Dengan menu sarapan pagi yang tepat, akan mengontrol nafsu makan Anda di siang hari. Sehingga, Anda tetap konsisten dalam menjalani program diet. Lantas, bagaimana sarapan untuk diet yang tepat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan cara mengurangi asupan kalori, melainkan juga harus sarapan di pagi hari.

Sarapan untuk diet yang tepat adalah yang bisa memberikan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, mengandung tinggi nutrisi, dan bisa memberikan rasa kenyang cukup lama.

Salah satu pentingnya sarapan untuk diet, yaitu membantu kita mengontrol nafsu makan di siang hari, sehingga tidak mendorong untuk makan berlebihan yang justru menyebabkan kenaikan berat badan.

Ide Menu Sarapan Pagi untuk Diet

Menu sarapan pagi ini bisa Anda coba bikin sendiri di rumah karena bahan yang diperlukan cukup mudah didapat dan cepat dalam penyajiannya.

1. Telur Rebus

Telur rebus cocok dijadikan menu sarapan untuk diet karena mengandung protein berkualitas tinggi dan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Telur rebus juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, kalsium, fosfor, potasium, zat besi, dan riboflavin.

Dalam 1 butir telur rebus mengandung sekitar 7 gram protein dan 71 kkal. Konsumsi telur rebus bisa membuat Anda kenyang dan lebih bertenaga menjelang siang hari. Untuk mendukung program penurunan berat badan Anda.

2. Sereal Tinggi Serat dan Susu Rendah Lemak

Sarapan di pagi hari sering kali dilewatkan karena proses pembuatan menu yang dinilai memakan waktu. Sehingga, seseorang memerlukan makanan yang praktis, seperti sereal dicampur susu.

Dalam satu porsi susu rendah lemak ditambah dengan sereal megandung sekitar 300-450 kkal.  Selain susu sapi rendah lemak, Anda bisa konsumsi susu almond, kedelai, atau jenis susu nabati lainnya sebagai menu praktis sarapan untuk diet.

3. Pisang

Apabila Anda ingin konsumsi sarapan yang benar-benar alami tanpa diolah atau tambahan bahan lain, pisang solusinya. Pisang kaya akan serat mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Sehingga, pisang bisa dijadikan menu sarapan untuk diet.

oatmeals_untuk_maag

Dalam 1 buah pisang mengandung sekitar 89 kkal. Anda bisa mengkombinasikan pisang dengan oatmeals yang praktis untuk disajikan.

4. Salad Sayur dan Mayonaise

Salad sayur bisa menjadi opsi menu sarapan favorit karena cukup praktis dan padat nutrisi. 1 Porsi saalad sayur ditambah dengan mayonaise mengandung sekitar 518 kkal.

Bijak dalam menambahkan mayonaise agar kalori dapat dikontrol, barengi dengan aktivitas fisik seperti olahraga agar kalori dapat diolah menjadi tenaga.

5. Yoghurt

Yoghurt kaya kalsium dan protein, sehingga bisa dijadikan sebagai menu sarapan untuk diet. Selain mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, konsumsi yoghurt bisa membantu mengontrol nafsu makan berlebih.

Yoghurt tanpa lemak mengandung total kalori sekitar 58 kkal dalam 100 gram yoghurt.

6. Roti Gandum

Salah satu menu sarapan diet yang praktis dan bisa menjadi opsi yaitu roti gandum. Roti gandum lebih rendah kalori daripada roti tawar, 2 lapis roti gandum mengandung sekitar 190 kkal.

Roti gandum menjadi pilihan sarapan yang bagus untuk program diet Anda.

Pentingnya Sarapan dalam Diet Anda

Sarapan pagi adalah proses untuk memperoleh sumber energi untuk menjalani aktivitas di siang hari. Menurut riset dan ahli gizi dari UGM, sarapan mampu mencegah beberapa penyakit seperti maag dan asam lambung.

Bagi Anda yang sedang manjalani program diet, jangan takut untuk sarapan pagi. Pilih menu sarapan yang kaya nutrisi rendah lemak adalah kunci dalam proses penurunan berat badan.

Baca juga:

Bagaimana Proram Diet untuk Penderita Asam Lambung?

referensi:
https://ugm.ac.id/id/berita/22310-pakar-ugm-tekankan-pentingnya-sarapan-bagi-kesehatan-tubuh/

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles