Jeruk nipis. Siapa yang tidak kenal dengan buah mungil berasa asam ini? Jeruk nipis sering dicampurkan ke dalam masakan untuk menambah cita rasa agar makanan makin nikmat. Selain itu, manfaat minum air jeruk nipis juga sudah banyak dipercaya.

Jeruk nipis memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan jeruk biasa. Jeruk nipis berwarna hijau agak kekuningan saat matang. Dengan menambahkan perasan jeruk nipis pada makanan, tidak hanya menambahkan cita rasa, tapi juga membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh.

Nutrisi yang Terkandungan pada Jeruk Nipis

Sebelum mengetahui manfaat minum air jeruk nipis, mari kita lihat kandungan nutrisi jeruk nipis.

Dalam 67 gram jeruk nipis, mengandung nutrisi sebagai berikut:
– Kalori: 20 kkal
– Karbohidrat: 7 gram
– Protein: 0.5 gram
– Serat: 1.9 gram
– Vitamin C: Memenuhi 22 persen kebutuhan harian
– Zat Besi: Memenuhi 2 persen kebutuhan harian
– Kalsium: Memenuhi 2 persen kebutuhan harian
– Vitamin B6: Memenuhi 2 persen kebutuhan harian
– Thiamin: Memenuhi 2 persen kebutuhan harian
– Potasium: Memenuhi 1 persen kebutuhan harian

Selain mengandung nutrisi tersebut di atas, jeruk nipis juga mengandung riboflavin, niacin, folat, fosfor, natrium, tembaga, kalium, hingga magnesium.

Lalu, apa manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan?

10 Manfaat Minum Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di dalam 67 gram jeruk nipis, sudah memenuhi 22 persen dari kebutuhan vitamin C tubuh, lho. Itu sebabnya jeruk nipis dikatakan sebagai buah mungil yang kaya vitamin C. Vitamin C ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan sel darah putih. Nah, sel darah putih ini yang nanti akan manjadi pertahanan utama tubuh agar terhindar dari berbagai macam infeksi.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga bisa memperkuat epitel kulit dan merupakan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas penyebab berbagai macam dampak negatif bagi tubuh. Itu sebabnya manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan, yaitu bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan, yaitu bisa melancarkan pencernaan. Jeruk nipis yang bersifat asam ternyata bisa membantu air liur untuk memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid yang terdapat di dalam air jeruk nipis juga bisa merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis bisa membuat pencernaan kamu menjadi lebih lancar dan terhindar dari masalah pencernaan.

3. Meredakan Gejala Flu dan Batuk

Meredakan gejala flu dan batuk juga merupakan khasiat minum air jeruk nipis untuk kesehatan. Jeruk nipis tinggi vitamin C yang bisa membantu mengurangi gejala flu. Karena kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa membantu melawan infeksi, seseorang yang minum air jeruk nipis juga dipercaya bisa sembuh lebih cepat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan, yaitu menjaga kesehatan kulit. Jeruk nipis yang tinggi vitamin C bisa membantu mengoptimalkan pembentukan kolagen, menjaga kelembapan, dan mencerahkan kulit. Selain itu, sifat antioksidan yang terdapat di dalam vitamin C jeruk nipis bisa membantu menangkal radikal bebas yang berdampak merusak kulit.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain vitamin C, air jeruk nipis juga mengandung magnesium dan potasium. Potasium bisa membantu menjaga denyut jantung agar tetap stabil. Sementara manfaat magnesium untuk jantung, yaitu bisa membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, dua senyawa ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan, yaitu bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal bisa terbentuk karena urine mengandung kalsium, oksalat, dan asam urat yang tinggi. Kandungan tersebut yang mengendap dan membentuk kristal (mengeras), dinamakan batu ginjal.

Buah jeruk yang mengandung asam sitrat ini bisa mencegah pembentukan batu ginjal karena asam sitrat akan mengikat mineral pembentuk batu ginjal.

7. Mencegah Diabetes

Pernahkah kamu mengira kalau minum air jeruk nipis bisa mencegah diabetes? Hal ini karena jeruk nipis yang mengandung serat bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara mengatur atau mengontrol penyerapan gula di dalam aliran darah.

8. Bantu Mencegah Penyakit Kanker

Karena mengandung vitamin C yang tinggi, air jeruk nipis memiliki peran sebagai antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas ini sewaktu-waktu juga bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan adalah bantu mencegah penyakit kanker.

9. Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan

Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan yang tidak kalah terkenal adalah untuk membantu mengatasi gangguan saluran pernapasan seperti batuk dan penggumpalan dahak di tenggorokan. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan minyak atsiri yang bisa meredakan batuk.

10. Mencegah Anemia

Vitamin C bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi. Apabila tubuh tidak bisa menyerap zat besi dengan baik, produksi sel darah merah juga terganggu yang memicu anemia. Oleh karena itu, agar kamu terhindar dari anemia, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dari air jeruk nipis agar penyerapan zat besi menjadi lebih maksimal. Oleh karena itu, manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan juga bisa membantu mencegah anemia.

Nah, jadi itu beberapa manfaat minum air jeruk nipis bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu coba di rumah.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles