Saffron, yang dikenal juga sebagai zafaran atau kunyit merah, adalah rempah berharga yang berasal dari bunga Crocus sativus.

Selain digunakan dalam berbagai hidangan kuliner untuk memberikan rasa dan aroma yang khas, saffron juga memiliki sejarah panjang sebagai obat tradisional. Salah satu aspek yang menarik perhatian adalah potensi manfaat saffron untuk kesehatan lambung dan pencernaan.

Artikel ini akan membahas manfaat saffron terkait dengan masalah pencernaan, terutama asam lambung, serta bagaimana saffron dapat memberikan kontribusi positif dalam meredakan gejala dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Apa itu Saffron?

Sebelum kita membahas manfaat saffron untuk kesehatan lambung, mari pahami lebih lanjut tentang saffron itu sendiri. Saffron adalah rempah berharga yang dihasilkan dari stigma (bagian tengah bunga) dari bunga Crocus sativus.

Proses pengumpulan stigma saffron sangat labor-intensive, sehingga menjadikannya salah satu rempah paling mahal di dunia. Namun, harga tinggi ini sebanding dengan rasa, aroma, dan manfaat kesehatan yang unik yang saffron tawarkan.

Komposisi Kimia Saffron

Saffron mengandung berbagai senyawa kimia yang berkontribusi pada manfaat kesehatan. Di antara senyawa-senyawa tersebut, yang paling penting adalah:

·         Krokina: Ini adalah senyawa yang memberikan warna kuning atau oranye pada saffron. Krokina juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

·         Safranal: Ini adalah senyawa yang memberikan aroma khas saffron. Safranal memiliki sifat antidepresan dan anti-stress.

·         Pikrositin: Ini adalah senyawa dengan sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri.

·         Minyak Atsiri: Minyak atsiri saffron mengandung berbagai senyawa yang dapat memiliki manfaat kesehatan, termasuk α-pinene, β-pinene, dan terpinen-4-ol.

·         Karotenoid: Karotenoid adalah pigmen alami yang memberikan warna kuning atau oranye pada saffron. Karotenoid adalah senyawa antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan Lambung

Saffron telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun, dan salah satu bidang di mana saffron mendapatkan perhatian adalah dalam menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.

Berikut adalah manfaat-manfaat saffron yang dapat membantu individu dengan masalah lambung, terutama asam lambung:

1. Antiinflamasi untuk Meredakan Peradangan

Asam lambung tinggi atau gangguan pencernaan sering disebabkan oleh peradangan dalam lambung atau kerongkongan. Saffron memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu meredakan peradangan ini dan mengurangi gejala yang terkait.

2. Meredakan Nyeri

Saffron juga memiliki sifat analgesik, yang berarti dapat membantu meredakan nyeri. Jika asam lambung tinggi atau refluks asam menyebabkan nyeri perut atau nyeri dada, saffron dapat memberikan bantuan dalam mengurangi ketidaknyamanan ini.

3. Peningkatan Pencernaan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saffron dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Ini dapat membantu mengurangi gejala seperti perut kembung, rasa penuh, dan refluks asam.

4. Menjaga Kesehatan Lambung

Saffron telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan menjaga kesehatan lambung. Ini mencakup menjaga keseimbangan keasaman dalam lambung dan mencegah terjadinya gejala asam lambung yang sering.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

5. Manfaat Psikologis untuk Mengurangi Kecemasan

Asam lambung sering kali dipicu atau memburuk oleh stres dan kecemasan. Saffron telah diketahui memiliki efek positif pada kesejahteraan psikologis dan dapat membantu mengurangi kecemasan. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

6. Antioksidan untuk Melindungi Sel-Sel

Saffron mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Ini juga dapat berkontribusi pada kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

7. Meningkatkan Mood dan Kesejahteraan Psikologis

Kecemasan dan depresi dapat memperburuk gejala asam lambung. Saffron telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan mood dan kesejahteraan psikologis, yang dapat membantu mengurangi dampak negatif kecemasan dan depresi pada asam lambung.

Cara Menggunakan Saffron untuk Kesehatan Lambung

Saffron dapat digunakan dalam berbagai hidangan untuk memberikan rasa dan aroma yang khas. Namun, jika Anda ingin memanfaatkan manfaat kesehatan saffron secara khusus untuk kesehatan lambung, pertimbangkan untuk mencoba cara-cara berikut:

·         Infus Saffron: Anda dapat membuat infus saffron dengan merendam beberapa benang saffron kering dalam air panas. Minumlah infus ini untuk meredakan gejala asam lambung.

·         Tambahkan ke Makanan: Tambahkan saffron ke makanan Anda seperti sup, nasi, atau hidangan sayuran untuk memberikan rasa dan manfaat kesehatan yang unik.

·         Suplemen Saffron: Saffron juga tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk memastikan dosis yang sesuai.

Dengan sifat antiinflamasi, analgesik, dan kemampuannya untuk meredakan peradangan, saffron dapat membantu meredakan gejala asam lambung tinggi dan gangguan pencernaan.

Selain itu, manfaat psikologisnya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

Namun, penting untuk menggunakan saffron sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan dan tidak sebagai pengganti pengobatan medis yang diresepkan.

Sebelum mengambil saffron secara teratur atau dalam bentuk suplemen, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk memastikan keselamatan dan dosis yang sesuai.

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles