Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Apa Saja Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehan Mental Kita?
 
Apa Saja Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehan Mental Kita?

Apa Saja Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehan Mental Kita?

Pada pembahasan sebelumnya telah menjalaskan alasan-alasan mengapa kesehatan mental itu sangat penting. Lalu apa saja sih faktor yang mempengaruhi kesehatan mental ini?

Kesehatan mental itu sangat penting karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik kita juga kehidupan sosial sehari-hari. Begitupula sebaliknya, kesehatan fisik dan lingkungan sosial juga dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Artinya, hubungan dua arah terjadi antara kesehatan mental dengan kesehatan fisik dan kehidupan sosial. Sebenarnya apa itu kesehatan mental?

Kesehatan mental adalah wujud dari penyesuaian diri yang berhasil atau tidak dengan adanya psikopatologi. Selain itu, juga keadaan di mana seseorang tidak memiliki gangguan secara psikologi, emosional, perilaku, dan sosial.

Secara garis besar kesehatan mental menggambarkan kondisi sehat yang utuh secara fisik, mental, dan sosial. Bukan hanya menggambarkan suatu keadaan yang bebas dari penyakit cacat dan kelemahan.


Ilustrasi kesehatan mental (sumber: canva)

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Ternyata terdapat beberapa indikator aau faktor yang bisa menentukan keadaan mental seseorang. Hal ini dapat mendorong apakah mental seseorang ini sehat atau justru terdapat gangguan.

Apa saja faktor-faktor yang dimaksud ini? berikut uraiannya:

Faktor Biologis

Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa faktor biologis ini memberi kontribusi yang besar pada kesehatan mental seseorang. Dimensi biologis yang langsung berpengaruh ini antara lain:

  • Otak

Fungsi otak yang baik akan memberikan kesehatan mental yang baik juga. Jika fungsi otak ini terganggu, maka kesehatan mental juga ikut terganggu. Kesehatan otak ini bergantung pada stimuli saat anak-anak dan perlindungan diri.

  • Sistem Endokrin

Gangguan mental akibat sistem endokrin berdampak pada mentalitas. Contohnya, terganggunya kelenjar adrenalin berpengaruh pada kesehatan mental, yaitu terganggunya perasaan dan tidak dapat melakukan coping stress.

  • Genetik

Kondisi genetik yang sehat ternyata dapat mempengaruhi kesehatan mental. Misalnya jumlah kromosom yang berlebihan atau kekurangan pada seseorang akan menyebabkan gangguan mental.

  • Sensorik

Orang yang mengalami gangguan sensorik, seperti penglihatan, pendengaran, dan lain sebagainya bisa terganggu kemampuan kognisi, emosi, dan perkembangan sosialnya.


Sensorik tubuh (sumber: canva)

  • Kondisi Ibu saat Hamil

Kandungan janin yang sehat saat kehamilan akan membuahkan anak yang sehat mental juga. Hal ini dipengaruhi dari usia janin, nutrisi, obat-obatan, radiasi, stress, atau komplikasi lainnya.

Faktor Psikologis

Selain biologi, faktor yang mempengaruhi kesehatan mental selanjutnya adalah faktor psikologis. Aspek psikologis atau psikis ini sebenarnya masih satu kesatuan dengan sistem biologis pada manusia.

Terdapat beberapa aspek psikis yang memberi pengaruh pada kesehatan mental, antara lain:

  • Pengalaman Awal

Hal ini berisikan pengalaman-pengalaman yang terjadi pada seseorang di kehidupan masa lalunya. Pengalaman awal ini merupakan bagian penting yang akan menentukan kondisi mental seseorang.

  • Proses Pembelajaran

Setiap perikalu manusia adalah hasil dari pembelajaran sejak lahir ke dunia, baik berasal dari pelatihan atau pengalaman. Proses-proses yang dilalui manusia ini bisa memberi dampak pada kondisi mentalnya.

  • Kebutuhan

Kebutuhan manusia ketika hidup juga memberikan pengaruh pada kesehatan mental. Hal ini berupa kebutuhan pokok, keburuhan afeksi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan pengetahuan, kebutuhan artikulasi diri, dan lain sebagainya.

Faktor Sosial

Hal terakhir pada faktor yang mempengaruhi kesehatan mental adalah lingkungan sosial. Peran sehat seseorang akan berhubungan secara langsung dengan nila sosialnya. Seseorang ternyata dapat berperan secara sehat atau sakit ini ketika sesuai dengan nilai-nilai sosiologis.

Begipula dengan lingkungan sosial, di mana lingkungan ini akan mempengaruhi perilaku yang sehat atau sakit. Baik sehat atau sakit dari segi fisik maupun mental.


Lingkungan sosial sehat (sumber: canva)

Kesimpulan Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Berdasarkan penjelasan di atas, kesehatan mental dipengaruhi dari beberapa faktor. Pertama, faktor biologis yang berasal dari kondisi fisik seseorang sejak lahir.

Kedua, faktor psikologis yang berupa kumpulan pengalaman-pengalaman seseorang dari lahir sampai saat ini. Ketiga, lingkungan sosial di mana seseorang itu hidup. Nilai-nilai sosiologis pada masyarakat ternyata memberikan pengaruh pada kesehatan mental.

Demikian ulasan menganai faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental kita semua, semoga dapat bermanfaat.