipengaruhi oleh pola asuh ketika masih anak kecil.

Baca juga:

Beberapa gejala Gerd Anxiety yang Wajib Kamu Kenali

Kesimpulan tentang Pentingnya Mental Health

Melalui penjelasan di atas, terlihat dua alasan mengapa mental health itu penting. Pertama, dapat berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang. Kedua, juga memiliki pengaruh pada kehidupan sosial seseorang.

Kedua alasan ini memiliki hubungan yang dua arah. Artinya, mental health dapat mempengaruhi kehidupan sosial dan kesehatan fisik. Begitupula sebaliknya, lingkungan sosial dan kesehatan fisik dapat berpengaruh secara signifikan pada mental health.

Oleh karena itu, dengan menjaga mental health kita bisa mendapatkan kesehatan fisik yang sebenarnya juga tidak masalah dalam membentuk relasi. Keadaan ini akan membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih rileks dan nyaman.

Demikian penjelasan mengapa kesehatan mental itu penting untuk kita jaga serta pelajari, semoga dapat bermanfaat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles