Home » Artikel Nutriflakes » GERD: Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

Apa itu Penyakit GERD — Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi medis yang melibatkan aliran balik asam lambung ke kerongkongan. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan berbagai gejala dan keluhan yang tidak nyaman.

GERD adalah ….

Gastroesophageal reflux disease merupakan suatu kondisi di mana terjadi refluks isi lambung ke saluran kerongkongan di Indonesia biasa disebut dengan penyakit asam lambung yang menimbulkan beberapa gejala.

Gejala yang dirasakan ketika seseorang mengalami refluks asam ini bisa sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Refluks asam dapat terjadi dalam keadaan normal, seperti saat kita sedang dalam posisi berbaring.

Saat terjadi GERD ini sebaiknya segera tangani dengan baik sehingga kontak antara cairan asam dengan kerongkongan tidak lama terjadi.

Sebenarnya penyakit GERD ini sangat banyak ditemukan di negara-negara maju. Sedangkan di Indonesia sendiri belum terdapat data yang jelas dan akurat mengenai penderita GERD.

Data penderita gangguan GERD di Indonesia sendiri umumnya masih tergabung dengan gangguan pencernaan lainnya. Oleh karena itu, bisa dikatakan data yang tidak pasti atau kurang akurat.

Asam lambung naik dan GERD sebenarnya hampir sama. Di mana asam lambung naik adalah kondisi di mana cairan asam yang mengalir naik ke saluran esofagus. Hal tersebut akan berubah menjadi GERD ketika frekuensi seseorang mengalami asam lambung naik semakin bertambah, minimal 2 kali dalam seminggu.

nyeri_ulu_hati_heartburn

nyeri dada (sumber: canva)

Penyebab GERD

Penyebab utama dari penyakit GERD ini adalah pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup kurang sehat. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Makan dalam porsi yang besar dengan cara tergesa-gesa.
  • Telat makan ketika malam hari.
  • Mengonsumsi beberapa makanan yang masuk dalam pantangan makanan asam lambung.
  • Meminum minuman dengan kafein, bersoda atau tinggi kandungan alkohol.
  • Jarang berolahraga.

Terdapat beberapa pantangan makanan untuk penderita asam lambung, di mana jenis-jenis makanan atau minuman ini dapat memicu asam lambung naik. Berikut beberapa jenis makanan yang dimaksud:

  • Makanan berlemak tinggi dan berminyak, seperti daging merah, gorengan, jeroan, dll.
  • Makanan pedas seperti sambal.
  • Berbagai bahan makanan bersifat asam seperti jeruk, lemon, tomat, dll.
  • Cokelat.
  • Makanan yang memiliki bau kuat seperti bawang putih dan bawang bombay.
  • Minuman berkafein seperti kopi dan minuman beralkohol atau soda.
secangkir_kopi_hitam

kopi hitam tinggi kafein (sumber: canva)

Jenis makanan dan minuman di atas dapat memicu produksi asam dalam lambung yang berlebih. Selain itu, juga melemahkan otot cincin katup esofagus sehingga cairan asam akan mudah untuk mengalir naik ke saluran kerongkongan.

Gejala GERD

Penyakit GERD ini bisa ditandai dari berbagai gejala atau sinyal yang diberikan oleh tubuh. Sebenarnya gejala dari GERD sangat mudah untuk dikenali, tetapi kebanyakan dari  masyarakat menganggap remeh gejala yang terjadi.

Gejala dari penyakit GERD ini adalah sebagai berikut:

  • Dada dan perut terasa panas seperti terbakar 
  • Ada rasa asam dan pahit di bagian belakang mulut.
  • Frekuensi bersendawa yang terlalu sering 8x lebih dalam sehari.
  • Bau mulut yang tidak wajar akibat naiknya cairan asam lambung.
  • Peradangan pada kerongkongan.
  • Penderita akan mengalami sindrom dispepsia. Sebuah sindrom yang membuat perut tidak nyaman, seperti: perut kembung, mual, ingin muntah, dan lain sebagainya.
perut mual setelah makan

perut mual dan muntah (sumber: canva)

Cara Mencegah atau Mengatasi GERD

Mengatasi penyakit GERD sangat membutuhkan komitmen yang tinggi bagi penderitanya untuk menjalankan gaya hidup yang sehat. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi penyakit GERD:

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Salah satu langkah awalnya adalah buat jadwal makan agar lebih teratur dan jenis makanan yang sehat. Selain itu, jangan lupakan untuk berolahraga, di mana minimal selama 150 menit tiap minggu.

  • Meminum obat dapat menjadi salah satu cara mengatasi refluks asam. Namun, cara ini dianggap dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti ketergantungan.
  • Jika GERD yang dialami seseorang sudah parah, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk menjalankan prosedur medis operasi lambung. Di mana fokus dari operasi ini adalah cincin otot katup esofagus.
  • Mengonsumsi Nutriflakes menjadi salah satu cara untuk mengatasi GERD secara alami. Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan tubuh.

Asam lambung (GERD) merupakan kondisi umum yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Dengan menjalani perubahan gaya hidup sehat, menghindari pemicu, dan jika diperlukan, pengobatan medis, Anda dapat mengatasi gejala GERD dengan efektif.

Demikian ulasan mengenai penyakit GERD, di mana GERD adalah suatu penyakit yang sangat mengganggu bagi yang menderitanya.

Artikel terkait

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles