Dewasa ini, isu mengenai kesehatan mental sangat gencar menyebar di kalangan masyarakat Indonesia. Lalu sebenarnya apa itu definisi kesehatan mental?

Walaupun isu kesehatan mental sebenarnya sudah banyak beredar di negara-negara maju. Salah satu isu kesehatan mental yang sedang naik akhir-akhir ini adalah mengenai gangguan GERD anxiety.

Namun, isu mengenai kesehatan mental di Indonesia sendiri masih sedikit tabu untuk didiskusikan oleh masyarakatnya.

Mengapa?

Sebab, masih banyak anggapan luas bahwa orang yang mengalami gangguan kesehatan mental ini pasti akan mendapat justifikasi dari orang sekitarnya. Bahkan, justifikasi ini tidak lah baik, ada yang mengganggap orang gila, tidak dekat dengan Tuhan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak banyak orang di Indonesia yang mengetahui dengan pasti dan sadar dengan adanya kesehatan mental ini. Sebagian besar orang yang sadar dengan kesehatan mental pun pasti orang-orang yang memang sengaja mempelajarinya.

Artinya, masih ada keterbatasan mengenai kesadaran masyarakat akan adanya kesehatan mental. Padalah kesehatan mental ini tidak jauh pentingnya dengan kesehatan fisik yang umum diketahui orang.

Namun, memang masyarakat Indonesia masih banyak yang menyepelekan apa itu kesehatan mental. Bahkan ada yang menganggap bahwa jenis kesehatan ini tidak lah penting. Inilah yang menjadi kesalahan besar di masyarakat Indonesia.


Ilustrasi kesehatan mental (sumber: canva)

Definisi Kesehatan Mental

Lalu sebenarnya apa itu kesehatan mental?

Singkatnya kesehatan mental adalah sebuah ilmu yang mempelajari dan memperhatikan perawatan mengenai mental dan jiwa. Ilmu kesehatan mental sendiri memiliki objek khusus yang menjadi bahan kajian, yaitu manusia itu sendiri.

Kesehatan mental ini berasal dari istilah mental hygiene. Mental yang memiliki arti sebagai jiwa atau nyawa roh. Sedangkan hygiene sendiri berarti ilmu tentang kesehatan.

Artinya, kesehatan mental adalah ilmu yang mendiskusikan tentang kehidupan mental manusia dengan memandang manusia sebagai totalitas psikofisik yang kompleks. Namun, pengertian mengenai kesehatan mental ini tidak hanya terbatas dari hal tersebut.

Pengertian kesehatan mental menurut American Psychological Association (APA) adalah wujud dari adanya penyesuaian diri yang berhasil atau tidak dengan adanya psikopatologi. Selain itu, juga keadaan di mana seseorang digambarkan tidak memiliki gangguan pada psikologi, emosional, perilaku, dan sosial.

Oleh karena itu, definisi dari kesehatan mental ini adalah kondisi sehat utuh secara fisik, mental, dan sosial, dan bukan hanya suatu keadaan yang bebas dari penyakit cacat dan kelemahan.

Karakterisitik Kesehatan Mental

Secara umum, kesehatan mental ini memiliki karakteristik yang khas. Berikut ini adalah beberapa karakteristik kesehatan mental menurut APA:

  • Aspek Fisik

Pada aspek ini dapat dilihat dari perkembangan fisik. Perkembangan tubuh dan kondisi tubuhnya berkembang secara normal dan bisa melakukan pekerjaan sesuai tugasnya.

  • Aspek Psikis

Pada kriteria ini memiliki poin-poin yang sangat banyak. Mulai dari self-love, insight & humor, respon emosional, realistik, kreatif, terbuka & fleksibel, serta perasaan bebas.

  • Aspek Sosial

Lalu pada aspek sosial juga memiliki beberapa poin. Salah satunya adalah rasa empati & afeksi, interaksi dengan lingkungan sehat, dan saling menghargai.

  • Aspek Moral

Sedangkan pada aspek yang terakhir ini adalah hubungan seseorang dengan Tuhan atau sang Pencipta. Pada kriteria ini hanya terdapat dua poin saja, yaitu ketaatan pada Tuhan serta perilaku tanggung jawab dan tulus.

Artinya, melalui beberapa keriteria di atas, definisi kesehatan mental ini adalah ukuran atau standar dalam menilai keadaan bahwa seseorang dalam kondisi sehat mentalnya. Akan dikatakan sehat jika memenuhi karakteristik-karakteristik di atas.


Karakterisitik mental health (sumber: canva)

Kesimpulan Kesehatan Mental

Melalui penjelasan di atas, definisi kesehatan mental adalah sebuah ilmu untuk melihat kondisi mental seseorang. Baik dalam kondisi yang baik maupun keadaan yang tidak baik-baik saja. Tentu saja kedua hal tersebut tidak diikuti dengan justifikasi yang buruk.

Kesehatan mental ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Namun, kesehatan fisik dapat dilihat dan dijaga menggunakan gaya hidup sehat dan pola makan teratur menggunakan makanan-makanan sehat.

Misalnya dengan rutin mengonsumsi Nutriflakes sereal umbi garut. Nutriflakes adalah sereal sehat yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan tubuh.

Demikian ulasan mengenai pengertian atau definisi mengenai kesehatan mental, semoga dapat bermanfaat.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles