Ikan mujair adalah jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kaya protein, omega, vitamin, dan mineral, konsumsi ikan mujair dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk manfaat ikan mujair untuk asam lambung.

Sebelum mengulas tentang manfaat ikan mujair untuk asam lambung, mari ketahui terlebih dahulu kandungan gizi ikan mujair!

Di dalam 100 gram ikan mujair goreng, mengandung:

  • Energi: 416 kalori (kkal)
  • Protein: 46,9 gram
  • Lemak: 23,9 gram
  • Kalsium: 346 miligram
  • Fosfor: 654 miligram
  • Natrium: 54 miligram
  • Kalium: 278,9 miligram
  • Vitamin A: 12 mikrogram

Ikan mujair mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Selain itu, ikan mujair juga mengandung mineral berupa selenium dan fosfor.

Manfaat Ikan Mujair untuk Asam Lambung

1. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat ikan mujair untuk asam lambung berkaitan dengan kemampuannya dalam menjaga kadar kolesterol. Makanan yang tinggi kolesterol cenderung mengandung lemak jenuh, penyebab penyakit asam lambung.

Ikan mujair cenderung rendah lemak jenuh dan kolesterol, sehingga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya refluks asam lambung. Selain itu, ikan mujair kaya asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Diabetes dapat merusak sistem cerna, termasuk otot pembatas antara lambung dan kerongkongan, sehingga otot tersebut tidak dapat menutup dengan optimal yang menyebabkan asam lambung mengalir ke kerongkongan.

Konsumsi ikan mujair dapat membantu mengontrol kadar gula darah untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Kemampuannya ini berkat kandungan omega-6 yang meningkatkan respons sel-sel otot tubuh terhadap insulin.

3. Memperkuat Sistem Imun

Manfaat ikan mujair untuk asam lambung berkaitan dengan kemampuannya dalam memperkuat sistem imun.

Bakteri H. Pylori dapat merusak lapisan pelindung organ lambung. Sehingga, infeksi bakteri ini dapat menyebabkan luka apabila lambung terpapar oleh asam lambung. Sistem imun yang kuat, bisa membantu seseorang terhindar dari bakteri H. Pylori.

4. Membantu Mengurangi Peradangan

Manfaat ikan mujair untuk asam lambung berkat kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh, termasuk peradangan di lambung, esofagus, ataupun kerongkonganan akibat dari paparan asam lambung berlebih.

5. Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung mudah terkena obesitas karena lemak pada perut menekan lambung, sehingga mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

Manfaat ikan mujair untuk asam lambung berkaitan dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan agar tidak memiliki berat badan berlebihan. Hal ini berkat kandungan protein berkualitas pada ikan mujair yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga tidak memicu nafsu makan berlebihan.

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya manfaat ikan mujair untuk asam lambung tidak berkaitan secara langsung. Meskipun demikian, ikan mujair memiliki sejumlah khasiat yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit asam lambung.

Baca juga:

Pilihan Lauk Pauk yang Ramah untuk Pengidap Asam Lambung

Cara Mengolah Ikan Mujair yang Aman untuk Pengidap Asam Lambung

Agar mendapatkan manfaat ikan mujair secara lebih maksimal, ikan mujair sebaiknya diolah dengan cara yang tepat.

Saat mengolah ikan mujair, sebaiknya hindari penggunaan minyak, bumbu atau bahan yang memiliki rasa asam dan pedas berlebihan. Selain itu, Anda bisa mengolah ikan dengan cara dikukus, direbus, ataupun dipanggang. Agar lebih nikmat, pengolahan ikan tersebut dapat ditambahkan bumbu yang sesuai untuk penderita asam lambung.

Investasi bernilai mahal yang dapat dilakukan dengan biaya murah, yaitu investasi kesehatan. Kebahagiaan Anda di masa depan tergantung usaha Anda untuk menerapkan pola hidup sehat di masa sekarang.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles