Sawi putih merupakan sayuran yang sering kali diolah menjadi kimchi, rasanya lezat dan bergizi. Manfaat sayur sawi putih berasal dari berbagai vitamin yang terkandung di dalamnya apabila dikonsumsi.

Sebagai sayuran yang rendah kalori, sawi putih memiliki kandungan serat dan nutrisi cukup tinggi. Karena mengandung vitamin yang beragam, sawi putih juga bisa disebut sebagai sumber vitamin.

Di dalam 100 gram sawit putih, mengandung:

  • Kalori: 9 kkal
  • Air: 96,6 gram
  • Protein: 1,0 gram
  • Karbohidrat: 1,7 gram
  • Serat: 0,8 gram
  • Kalsium: 56 gram
  • Fosfor: 42 miligram
  • Zat Besi: 1,1 miligram
  • Natrium: 5 miligram
  • Kalium: 193,1 miligram
  • Folat: 66 mikrogram
  • Beta Karoten: 862 mikrogram
  • Vitamin A: 223 mikrogram
  • Vitamin B2: 0,18 miligram
  • Vitamin C: 45 miligram
  • Vitamin K: 45,5 mikrogram

Selain kandungan nutrisi di atas, sayur sawi putih juga mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin A, vitamin C, dan beta karoten di dalamnya.

Sayur sawi putih memiliki batang berwarna putih dengan daun berwarna hijau muda hingga hijau tua. Untuk ukuran sayur sawi putih ini sendiri cukup beragam. Selain enak dikonsumsi, sayur sawi putih juga kaya manfaat. Berikut manfaat sayur sawi putih:

1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sayur sawi putih yang bisa kita rasakan, yaitu untuk kesehatan mata. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A dan beta karoten yang terdapat di dalam sawi putih. Vitamin A dan beta karoten bisa membantu melindungi mata dari kerusakan sel dan menurunkan berbagai risiko munculnya penyakit mata, seperti rabun senja.

2. Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Sawi putih mengandung vitamin A dan vitamin C yang bisa meningkatkan imun tubuh. Selain itu, bersama dengan beta karoten, vitamin A dan vitamin C juga merupakan antioksidan kuat. Antioksidan kuat ini berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mencegah kerusakan sel kekebalan akibat dari radikal bebas. Itu sebabnya bisa dikatakan bahwa manfaat sayur sawi putih salah satunya, yaitu bisa meningkatkan imun tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat sayur sawi putih selanjutnya, yaitu berkat kandungan vitamin K, fosfor, kalsium, serta kalium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam sayur sawi putih ini bisa membantu menjaga kepadatan dan memelihara kesehatan tulang. Sementara itu, kalium di dalam sayur sawi putih bisa mengoptimalkan penyerapan kalsium pada tulang agar tulang tidak kehilangan kepadatannya (mudah patah).

4. Menurunkan Tekanan Darah

Sayur sawi putih mengandung beberapa jenis mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan mineral pada sayur sawi putih ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Apabila seseorang menderita hipertensi, perlu mengonsumsi sayur sawi putih yang tinggi kalium untuk meningkatkan asupan kalium. Jadi, itu manfaat sayur sawi putih dalam penurunan tekanan darah.

5. Mencegah Terjadinya Anemia

Anemia bisa terjadi karena seseorang kekurangan zat besi yang menyebabkan penurunan sel darah merah di dalam tubuh. Apabila mengalami kondisi ini, Anda bisa konsumsi sayur sawi putih karena kandungan zat besi di dalamnya. Kandungan zat besi di dalam sayur sawi putih bisa membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin dalam darah.

Demikian beberapa manfaat sayur sawi putih yang baik untuk tubuh. Jadi, merupakan hal wajar apabila sayur sawi putih disebut sebagai sayuran yang rendah kalori, tapi tinggi nutrisi. Sehingga, sayur sawi putih aman apabila sering dikonsumsi.

Selain itu, sayur sawi putih aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena merupakan jenis sayuran yang rendah kandungan glikemik (1 per cup), sehingga lebih aman dalam mengontrol kadar gula darah.

Meskipun sayur sawi putih memiliki banyak manfaat dan aman dikonsumsi, sebaiknya tetap dihindari untuk penderita asam lambung karena sayur sawi putih ini mengandung gula rafinosa. Gula rafinosa bisa menyebabkan perut kembung yang memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Jadi, apabila Anda menderita penyakit asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi sawi putih, ya!

Baca juga: Manfaat Konsumsi Sayur Bening Daun Kelor

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles