Pembengkakan lambung adalah kondisi apabila sakit maag sudah parah dan menyebabkan bengkak pada lambung. Umumnya, lambung bengkak terjadi karena bakteri atau asam yang berlebih pada lambung.

Pembengkakan lambung ini biasanya diawali dengan adanya peradangan atau yang sering disebut sakit maag. Lambung bengkak sewaktu-waktu bisa menjadi penyakit serius apabila tidak segera ditangani.

Pembengkakan Lambung Disebabkan oleh Beberapa Hal Berikut!

Pembengkakan lambung disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

– Kadar asam lambung yang berlebihan
– Stres dan tekanan emosional yang berlebihan
– Makan tidak teratur
– Makan dalam porsi besar sekaligus
– Infeksi bakteri atau virus
– Konsumsi minuman beralkohol
– Penyalahgunaan obat-obatan
– Reaksi dari autoimun
– Bertambahnya usia
– Menderita penyakit kronis
– Menderita penyakit HIV/ AIDS
– Refluks empedu
– Mengidap anemia pernisiosa
– Muntah kronis
– Terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri
– Menelan zat yang bersifat korosif sehingga merusak lambung

Pada umumnya, pembengkakan lambung ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Maka dari itu, apabila masalah ini tidak segera ditangani, sewaktu-waktu bisa meningkatkan risiko kanker perut.

Gejala Pembengkakan Lambung

Beberapa penderita pembengkakan lambung mungkin saja tidak merasakan gejala apa pun. Tapi gejala pembengkakan lambung bisa saja timbul apabila sudah kronis. Gejala pembengkakan lambung pada setiap individu berbeda-beda, yaitu sebagai berikut:

– Mual dan sakit perut yang berulang
– Sakit perut atau perut kembung
– Mengalami gangguan pada pencernaan
– Sensasi perut terbakar
– Nafsu makan menurun
– Muntah disertai dengan keluarnya darah
– Kotoran atau tinja berwarna hitam

Bagaimana Pembengkakan Lambung Didiagnosa?

Untuk mendiagnosa pembengkakan lambung, biasanya ahli kesehatan akan melihat riwayat kesehatan pribadi dan keluarga pasien. Setelah itu, baru dilakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik yang direkomendasikan, yaitu:

– Tes untuk Helicobacter Pylori
Endoskopi
– X-ray
– Tes Feses

Pengobatan untuk Lambung Bengkak

Pembengkakan lambung akan diobati tergantung pada penyebab spesifiknya. Pembengkakan pada lambung bisa diatasi dengan dua cara, yaitu dengan cara medis dan cara alami.

Penanganan dengan Cara Medis

1. Konsumsi Obat Antibiotik untuk Membunuh Bakteri Helicobacter Pylori

Biasanya dokter akan merekomendasikan antibiotik seperti klaritromisin, biaxin, dan amoksisilin, atau bisa juga metronidazol. Obat ini bisa membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh, termasuk bakteri Helicobacter pylori. Untuk informasi lebih lanjut mengenai resep obat ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

2. Konsumsi Obat Over the Counter atau OTC

Obat OTC ini bisa menghambat produksi asam dan mempercepat penyembuhan. Obat penghambat pompa proton akan mengurangi asam dengan cara menghalangi aksi bagian-bagian sel yang menghasilkan asam.

Obat-obatan yang termasuk OTC adalah omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole, dexlansoprazole, dan pantoprazole. Untuk informasi lebih lanjut mengenai resep obat ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

3. Menggunakan Penghambat Histamin atau H-2

Obat ini bisa membantu mengurangi jumlah asam yang ada di saluran pencernaan. Selain itu, obat penghambat histamin ini bisa mengurangi nyeri gastritis dan mendorong agar penyakit tersebut sembuh lebih cepat. Sebaiknya, obat ini dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

4. Konsumsi Antasida yang Menetralkan Asam Lambung

Antasida ini bisa membantu menetralkan asam lambung dan meredakan nyeri. Tapi karena obat ini bisa menyebabkan efek samping, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Penanganan dengan Cara Alami

1. Diet Anti-inflamasi

Pembengkakan sering kali disebabkan oleh peradangan pada lapisan lambung. Maka dari itu, Anda bisa melakukan diet anti-inflamasi dengan cara mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi peradangan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang menyebabkan iritasi lambung.

2. Konsumsi Air Bawang Putih

Pembengkakan lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa diatasi dengan konsumsi air bawang putih. Hal ini karena bawang putih dipercaya ampuh menjadi obat alami untuk membunuh bakteri.

3. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik termasuk jenis bakteri baik yang bisa membantu pencernaan untuk lebih sehat. Selain itu, bakteri baik ini bisa membantu dan mempercepat penyembuhan radang lambung dengan melawan bakteri Helicobacter pylori.

Cara Mencegah Pembengkakan Lambung

Pembengkakan pada lambung bisa dicegah dengan cara:

– Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol
– Jaga pola hidup sehat seperti makan teratur, intensitas makan yang sering, dan dalam porsi yang kecil
– Jangan konsumsi makanan yang bisa mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, berminyak, dan berlemak.

Penanganan lambung bengkak disertai keluhan kronis alangkah baiknya langsung menuju pihak medis.

Pertolongan yang cepat dan tanggap dapat menentukan kesehatan untuk kedepannya. Menjaga kesehatan lambung diperlukan pola hidup sehat dalam memilih asupan makanan.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles