Asam lambung naik pada ibu hamil menjadi hal yang sangat umum terjadi. Oleh karena itu, makanan untuk ibu hamil penderita asam lambung sangat penting diketahui agar kesehatan tetap terjaga.

Orang dalam keadaan normal yang mengalami asam lambung naik saja akan mengalami ketidaknyamanan. Apalagi kaum ibu yang juga harus menjaga janin bayi di dalam perutnya. Di mana hamil dan asam lambung sama-sama terjadi di bagian perut.

Ketidaknyamanan ini akan berlipat ganda karena ibu hamil tidak hanya menanggung asam lambung saja. Gangguan asam lambung naik ini sering terjadi pada ibu yang sedang dalam masa hamil, khususnya ketika trimester pertama.

Baca Juga: Posisi Tidur Asam Lambung Naik untuk Ibu Hamil

Penyebab Asam Lambung Naik saat Hamil

Sebelum membahas mengenai makanan untuk ibu hamil yang juga menjadi penderita asam lambung, sebaiknya kita mengetahui penyebab dari asam lambung ini sendiri.


Ibu hamil (sumber: canva)

Perasaan mual yang dirasakan ibu hamil saat trimester pertama terjadi karena perubahan sistem pencernaan. Selain itu, bisa juga dikarenakan hormon estrogen yang meningkat.

Tegangan otot dalam sistem pencernaan akan menurun sedikit demi sedikit sehingga proses pencernaan dari mulut sampai anus juga berkurang. Hal ini lah yang menjadi penyebab utama dari gangguan asam lambung saat hamil.

Makanan yang masuk ke dalam perut akan lebih lama berada di organ lambung dan juga usus. Kondisi seperti ini mungkin akan baik untuk absorbsi nutrisi, tetapi tidak dengan asam pada lambung.

Semakin lama makanan berada di lambung, maka suasana lambung juga akan semakin asam. Hal ini tidak baik untuk asam lambung naik.

Selain itu, perut kembung juga sering terjadi pada ibu hamil. Perut kembung terjadi karena tekanan uterus yang membesar dalam rongga perut.

Kondisi tersebut akan mendesak organ di dalam perut, seperti usus besar, lambung, dan lain sebagainya. Gangguan pencernaan pun sering muncul pada saat ini, contohnya adalah asam lambung naik.

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan beberapa penyebab asam lambung pada masa kehamilan, yaitu:

  • Efek dari perubahan hormon (estrogen dan progesteron).
  • Proses pencernaan yang menjadi lambat karena tegangan otot menurun.
  • Adanya tekanan pada rongga perut karena janin yang terus membesar.

Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Asam Lambung

Berdasarkan penjelasan di atas, ibu hamil membutuhkan makanan yang mudah untuk dicerna. Hal ini tentu saja ditujukan untuk mengurangi gejala asam lambung naik.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk ibu hamil yang juga menjadi penderita asam lambung:

  1. Jahe


Air jahe (sumber: canva)

Bahan pangan ini bisa digunakan untuk menenangkan perut ketika mual di pagi hari. Selain itu, jahe memiliki sifat anti-inflamasi, di mana berguna untuk meredakan gejala GERD.

  1. Pisang

Buah pisang memiliki tekstur yang lunak dan lembut sehingga mudah untuk dicerna. Pisang juga memiliki pH yang tinggi dan masuk dalam makanan yang bersifat basa, sehingga bisa digunakan untuk meredakan asam dalam lambung.

  1. Sayuran Hijau


Sayur kangkung (sumber: canva)

Sayuran hijau semacam kangkung dan kelor sangat disarankan untuk ibu hamil. Selain mudah untuk ditemukan, sayuran ini dapat memenuhi nutrisi ibu hamil serta penderita asam lambung.

  1. Daging tanpa Lemak

Ibu hamil yang mengalami asam lambung sebaiknya menghindari daging-daging yang mengandung lemak tinggi. Sebaiknya mengonsumsi daging ikan sebagai sumber protein yang baik.

  1. Nutriflakes

Sereal umbi garut, Nutriflakes, yang sehat dapat menjadi solusi permasalahan asam lambung naik saat hamil. Nutriflakes memang telah didesain khusus untuk menangani permasalahan pencernaan. Terutama gangguan asam lambung naik.

Nutriflakes dapat menjadi rekomendasi makanan sehat yang dikonsumsi ibu hamil. Selain memberikan nutrisi, Nutriflakes juga dapat mengatasi asam lambung naik saat hamil.

Demikian ulasan mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil penderita asam lambung. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles