Siapa yang tidak mengenal tahu? Selain tinggi protein, bahan makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai ini bisa menjadi makanan lezat setelah diolah. Kira-kira bagaimana ya manfaat tahu mentah untuk asam lambung?

Sebelum mengupas manfaat tahu mentah untuk asam lambung, yuk kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu penyakit asam lambung.

Apa itu Penyakit Asam Lambung?

Penyakit asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung yang harusnya berada di lambung, mengalir ke kerongkongan. Makanan, minuman, dan pola hidup sehat adalah faktor pemicunya.

Penyakit asam lambung ditandai dengan sensasi dada seperti terbakar, nyeri ulu hati, perut begah atau kembung, mulut pahit, mual, hingga muntah. Apabila gejala ini terjadi, akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Sereal Asam Lambung Nutriflakes

Artikel terkait:

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Manfaat Tahu Mentah untuk Asam Lambung

1. Bisa Menurunkan Tingkat Keasaman Lambung

Tahu merupakan makanan dengan bahan alkali yang dapat membantu menetralisir asam lambung berlebih. Tahu juga bersifat basa, memiliki PH 7,2 yang bagus untuk lambung.

Sehingga mengonsumsi tahu dapat mengurangi risiko melemahnya otot sfingter esofagus penyebab asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Membantu Meringankan Beban Pencernaan

Membantu meringankan beban pencernaan merupakan manfaat tahu mentah untuk asam lambung. Biasanya, penderita asam lambung akan mengalami iritasi pada lambung dan kerongkongan, sehingga mengalami sulit menelan atau sulit mencerna makanan.

Tekstur tahu yang lembut membuat tahu lebih mudah ditelan dan dicerna, sehingga lambung tidak menghasilkan cairan terlalu banyak.

3. Banyak Mengandung Air

80 persen kandungan dari tahu adalah air, sehingga tahu dinilai bisa menetralkan cairan asam lambung. Air memiliki PH 7, sementara cairan asam lambung memiliki PH 1,5 hingga 3,5.

Konsumsi makanan tinggi air bisa melarutkan cairan asam lambung, keasaman pada lambung berkurang, dan penyakit asam lambung juga bisa dihindari. Maka dari itu, manfaat tahu mentah untuk asam lambung karena tahu mengandung banyak air.

Agar mendapatkan manfaat tahu mentah untuk asam lambung secara optimal, sebaiknya olah tahu dengan baik terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Saat mengolah tahu, sebaiknya tidak menggunakan bahan-bahan tambahan yang memicu naiknya asam lambung.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Nutriflakes Sereal Asam Lambung

Tips Mengolah Tahu Mentah untuk Asam Lambung

1. Kukus atau Rebus Tahu

Mengukus atau merebus tahu adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari tahu karena saat direbus atau dikukus, zat gizi tahu tetap terjaga.

Pengolahan tahu dengan cara digoreng juga sebaiknya dihindari karena membuat tahu berminyak dan justru menyebabkan gejala asam lambung.

2. Kurangi Pemakaian Garam

Gunakan garam sedikit mungkin agar tahu aman untuk penderita asam lambung. Banyaknya konsumsi garam akan membuat gerakan lambung melambat, dan lambung akan penuh dalam waktu lama. Sehingga, cairan asam lambung meningkat dan menyebabkan asam lambung naik.

3. Jangan Gunakan Bumbu Pedas dan Asam

Menghindari bumbu pedas dan asam adalah hal penting saat mengolah tahu. Bumbu pedas bisa mengiritasi lambung, sehingga memperparah gejala penyakit asam lambung.

Sementara bumbu asam akan meningkatkan jumlah cairan asam lambung dan bisa melemaskan otot sfingter esofagus, penyebab naiknya asam lambung.

Baca juga: Menu Makanan Sehari-hari bagi Penderita Asam Lambung

Itu beberapa manfaat tahu mentah untuk asam lambung. Berdasarkan ulasan mengenai manfaat tahu mentah tersebut, bisa disimpulkan selain aman untuk penderita asam lambung, tahu juga kaya manfaat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles