Anda sering mendengar istilah “kram perut?” Kram perut adalah kondisi di mana otot pada area perut, lambung, dan usus berkontraksi.

Kram perut dapat membuat kenyamanan dan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara meredakan kram perut.

Sebelum mengulas tentang cara meredakan kram perut, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu penyebab dari kram perut.

Saat kram perut terjadi, otot perut akan terasa seperti menegang seperti tertarik dengan rasa sakit luar biasa yang tak tertahankan.

Berikut ini beberapa penyebab kram perut:

Penyebab Kram Perut

1. Adanya Gas di Dalam Saluran Pencernaan

Gas yang terjebak di dalam saluran pencernaan, ternyata bisa menyebabkan kram perut. Gas yang terjebak di saluran pencernaan tidak bisa keluar sehingga memberikan tekanan pada perut. Hal ini yang menyebabkan rasa sakit.

Selain kram, gas di dalam saluran pencernaan ini juga mengakibatkan perut kembung. Itu sebabnya untuk menghindari kembung, kita harus menghindari makanan pemicu perut kembung.

2. Kontraksi Otot yang Berlebihan

Kram perut bisa disebabkan karena adanya kontraksi otot yang berlebihan di dalam saluran pencernaan. Apabila otot di dalam perut berkontraksi terlalu kuat, akan menyebabkan perut terasa kram atau sakit dan tidak nyaman.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti radang usus juga bisa menyebabkan perut terasa kram. Masalah radang usus ini bisa memengaruhi fungsi saluran pencernaan sehingga menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada perut.

4. Menstruasi

Kram perut juga bisa terjadi karena menstruasi. Saat menstruasi, dinding rahim akan berkontraksi lebih kuat dibandingkan biasanya. Saat dinding rahim berkontraksi, pembuluh darah yang melapisi rahim akan tertekan. Kondisi ini bisa memutus aliran darah yang sedang mengantarkan oksigen ke rahim.

Putusnya aliran darah ini menyebabkan rendahnya kadar oksigen di dalam rahim sehingga rahim mulai memproduksi zat kimia bernama prostaglandin. Kondisi ini akan memicu rasa sakit.

5. Stres dan Kecemasan

Saat kita stres dan merasa cemas, keseimbangan saluran pencernaan akan terganggu sehingga otot perut menjadi tegang. Tegangnya otot perut menyebabkan kram. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk mengelola stres dengan baik.

Ciri-ciri yang Dirasakan Saat Kram Perut

Ciri-ciri berikut ini bisa Anda rasakan saat mengalami kram perut:

  • Timbulnya rasa nyeri dan tidak nyaman di area perut.
  • Perut terasa begah dan penuh.
  • Selalu ingin bersendawa.
  • Merasa sangat kenyang, kembung setelah makan, mulas, dan mual.
  • Sulit buang angin (kentut) dan buang air besar.
  • Terjadi gangguan pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar.

Itu beberapa ciri-ciri yang akan Anda rasakan apabila perut terasa kram. Sangat tidak nyaman, bukan? Tapi Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara sebagai berikut:

Cara Mengatasi Kram Perut

1. Minum Teh

Anda bisa mengonsumsi teh herbal seperti teh jahe, teh chamomile, atau teh kayu manis sebagai cara meredakan kram perut. Hal ini karena bahan-bahan pembuatan teh tersebut mengandung zat antiradang dan pereda nyeri yang bisa membantu mengurangi kram perut, kembung, dan nyeri akibat menstruasi.

2. Kompres dengan Air Hangat

Cara meredakan kram perut lainnya, yaitu bisa dilakukan dengan cara mengompres perut menggunakan air hangat. Kompres hangat ini bisa diletakkan di area perut yang terasa kram. Hal ini bisa membuat perut menjadi lebih rileks, terutama pada masalah kram perut akibat otot yang tegang.

3. Pijat dengan Lembut

Selain mengompres area kram perut dengan air hangat, Anda bisa memijat perut dengan lembut sebagai cara untuk meredakan kram perut. Memijat area kram pada perut bisa membantu melemaskan otot pada perut.

Selain melakukan beberapa langkah diatas, cara meredakan kram perut lainnya yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan, seperti:

  • Obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol
  • Antasida
  • Antispasmodik seperti papaverine
  • Antibiotik

Meskipun konsumsi obat-obatan juga bisa menjadi cara meredakan kram perut, konsumsi obat-obatan tersebut harus sesuai anjuran dokter terlebih dahulu.

Baca juga:
4 Cara Mengatasi Kram Perut yang Disebabkan Asam Lambung

Tips Mencegah Kram Perut

Kram perut tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, kram perut bisa dicegah dengan cara:

  • Tidak konsumsi makanan terlalu pedas dan berlemak tinggi.
  • Tidak konsumsi alkohol.
  • Banyak minum air putih.
  • Melakukan olahraga ringan secara teratur.

Demikian ulasan mengenai penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi kram perut yang bisa Anda perhatikan serta terapkan di rumah.

referensi:
https://ciputrahospital.com/apa-penyebab-perut-kram/
https://www.alodokter.com/6-cara-mudah-ini-bisa-atasi-kram-perut-saat-haid

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles