Secara umum manfaat puasa untuk kesehatan tubuh ini banyak sekali, mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga mengurangi risiko penyakit diabetes dan kanker. Lalu apakah terdapat manfaat puasa untuk asam lambung?

Puasa merupakan sebuah salah satu ibadah yang ada di beberapa agama. Namun, terdapat keharusan puasa selama satu bulan pada saat bulan Ramadan datang untuk masyarakat yang memeluk agama Islam.

Singkatnya, aktivitas puasa berupa menahan rasa lapar dari pagi hingga sore hari, kurang lebih selama 12 sampai 13 jam. Walaupun kita harus menahan rasa lapar, terdapat manfaat-manfaat puasa untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Menurunkan berat badan dan menjaga agar tetap ideal.
  2. Menjaga kesehatan jantung.
  3. Menurunkan risiko penyakit diabetes.
  4. Menjaga kesehatan mental.
  5. Mengurangi risiko penyakit kanker.
  6. Penyakit radang juga berkurang.
  7. Mengurangi gangguan pada alat-alat pencernaan.

Kendati demikian, perut yang kosong selama berjam-jam ini dapat membuat asam lambung kambuh. Hal inilah yang terkadang membuat penderita pencernaan, khususnya asam lambung naik, was-was untuk menjalankan puasa dengan penuh.

Oleh karena itu, penderita asam lambung harus memiliki strategi atau pola makan agar asam lambung ini tidak kambuh.

Di lain pihak, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa dengan puasa dapat menyembuhkan asam lambung. Mengapa bisa?


Waktu puasa (sumber: canva)

Manfaat Puasa untuk Asam Lambung

Saat kita berpuasa, secara tidak langsung akan mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari kita. Kebiasaan-kebiasaan yang berubah ini ternyata dapat menurunkan gejala asam lambung. Artinya, terdapat manfaat puasa untuk asam lambung, antara lain:

1. Menurunkan Risiko Asam Lambung Naik

Kadar cairan asam lambung yang mengalami kenaikan bisa melukai organ lambung itu sendiri. Saat kita puasa, ternyata dapat meringankan sekresi dari asam lambung ini. Sehingga luka-luka pada lambung pun akan terhindari.

Secara tidak langsung, penderita asam lambung akan mendapatkan keuntungan berupa kesehatan organ pencernaan. Kesehatan pun menjadi maksimal dan puasa menjadi lancar.

2. Manfaat Puasa untuk Mengurangi Penyebab Asam Lambung Naik

Pada artikel sebelumnya, menjelaskan bahwa salah satu manfaat puasa adalah mengurangi stres dan rasa cemas. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyabab gangguan asam lambung (GERD) adalah stres.

Singkatnya, puasa ternyata dapat menurunkan hormon yang menyebabkan stres berlebih seperti kortisol. Sedangkan hormon endorfin akan meningkat, sehingga rasa cemas akan reda dan kita akan merasa lebih rileks dan bahagia.

Artinya, dengan stres yang menurun, risiko asam lambung kambuh pun akan menurun juga.


Gambar asam lambung (sumber: canva)

3. Meringankan Gejala Asam Lambung Naik

Puasa dapat mengontrol dan memperbaiki pola makan kita. Sedangkan penyebab utama dari gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung naik, dsb adalah pola makan yang tidak teratur.

Ketika menjalankan puasa, beberapa kebiasaan pada penderita asam lambung pasti ada yang berubah. Pertama, orang menjadi lebih teratur dalam mengonsumsi makanan. Kedua, dengan berpuasa secara tidak langsung membuat kita lupa untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

Ketiga, saat puasa kebiasaan merokok juga akan berkurang. Keempat, pembatasan makakanan juga mengurangi kalori, lemak, dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Kesimpulan Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Melalui penjelasan di atas, terdapat 3 poin dalam manfaat puasa untuk asam lambung. Pertama adalah mengurangi produksi asam lambung. Kedua, mengurangi penyebab dari asam lambung naik. Ketiga, meringankan gejala dari gangguan asam lambung.

Kebaikan-kebaikan di atas ini dapat maksimal lagi jika disertai dengan mengonsumsi Nutriflakes.

Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memilki efek terapi untuk kesehatan tubuh. beberapa efek ini adalah mengatasi asam lambung, memenuhi nutrisi harian, dan menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat-manfaat tersebut ada karena berbagai bahan-bahan alami yang ada dalam komposisi Nutriflakes. Misalnya adalah umbi garut, psyllium husk, gula aren, kelor, dan susu etawa.

Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat puasa untuk asam lambung, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, asam lambung hilang, puasa jadi lancar!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles