Akar manis (Licorice) adalah salah satu tanaman herbal yang paling banyak digunakan dalam makanan dan juga produk tertentu seperti pemanis pasti gigi.

Tidak hanya itu saja, akar manis kerap dipakai sebagai obat tradisional dan komplementer terhadap penyakit yang tak terhitung banyaknya termasuk alergi, keracunan hati, tukak lambung, gangguan kulit, hingga peradangan.

Akar Manis Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

Seperti yang sudah umum diketahui, penyakit lambung dikarenakan asam lambung yang tidak normal. Misal asam lambung tinggi yang naik ke kerongkongan akan menyebabkan nyeri ulu hati.

Maka dari itu dengan mengonsumsi akar manis diklaim mampu meredakan keluhan yang ada karena akar manis memiliki khasiat seperti berikut ini:

1. Mengurangi Sakit Perut

Fungsi bahan ini untuk lambung yaitu meredakan sakit perut yang dirasakan akibat masalah lambung. Cara ekstrak licorice dalam melindungi akar lambung terjadi berkat sifat anti-tukak, anti-peradangan, dan pelindung untuk lapisan selaput lendir lambung.

2. Sebagai Pencegah Tukak Lambung

Ekstrak akar manis ni memiliki karakteristik anti tukak yang mampu melawan bakteri helicobacter pylori akibat tukak lambung. 

3. Anti Inflamasi

Akar manis memiliki anti inflamasi dan dapat membantu menurunkan proses peradangan pada tubuh.

4. Anti Oksidan

Senyawa pada akar manis memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Melindungi Lapisan Lambung

Ekstrak akar manis untuk asam lambung karena khasiatnya sebagai agen cytoprotective. Cytropection merupakan istilah untuk zat yang menjaga kesehatan lambung tapi tidak langsung terjun dalam mengubah atau menghambat asam lambung.

Agen cytoprotective bekerja dengan cara memproduksi mukus atau lendir pelindung selaput lendir dalam perut. Hubungan khasiat akar manis dan kesehatan lambung yakni mempercepat penyembuhan luka jika ada.

6. Menenangkan Batuk

Selain khasiatnya untuk sistem pencernaan, ekstrak akar manis juga dapat membantu meredakan batuk kering dan menenangkan tenggorokan yang teriritasi.

Itulah beberapa khasiat jika mengonsumsi akar manis yang memiliki efek baik bagi keshetan terutama dalam area lambung.

Anda bisa memanfaatkan rempah ini, namun tetap harus disetujui oleh pihak medis datau dokter yang berpengalaman.

Tetap pertahankan hidup sehat agar tubuh selalu bugar. Kunjungi juga artikel bermanfaat lainnya mengenai tips ampuh cara menjaga kesehatan lambung.

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles