Home » Artikel Nutriflakes » Lendir di Tenggorokan akibat Asam Lambung: Penyebab & Cara Mengatasi

Pernahkah Anda merasakan seperti ada dahak di tenggorokan tetapi tidak ada respon batuk-batuk yang mengikutinya? Bisa saja dahak yang kita rasakan ini adalah sebuah lendir di tenggorokan akibat asam lambung.

Walaupun kita tidak mengalami mual dan muntah, tetapi merasa seperti ada dahak yang tidak disertai batuk, ini bisa saja gangguan asam lambung. Mungkin saja asam lambung yang kita derita tidak memunculkan gejala-gejala pada umumnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya, setiap orang pasti mengalami gejala asam lambung naik yang berbeda-beda. Lendir di tenggorokan yang kita anggap dahak ini bisa diakibatkan dari asam lambung naik.


Seorang perempuan sedang batuk (sumber: canva)

Asam lambung naik ke tenggorokan lebih tepatnya, sering disebut juga dengan refluks laringofaring (LPR). Keadaan ini terjadi ketika cairan asam dalam lambung naik ke kerongkongan dan melukai kotak suara juga tenggorokan (faring).

Penyebab Muncul Lendir di Tenggorokan akibat Asam Lambung

Lendir yang muncul di tenggorokan penyebab utamanya adalah otot esofagus yang tidak bisa bekerja secara optimal kembali. Artinya, terdapat kerusakan pada otot cincin ini di bagian bawah maupun atas.

Otot tersebut seharusnya dapat mengarahkan agar makanan atau minuman tetap dalam jalur yang benar, dari mulut ke perut. Namun, karena otot sfingter esofagus tidak bisa bekerja dengan baik akhirnya cairan asam lambung bisa bergerak ke atas.

Akibatnya, cairan asam ini akan memberi iritasi di setiap jalur yang dilewatinya. Akhirnya kita akan merasakan mual dan muntah, atau perasaan panas di area perut hingga dada.

Sedangkan sfingter esofagus bagian atas berfungsi untuk menjaga agar cairan asam tidak keluar menuju tenggorokan dan laring.

Ketika otot tersebut tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan suara menjadi serak, batuk berkepanjangan, dahak di belakang tenggorokan, dan perasaan seperti ada yang tersangkut di tenggorokan.

Menurut data, sekitar 35% dari pengidap refluks laringofaring (LPR) juga mengalami GERD. Kemungkinan hal ini disebabkan karena tenggorokan dan kotak suara lebih sensitif terhadap asam daripada katup esofagus.

Gejala GERD biasanya lebih rawan terjadi ketika kita pada posisi berbaring. Sedangkan LPR terjadi ketika kita berdiri dan membungkuk atau tengah berolahraga.

Selain itu, refluks asam yang terjadi berulang-ulang bisa berkumpul di tenggorokan dan kotak suara sehingga paparan cairan asam bisa terjadi lebih lama.

Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari lendir di tenggorokan akibat asam lambung.


Sakit tenggorokan (sumber: canva)

Cara Mengatasi Gangguan

Menghilangkan kondisi tidak nyaman di atas diperlukan komitmen tinggi untuk menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi lendir di tenggorokan akibat asam lambung:

  • Makan secara perlahan

Risiko asam lambung akan tinggi ketika perut dalam keadaan penuh. Lebih baik untuk makan dan porsi kecil tapi sering secara perlahan.

  • Hindari pantangan makanan untuk asam lambung

Sebaiknya jangan makan makanan yang memang menjadi pantangan asam lambung karena memicu asam lambung naik. Contohnya adalah sambal pedas, jeruk, tomat, bawang merah, kopi, teh, cokelat, dan lan sebagainya.

  • Jangan minum minuman beralkohol atau soda

Minuman yang mengandung alkohol atau soda membuat perut menjadi cepat kembung. Sementara perut kembung adalah salah satu gejala asam lambung naik.

  • Hindari posisi tidur atau berbaring setelah makan

Posisi berbaring setelah makan semakin mempermudah cairan asam lambung untuk mengalir naik ke kerongkongan. Apalagi jika ditambah dengan keadaan perut yang penuh.

Tunggu 2 sampai 3 jam, di mana sistem pencernaan memperoses makanan, setelah makan barut menjalankan aktivitas tidur.

  • Turunkan berat badan jika diperlukan

Berat badan yang berlebihan (obesitas) bisa menambah tekanan pada perut sehingga sfingter esofagus akan berkurang kinerjanya. Hal ini akan memudahkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Jika cara di atas belum efektif menjaga kesehatan lambung dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sereal umbi garut ini akan meringankan gejala asam lambung naik karena bahan-bahan alami yang digunakan dalam sereal sehat ini.

Nutriflakes merupakan sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung. Sehingga dengan mengonsumsi Nutriflakes kesehatan pencernaan dan badan akan tetap terjaga.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles