Karbohidrat adalah zat atau nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Apa saja sih manfaat karbohidrat bagi tubuh sampai-sampai dianggap senyawa yang sangat dibutuhkan?

Manusia tidak akan bisa menjalani aktivitas dengan lancar tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sebagai zat gizi, karbohidrat merupakan kelompok-kelompok zat organik yang memiliki struktur molekul berbeda.

Sedangkan secara kimia, karbohidrat tersusun dari beberapa unsur, yaitu karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O). Karbohidrat sebenarnya bisa dibagi menjadi tiga golongan maupun dua golongan, tetapi isinya tetap sama.

Dua golongan pada karbohidrat ini terdiri dari karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana terdiri dari monosakarida dan disakarida. Monosakarida merupakan molekul dasar dari karbohidrat.

Sedangkan disakarida terbentuk dari dua molekul monosa yang saling terikat. Setelah itu, terdapat oligosakarida, gula rantai pendek yang dibentuk oleh galaktosa, glukosa, dan fruktosa.

Karbohidrat kompleks sering disebut dengan polisakarida. Senyawa ini disusun lebih dari dua ikatan monosakarida dengan serat yang bernama polisakarida nonpati.

Senyawa karbohidrat ini merupakan senyawa yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Kurang lebih 80% kalori yang dibutuhkan dan didapatkan oleh tubuh berasal dari senyawa karbohidrat ini.

Baca Juga: Makanan dengan Kandungan Karbohidrat yang Tinggi


Tubuh manusia (sumber: canva)

Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh

Tentu saja jika karbohidrat dianggap sangat penting bagi makhluk hidup, karbohidrat memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat ini?

Berikut ini adalah beberapa manfaat karbohidrat yang penting bagi tubuh dan kesehatan:

  • Sumber energi yang paling utama

Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama bagi masyarakat besar. Hal ini dikarenakan karbohidrat mudah untuk didapatkan dan memiliki harga yang relatif murah. Satu gram karbohidrat dianggap setara dengan 4 kkal (kalori).

Sebagian karbohidrat dalam tubuh berada dalam peredaran darah sebagai glukosa untuk memberikan energi. Selain itu, karbohidrat juga disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot.

Ada juga karbohidrat yang akan diubah menjadi lemak kemudian disimpan sebagai cadangan energi.

  • Membantu untuk menghemat protein

Ketika seseorang tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup, protein dalam tubuh akan menggantikan kebutuhan energi yang kurang. Sehingga fungsi utama dari protein akan terlupakan.

Namun, apabila karbohidrat bisa terpenuhi, zat protein bisa menjalankan fungsi utamanya tanpa ada hambatan.

  • Mengatur metabolisme dari lemak

Terpenuhinya karbohidrat akan mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna. Hal ini bertujuan agar menghasilkan bahan-bahan keton yang berupa asam asetoasetat, aseton, dan asam beta-hidroksi-butirat.

Jika oksidasi lemak yang dilakukan tidak sempurna maka akan menjadikan tubuh dehidrasi dan menurunkan ph dalam tubuh. Hal ini akan berbahaya bagi tubuh seseorang.

  • Membantu mengeluarkan feses dari tubuh

Manfaat karbohidrat bagi tubuh yang terakhir adalah membantu pengeluaran feses dari dalam tubuh. Hal ini dengan cara mengatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses.

Selulosa dalam serat makanan mengatur peristaltik usus, sedangkan hemiselulosa dan pektin mampu menyerap banyak air dalam usus besar sehingga memberi bentuk pada sisa makanan yang dikeluarkan.


Makanan karbohidrat (sumber: canva)

Bahaya Karbohidrat

Melalui penjelasan di atas, karbohidrat sangat berperan penting dalam proses pencernaan tubuh hingga memberikan energi utama. Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan karbohidrat unuk kehidupan sehari-hari.

Namun, mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan bisa memberikan bahaya bagi tubuh. Salah satu akibat dari kelebihan karbohidrat adalah berat badan yang tidak terkendali (obesitas). Di mana obesitas merupaka sumber permasalahan utama dari penyakit kolesterol, jantung, dan lain-lain.

Agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat, kita bisa mengonsumsi Nutriflakes. Sebuah sereal sehat yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Karbohidrat dalam Nutriflakes ini didapat dari sari pati umbi garut sebagai bahan utama Nutriflakes.

Demikian ulasan mengenai manfaat karbohidrat bagi tubuh yang harus kita ketahui, semoga bisa bermanfaat.

Nutriflakes, rahasia hidup aman dan tentram!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles