Jambu bol atau sering disebut dengan jambu jamaika adalah jenis jambu yang memiliki kulit berwarna merah. Tekstur dagingnya lebih lembut  dan padat apabila dibandingkan dengan jambu air. Dari segi manfaat, khasiat jambu bol sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Jambu bol berasal dari wilayah Asia Tenggara  seperti Semenanjung Malaysia, Jawa, dan Sumatera. Selain rasa dan bentuknya unik, jambu bol mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Untuk mendapatkan khasiat jambu bol secara optimal, kamu bisa konsumsi jambu bol secara rutin.

Nutrisi yang Terkandung dalam Jambu Bol

Dikutip dari hellosehat dalam 100 gram atau setara dengan 2 buah jambu bol mengandung nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 49 kkal
  • Protein: 2,3 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 9,6 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Kalsium: 8 miligram
  • Fosfor: 8 miligram
  • Zat Besi: 0,3 miligram
  • Kalium: 14 miligram
  • Beta Karoten: 92 mikrogram
  • Vitamin B1: 0,13 miligram
  • Vitamin B2: 0,01 miligram
  • Vitamin C: 22 miligram
  • Niasin: 0,5 miligram

Jambu bol mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Selain flavonoid, jambu bol juga mengandung vitamin A.

Di balik bentuk dan rasanya yang unik, jambu bol ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena nutrisi di dalamnya.

Khasiat Jambu Bol Bagi Kesehatan Manusia

1. Membantu Mencegah Diabetes

Ternyata, jambu bol bisa digunakan sebagai pengganti gula biasa yang sering kita konsumsi, lho. Gula yang terkandung di dalam jambu bol memang tergolong rendah, tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan gula tubuh. Apabila kita mengonsumsi jambu jenis ini untuk dijadikan pemanis alami, kadar gula di dalam tubuh akan lebih terkontrol.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan konsumsi jambu bol, kulit kamu bisa menjadi lebih lembut, lho. Hal ini karena jambu bol mengandung vitamin C dan vitamin A yang cukup kuat. Selain itu, jambu bol juga mengandung beberapa jenis mineral. Flavonoid di dalam jambu bol juga merupakan antioksidan sehingga bisa melindungi kulit dari radikal bebas.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seseorang yang mengalami masalah pencernaan biasanya kurang konsumsi serat. Itu sebabnya, salah satu khasiat jambu bol untuk melancarkan sistem pencernaan karena jambu bol mengandung serat. Dengan konsumsi serat yang terkandung di dalam jambu bol, pencernaan kamu akan makin lancar dan terhindar dari sembelit atau konstipasi.

Baca juga:
6 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin B, Segar dan Menyehatkan

4. Membantu Mengobati Sariawan

Khasiat jambu bol selanjutnya, yaitu bisa membantu mengobati sariawan. Hal ini karena jambu bol merupakan sumber vitamin C yang baik. Dengan konsumsi jambu bol, rongga mulut kamu juga akan lebih terlindungi dari infeksi.

5. Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Adakah yang mengira bahwa salah satu khasiat jambu bol adalah meningkatkan imun tubuh? Khasiat jambu bol dalam meningkatkan imun tubuh karena dalam 100 gram jambu bol, mengandung vitamin C sebesar 22 miligram. Dalam meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C  bekerja dengan cara meningkatkan fungsi sel darah putih (limfosit dan neutrofil). Itu sebabnya apabila kamu konsumsi jambu bol yang mengandung vitamin C, bisa membantu kebutuhan vitamin C di dalam tubuh dan menangkal penyakit yang akan menyerang kesehatan.

6. Mencegah Kerusakan Sel

Selain mengandung vitamin, serat, dan mineral, khasiat jambu bol yang tidak kalah penting adalah kandungan antioksidannya. Di dalam jambu bol terdapat kandungan antioksidan yang berasal dari beta karoten, flavonoid, vitamin C, dan vitamin A. Antioksidan pada jambu bol ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Jadi, itu pembahasan seputar khasiat jambu bol untuk kesehatan tubuh.

referensi:
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-jambu-jamaika/

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles