Home » Artikel Nutriflakes » Fungsi Protein dalam Tubuh yang Tidak Boleh Dilewatkan

Protein sangat berperan penting pada proses kinerja organ-organ yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, fungsi protein dalam tubuh ini bermacam-macam dan memegang peran yang sangat penting.

Protein adalah suatu nutrisi atau zat gizi yang memiliki hubungan erat dengan proses-proses kehidupan. Zat gizi ini sangat memegang peranan penting pada hampir semua proses biologi dalam manusia.

Sebenarnya fungsi protein ini bisa kita dapatkan dalam artikel klasifikasi protein lalu. Namun, di sana belum menjelaskan secara mendetail dan rinci apa saja fungsi protein bagi tubuh. Pada kesempatan inilah, kita akan mengupas secara jelas fungsi-fungsi ini.

7 Fungsi Protein dalam Tubuh


Gambaran tubuh manusia (sumber: canva)

Terdapat beberapa fungsi protein yang harus kita ketahui. Dengan mengetahui fungsi ini, maka kita bisa mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya. Berikut adalah 7 fungsi perotein dalam tubuh:

1. Katalisis Enzimatik

Faktanya adalah hampir seluruh enzim yang kita kenal merupakan senyawa protein. Oleh karena itu, protein adalah pusat yang menentukan pola transformasi kimia dalam sistem biologis.

Sehingga berbagai enzim dalam tubuh ini sebenarnya berasal dari protein itu sendiri.

Kemampuan protein ini sangat unik dan mempunyai kapasitasn dalam mengikat molekul substrat dengan orientasi yang tepat. Enzim berguna untuk meningkatkan laju reaksi dengan cara yang selektif dan efisien.

 

2. Transpor dan Penyimpanan

Fungsi dari protein selanjutnya adalah sebagai transportasi dan penyimpanan. Berbagai molekul kecil dan ion harus ditranspor oleh protein agar tubuh bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Contohnya adalah oksigen yang harus didistribusikan dalam eritrosit oleh hemoglobin. Selain itu, ada juga mioglobin yang berfungsi untuk mentransportasikan oksigen ke dalam otot. Besi dalam plasma yang terikat akan disimpan pada organ hati dalam bentuk kompleks dengan ferritin, sebuah protein lainnya.

 

3. Koordinasi Gerak

Gerakan yang terkoordinasi sangat penting untuk manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Kinesin adalah salah satu protein yang berguna untuk mengkoordinasi gerak dalam tubuh.

Artinya, dengan ini protein bisa menjadi alat komunikasi antar satu bagian tubuh dengan bagian lainnya.

 

4. Membangun & Memelihara Jaringan Manusia

Fungsi dari protein selanjutnya adalah membangun dan memelihara jaringan tubuh yang ada. Protein yang diserap oleh tubuh akan berfungsi untuk memelihara kesehatan tubuh.

Misalnya ketika kita mengalami sebuah luka atau tengah menjalani pemulihan dari operasi atau kecelakaan. Pada saat itu, tubuh akan membutuhkan protein dalam jumlah yang besar karena digunakan untuk memperbaiki beberapa bagian yang dianggap rusak.

 

5. Proteksi Imun

Imunoglobin atau antobodi adalah salah satu jenis protein yang sangat spesifik dan dapat berkombinasi dengan benda asing seperti virus, bakteri, dan sel. Artinya, protein ini berperan untuk membedakan antara “aku” dan “bukan aku”.

Adanya antibodi ini membuat tubuh terlindungi dari mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan parasit. Singkatnya, protein akan melindungi tubuh dari infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

 

6. Membangkitkan dan Menghantarkan Impuls Saraf

Respon sel saraf dalam tubuh terhadap rangsangan dijembatani oleh protein reseptor. Contohnya adalah rhodopsin, suatu protein yang sangat sensitif terhadap cahaya dan ditemukan dalam retina mata.

Protein reseptor berperan penting dalam transmisi impuls saraf pada sinap yang menghubungkan sel-sel saraf.


Fungsi protein (sumber: canva)

 

7. Pengaturan Pertumbuhan

Fungsi protein dalam tubuh yang terakhir adalah pengaturan pertumbuhan. Pengaturan urutan ekspresi informasi genetik sangat penting bagi pertumbuhan yang beraturan serta diferensiasi sel.

Pertumbuhan dan diferensiasi diatur oleh protein faktor pertumbuhan. Misalnya faktor pertumbuhan saraf mengendalikan pertumbuhan jaringan saraf.

Hormon merupakan bagian yang mengoordinir aktivitas sel-sel yang berbeda pada organisme multisel. Sedangkan hormon seperti insulin dan TSh (Thyroid-stimulating-hormone) merupakan protein. Protein dalam sel berperan dalam pengaturan arus energi dan unsur-unsurnya.

Kesimpulan Fungsi Protein dalam Tubuh

Melalui penjelasan di atas, terdapat tujuh fungsi protein dalam tubuh yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari katalisis enzimantik, transport dan penyimpanan, koordinasi gerak, hingga meningkatkan imun dalam tubuh.

Baca: Cukupi Kebutuhan Protein dengan Asupan Makanan ini

Oleh karena itu, kita harus selalu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh agar kesehatan tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi Nutriflakes, di mana kebutuhan protein ini dipenuhi dari susu kambing etawa dan daun kelor.

Demikian ulasan mengenai apa saja fungsi protein dalam tubuh, semoga dapat bermanfaat!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles