Asam lambung naik, atau refluks asam, adalah kondisi yang bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu. Namun, itu tidak berarti Anda harus melepaskan gaya hidup aktif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara olahraga dengan aman bagi penderita asam lambung, serta manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan Anda.

Mengapa Asam Lambung Naik?

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada, regurgitasi asam, atau gejala lain yang tidak nyaman. Meskipun ada berbagai penyebab, beberapa faktor yang berkontribusi meliputi:

·         Makanan: Konsumsi makanan pedas, berlemak, asam, atau besar-besaran sebelum berolahraga bisa meningkatkan risiko refluks asam.

·         Posisi Tubuh: Beberapa posisi tubuh selama olahraga, seperti berbaring terlentang dengan kepala lebih rendah dari perut, bisa memicu refluks asam.

·         Stres: Kondisi stres atau kecemasan dapat meningkatkan produksi asam lambung.

·         Makanan Sebelum Olahraga: Makan makanan besar atau makan terlalu dekat dengan waktu olahraga dapat memicu refluks asam.

Manfaat Olahraga bagi Penderita Asam Lambung

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi penderita asam lambung. Beberapa manfaat utama meliputi:

·         Meningkatkan Kesehatan Jantung: Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung, yang dapat meningkatkan gejala asam lambung.

·         Membantu Menurunkan Berat Badan: Menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan pada lambung dan mengurangi gejala refluks asam.

·         Meningkatkan Fungsi Pencernaan: Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan peristaltik usus dan pencernaan, yang bisa membantu mencegah refluks asam.

·         Mengelola Stres: Olahraga adalah cara yang baik untuk mengelola stres, yang dapat memicu refluks asam.

·         Meningkatkan Kualitas Tidur: Orang yang berolahraga secara teratur sering melaporkan tidur yang lebih baik, dan tidur yang baik dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

Tips Berolahraga yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Meskipun refluks asam dapat membuat olahraga terasa lebih sulit, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menjaga aktivitas fisik Anda tetap aman dan nyaman:

·         Pilih Olahraga yang Rendah Dampak: Aktivitas seperti berjalan kaki, bersepeda, renang, atau yoga seringkali lebih baik daripada olahraga tingkat intensitas tinggi yang dapat meningkatkan tekanan pada perut.

berjalan kaki
olahraga jalan kaki (sumber: canva)

·         Hindari Olahraga Setelah Makan: Cobalah untuk tidak berolahraga segera setelah makan besar. Tunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan sebelum berolahraga.

·         Pertimbangkan Waktu Olahraga: Olahraga di pagi hari atau sore hari mungkin lebih baik daripada segera sebelum tidur. Ini dapat membantu mencegah refluks asam saat tidur.

·         Atur Posisi Tubuh dengan Bijak: Hindari posisi tubuh yang dapat memicu refluks asam, seperti berbaring terlentang dengan kepala lebih rendah dari perut. Cobalah untuk tetap tegak atau sedikit cenderung ke depan.

·         Kenakan Pakaian yang Nyaman: Pakaian ketat dapat meningkatkan tekanan pada perut dan memperburuk refluks asam. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman.

·         Jangan Berolahraga Terlalu Intens: Intensitas olahraga yang tinggi dapat meningkatkan risiko refluks asam. Cobalah untuk menjaga olahraga Anda dalam batas yang nyaman.

·         Perhatikan Asupan Cairan: Pastikan Anda tetap terhidrasi selama berolahraga. Minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

·         Konsultasikan dengan Dokter: Jika Anda memiliki gejala asam lambung yang parah atau berkepanjangan, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai atau mengubah program olahraga. Dokter dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi Anda.

Refluks asam tidak harus menghentikan Anda dari berolahraga. Dengan memilih jenis olahraga yang sesuai dan mengikuti tips di atas, agar Anda tetap sehat dan bugar meski sedang menderita asam lambung.

Jagalah kesehatan lambung Anda sejak dini, konsisten dalam penerapan pola hidup sehat.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles