Daun kelor sudah sejak dari dulu dikenal dengan daun yang kaya antioksidan sehingga mampu untuk menjaga kesehatan. Kandungannya memiliki sifat anti jamur, anti virus, anti depresan hingga anti inflamasi yang tinggi.

Dikesempatan kali ini akan dibahas mengenai memanfaatkan khasiat jus daun kelor, yang memang bisa untuk menjaga kesehatan lambung serta penecernaan secara menyeluruh.

Jus Daun Kelor Manfaatnya untuk Asam Lambung dan Cara Pengolahannya

Mengonsumsi Daun Kelor memiliki berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, zinc, magnesium, zat besi, kalium dan kalsium. Daun kelor juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Nah beberapa nutrisi ini juga lebih banyak jumlahnya daripada jenis sayur atau buah lainnya sehingga disebut sebagai miracle tree karena bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berikut beberapa manfaat jus daun kelor untuk organ lambung:

1. Mengatasi Radang atau Infeksi Lambung 

Radang lambung kerap kali diidentifikasikan sebagai gastritis, dan penyakit ini cukup serius pada sistem pencernaan, peradangan ini bisa saja bersifat akut, kronis, lokal, dan difus.

2. Melindungi Organ Lambung 

Infeksi bakteri merupakan salah satu tanda adanya gangguan pada pencernaan. Bakteri yang cukup populer dan terkenal di sistem pencernaan yaitu salmonella dan helicobacter pylori. Daun kelor memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri sehingga bisa mencegah infeksi bakteri apapun. 

3. Mengatasi Tukak Lambung 

Kita semua tahu kalau tukak lambung merupakan penyakit radang lambung yang tidak segera ditangani dengan baik. Hal ini juga didukuing oleh produksi asam lambung yang berlebih.

Studi menjelaskan bahwa daun kelor mampu melindungi dan melapisi jaringan di dinding lambung. Sehingga, daun kelor berpotensi untuk mencegah dan mengobati penyakit tukak lambung. 

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Berbagai jenis sayur dan buah-buahan merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Daun kelor pastinya masuk ke dalam kelompok ini. Daun kelor merupan

Cara Membuat Jus Daun Kelor

Berikut ini langkah praktis untuk membuat jus daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan.

  • Ambil daun kelor secukupnya kira-kira yang bisa untuk satu porsi atau satu gelas
  • Cuci daun kelor dengan air bersih mengalir
  • Ambil blender dan masukan daun kelor
  • Blender daun kelor kemudian masukan segelas air
  • Jika sudah tercampur merata, tuangkan ke dalam gelas secara langsung atau disaring dahulu
  • Jus daun kelor siap untuk dinikmati

Agar lebih nikmat jus daun kelor ini bisa ditambah dengan madu atau bisa juga perasan jeruk nipis. Jus daun kelor adalah jus yang sehat dan berkhasiat.

Perlu diingat, daun kelor memiliki sifat pencahar, yang artinya akan menstimulasi untuk buang air besar, maka dari itu cukup konsumsi jus ini 2 kali dalam sehari.

Namun, selalu penting untuk menggunakan daun kelor dengan bijak dan memperhatikan konsultasi ahli kesehatan. Dengan pendekatan yang tepat, daun kelor dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles